4 Gaji Wasit Piala Dunia FIFA 2022

Gaji Wasit Piala Dunia – Pertandingan sepak bola tentunya perlu adanya pengadil di lapangan. Sehingga nantinya pertandingan sepak bola bisa berlangsung dengan lancar dan adil untuk masing-masing tim. Profesi wasit memang sekarang ini membutuhkan kualifikasi yang ketat atau perlu sertifikasi.

Seperti halnya pada gelaran piala dunia sepak bola yang membutuhkan wasit yang kompeten, ter sertifikasi atau ter akreditasi. Namun sebenarnya berapa gaji wasit piala dunia? Apakah sama dengan gaji wasit pada pertandingan sepak bola internasional lainnya?

Belakangan ini memang ramai yang membicarakan mengenai biaya atau upah wasit saat memimpin jalannya pertandingan piala dunia sepak bola. Gaji wasit piala dunia bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa mengetahui berapa bayaran seorang wasit ketika sedang diberikan tanggung jawab pada sebuah pertandingan di piala dunia.

Nah pada artikel kali ini, admin Pilihprofesi.com akan menyajikan ulasan tentang besaran gaji wasit piala dunia FIFA. Namun sebelum masuk ke besaran honor wasit piala dunia, silahkan simak terlebih dahulu mengenai tugas dan jumlah wasit piala dunia berikut ini.

Gaji Wasit Piala Dunia

Tugas Wasit Piala Dunia FIFA

Ada beberapa bagian atau tugas wasit piala dunia yang perlu diketahui. Dimana beberapa tugas wasit tersebut yaitu sebagai wasit utama, asisten wasit dan petugas Video Assistant Referee (VAR). Tugas wasit piala dunia tersebut tentunya sudah ditentukan sebelumnya oleh FIFA.

Sesuai dengan pernyataan Federasi sepak bola dunia, FIFA sudah menentukan siapa saja yang akan bertugas sebagai wasit di piala dunia. Setidaknya ada 129 wasit yang nantinya akan bertugas di perhelatan piala dunia sepak bola. Dari total wasit yang terpilih, nantinya sudah ditentukan tugasnya, silahkan simak tugas wasit piala dunia berikut ini.

  • 36 orang yang bertugas sebagai wasit utama.
  • 69 orang yang bertugas sebagai asisten wasit.
  • 24 orang sebagai Official Video Assistant Referee (VAR).

Uniknya, sekarang ini piala dunia FIFA sudah menggunakan wasit wanita. Dimana pada perhelatan piala dunia ini, setidaknya ada 6 wasit wanita yang memenuhi kriteria atau lolos kualifikasi. Daftar wasit wanita di piala dunia 2022 diantaranya sebagai berikut:

  • Kathryn Nesbitt (Asal Amerika Serikat/asisten wasit piala dunia)
  • Karen Diaz Medina (Asal Meksiko/asisten wasit piala dunia)
  • Neuza Back (Asal Brasil/asisten wasit piala dunia)
  • Yoshimi Yamashita (Asal Jepang/wasit utama piala dunia)
  • Salima Mukansanga (Asal Rwanda/wasit utama piala dunia)
  • Stephanie Frappart (Asal Perancis/wasit utama piala dunia)

Nah setelah ketahui jumlah dan tugas wasit piala dunia, sekarang berapa besaran bayaran yang diterima selama menjadi wasit piala dunia? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Gaji Wasit Piala Dunia

Besaran honor wasit piala dunia dapat dibagi menjadi 4 jenis. Diantaranya untuk gaji wasit pertandingan (utama), asisten wasit (hakim garis), wasit keempat dan petugas Video Assistant Referee (VAR). Besaran bayaran wasit ada yang diberlakukan untuk setiap babak maupun untuk seluruh babak saat piala dunia berlangsung. Besaran bayaran wasit piala dunia FIFA adalah sebagai berikut:

1. Gaji Wasit Utama

Gaji wasit piala dunia yang pertama yaitu untuk yang bertugas memimpin jalannya pertandingan. Dimana orang yang bertugas sebagai wasit pertandingan akan menerima bayaran sebesar US$ 3.000 atau sekitar Rp 47 juta untuk setiap pertandingan di babak penyisihan grup.

Bayaran mereka akan meningkat menjadi US$ 10.000 atau sekitar Rp 157 juta ketika memimpin jalannya pertandingan piala dunia pada babak Play-Off atau final. Seorang wasit piala dunia yang berhasil memimpin semua pertandingan dengan lancar dan aman termasuk final, nantinya akan mendapatkan bonus sebesar US$ 300.000 atau sekitar Rp 4,7 miliar.

2. Gaji Asisten Wasit

Honor wasit piala dunia yang kedua yaitu untuk yang bertugas sebagai asisten wasit atau hakim garis. Dimana untuk orang yang diberikan tugas sebagai asisten wasit di piala dunia, nantinya akan mendapat bayaran sebesar US$ 2.500 atau sekitar Rp 39 juta per satu pertandingan di babak penyisihan grup.

Sedangkan untuk babak Play-Off atau final, asisten wasit piala dunia akan mendapatkan bayaran sampai dengan US$ 5.000 atau sekitar Rp 78 juta. Dan jika asisten wasit berhasil mengamati pertandingan dengan lancar dan aman, nantinya bisa mendapatkan bonus sebesar US$ 150.000 atau sekitar 2,3 miliar selama pertandingan piala dunia berlangsung.

3. Gaji Wasit Keempat

Bayaran untuk wasit piala dunia adalah untuk orang yang bertugas sebagai wasit keempat atau wasit yang bertugas sebagai pengawas proses pergantian pemain dan memeriksa perlengkapan pemain atau pemain pengganti.

Besaran honor wasit keempat di piala dunia adalah sebesar US$ 2.500 atau sekitar Rp 39 juta per pertandingan di penyisihan grup. Sedangkan untuk babak Play-Off atau final, bayaran wasit keempat di piala dunia yaitu sebesar US$ 5.000 atau sekitar Rp 78 juta. Dan jika berhasil bertanggung jawab sampai pertandingan terakhir, bisa mendapatkan gaji atau bonus mencapai US$ 150.000 atau Rp 2,3 miliar.

4. Gaji Petugas VAR

Gaji wasit piala dunia yang terakhir yaitu untuk yang bertugas sebagai VAR. Pada perhelatan piala dunia, petugas VAR akan menerima bayaran sampai dengan US$ 3.000 (Rp 47 jua) per pertandingan.

Dan selama turnamen berlangsung, nantinya gaji bisa meningkat menjadi US$ 5.000 atau setara Rp 78 juta. Total gaji yang bisa diterima petugas VAR di piala dunia yakni mencapai US$ 175.000 atau setara Rp 2,7 miliar.

Itulah informasi mengenai besaran bayaran wasit di piala dunia. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai honor wasit di piala dunia?

Akhir Kata

Menari kesimpulan artikel di atas, bahwa gaji wasit piala dunia untuk seorang wasit pertandingan akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 1,09 miliar. Dan bayaran lainnya yang akan diterima sesuai dengan tugas yang diberikan pada setiap pertandingan mulai dari babak penyisihan grup, Play-Off maupun final. Setiap tugas wasit juga akan mendapatkan besaran gaji yang berbeda-beda. Misalnya untuk gaji wasit utama, asisten wasit, wasit keempat dan petugas VAR.

Sekian artikel kali ini tentang bayaran wasit piala dunia. Terima kasih sudah berkunjung ke Pilihprofesi.com dan semoga artikel kali ini tentang honor wasit piala dunia dapat menambah wawasan buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Pilihprofesi.com