Profesi Akuntan Adalah? Serta Macam Profesi Akuntan 2020

Profesi Akuntan Adalah – Memiliki cita-cita bekerja di perusahaan dalam bidang akuntansi pastinya banyak yang mengidamkan hal tersebut. Apalagi jika perusahaan tersebut sudah ternama dan besar.

Sudah pasti juga gaji yang diberikan cukup menggiurkan atau bisa dikatakan besar. Tidak heran jika saat ini profesi sebagai akuntan sangat di idamkan oleh banyak orang.

Nah lalu apa sebenarnya profesi akuntan tersebut? Pastinya banyak orang yang belum paham betul mengenai hal tersebut. Dengan begitu pilihprofesi.com pada pembahasan kali ini akan menyampaikan hal tersebut.

Yang disebut dengan profesi akuntan sendiri adalah seorang yang memiliki pekerjaan atau tugas untuk menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi, dan memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau instansi pemerintah.

Profesi Akuntan Adalah? Serta Macam Profesi Akuntan

Profesi Akuntan Adalah Serta Macam Profesi Akuntan

Nah untuk anda yang penasaran akan profesi akuntan dan informasi tentang akuntan, berikut akan disampaikan secara jelas dibawah ini. Jadi terus simak ulasan yang akan pilihprofesi.com berikan sampai akhir agar paham.

Profesi Akuntan Adalah?

Profesi Akuntan Adalah

Profesi akuntan sendiri adalah semua bidang pekerjaan dimana mempergunakan keahlian di bidang akuntansinya. Baik itu keahlian di bidang akuntan publik maupun akuntan intern yang bekerja untuk perusahaan. Adapun yang bekerja dibidang akuntan yang bekerja untuk pemerintahan, serta akuntan sebagai pendidik.

Macam-Macam Profesi Akuntan

Macam Macam Profesi Akuntan

Seperti anda ketahui sendiri jika profesi akuntan akan dapat ditemukan dengan ditemukan di perusahaan-perusahaan. Namun ternyata profesi tersebut tidak hanya di lingkup perusahaan saja namun ada juga orang yang memilih bekerja untuk individu. Nah berikut beberapa macam profesi akuntan yang ada Indonesia.

1. Akuntan Publik

Akuntan Publik bisa dikatakan lebih dikenal sebagai akuntan eksternal, dimana profesi akuntan ini bekerja secara independen dalam memberikan jasa-jasanya. Akibat bersifat independen, akuntan publik umumnya memiliki kantor akuntan sendiri. Serta juga menawarkan jasanya kepada warga masyarakat secara umum.

Untuk jasa ditawarkan oleh seorang yang berprofesi sebagai akuntan publik sendiri antara lain seperti perpajakan, penyusunan sistem akuntan, pemeriksaan laporan keuangan, konsultasi manajemen perusahaan, dan penyusunan laporan keuangan pengajuan kredit.

2. Akuntan Pemerintah

Sudah bisa ditebak jika profesi akuntan ini tentunya seseorang akuntan yang bekerja untuk lembaga-lembaga pemerintahan. Dimana salah satu pemerintahan tersebut tentunya yang berkecimpung dengan keuangan, nah contohnya seperti lembaga Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Untuk tugas utamanya sendiri seorang akuntan pemerintah yaitu melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap aliran keuangan negara serta melakukan perancangan sistem akuntansi untuk pemerintah. Adapun tugas lainnya yang masih bersangkut paut dengan keuangan negara.

3. Akuntan Pajak

Dijaman yang serba maju dan banyak sekali hal yang harus diperbarui tidak terkecuali pada seorang akuntan yang berada di salah satu perusahaan. Dimana seorang akuntan saat ini sudah terbagi tugas akuntansinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Nah salah satu sub-akuntan tersebut akuntan pajak, dimana seorang akuntan pajak adalah akuntan yang nantinya hanya fokus pada pencatatan dan pembukuan pajak saja. Umumnya seorang yang berprofesi akuntan pajak akan mengatur keuangan dimana nantinya akan dilaporkan pada Direktorat Jenderal Pajak. Dan gaji profesi seorang akuntan di PERPAJAKAN ini cukup menggiurkan.

4. Akuntan Pendidik

Seorang yang memiliki profesi sebagai akuntan pendidikan tentunya akan lebih condong dan fokus pada dunia pendidikan. Seorang akuntan pendidik itu sendiri nantinya akan memiliki tugas mengajar serta menyusun kurikulum pendidikan akuntansi.

Tidak hanya itu saja, seorang akuntan pendidik juga harus dituntut mampu dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu akuntansi. Sehingga nantinya dapat diberikan secara jelas kepada peserta didiknya.

5. Akuntan Internal

Profesi akuntan berikutnya yaitu profesi akuntan yang akan ditemukan pada perusahaan, dimana profesi ini akan jauh lebih dikenal dengan akuntan internal. Seperti susunan organisasi dalam perusahaan, akuntan internal sama juga menduduki suatu jabatan.

Nah jabatan tersebut baik itu staf sampai kepala bagian akuntansi/direktur keuangan. Untuk tugasnya sendiri akuntan internal yaitu menyusun sistem akuntansi perusahaan, menyusun laporan pihak luar, menyusun anggaran sampai menangani masalah perpajakan.

6. Akuntan Syariah

Profesi akuntan syariah mungkin akan sedikit terbilang profesi baru dan masih dikatakan minim ditemukan di negara kita. Seorang yang berprofesi sebagai akuntan syariah biasanya dipekerjakan pada perusahaan-perusahaan yang menerapkan hukum syariat islam untuk mengelola keuangannya.

Dimana akuntan syariah bekerja sesuai dengan Standar Akuntansi Syariah serta berpegang pada keputusan MUI. Sehingga dengan hal ini benar-benar keuangan didalam perusahaan tersebut berputar dengan syariat islam dengan tidak adanya riba dan sejenisnya.

Manfaat Akuntan Dalam Perusahaan

Manfaat Akuntan Dalam Perusahaan

Dengan adanya seorang yang berprofesi sebagai akuntan tentunya anda sudah dapat menyimpulkan keuntungannya dari setiap perusahaannya seperti sudah disampaikan diatas. Selain itu berikut beberapa manfaat profesi seorang akuntan di dalam perusahaan. seperti:

  • Menghemat dari segi waktu.
  • Selain menghemat waktu, juga menghemat dari segi anggaaran.
  • Mampu mengatasi permasalahan akuntansi atau keuangan yang sulit.
  • Dapat Memberikan saran, masukkan dan nasihat saran bisnis.
  • Ahli dalam perpajakan.

Gaji Seorang yang Berprofesi Sebagai Akuntan

Gaji Seorang yang Berprofesi Sebagai Akuntan

Jika anda yang berkeinginan menjadi seorang akuntan di salah satu perusahaan di Indonesia, tentunya di awal pasti menanyakan besaran gaji atau bayaran yang didapatkannya. Untuk bicara gaji sendiri nantinya seorang yang berprofesi akuntan di perusahaan bisa dikatakan beragam dan berbeda antar perusahaannya.

Perbedaan tersebut nantinya akan di lihat dari beberapa faktor seperti bidang yang diambil, lokasi perusahaan, jam kerja, pengalaman bekerja sebelumnya, serta beberapa faktor lainnya. Namun yang jelas dapat dipastikan sudah mendapatkan bayaran atau gaji di atas UMR sesuai perusahaan berada di daerah mana.

Demikianlah informasi mengenai pengertian profesi akuntan, macam-macam profesi akuntan dan gaji seorang yang berprofesi menjadi akuntan di perusahaan yang dapat pilihprofesi.com sampaikan. Semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa membantu anda yang bertanya-tanya mengenai profesi akuntan.