Daftar Gaji UMR Makassar Semua Wilayah Terbaru 2020

Gaji UMR Makassar – Makassar merupakan salah satu kota di provinsi Sulawesi Selatan dan sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di wilayah indonesia bagian Timur. Disamping itu, kota Makassar juga dijuluki sebagai kota pantai karena banyaknya pantai di daerah tersebut yang siap memanjakan mata kita dengan keindahan pemandangan alam yang dimiliki. Selain itu, kota Makassar juga termasuk kota multi etnik yang artinya masyarakat di kota ini berasal dari latar belakang suku, budaya, dan agama yang berbeda, mulai dari Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa.

Kemudian kita beralih ke masalah perekonomian, kota ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan juga pesat, pasalnya Makassar memiliki beberapa perusahaan swasta lokal dan internasional yang cukup besar, ditambah lagi kota ini juga merupakan penghasil tenaga kerja yang cukup unggul di sektor akademik, pasalnya di kota Makassar terdapat beberapa universitas yang berkualitas yang seringkali menciptakan lulusan terbaik dan siap bersaing di perusahaan-perusahaan besar yang tersebar di Indonesia bahkan luar negeri.

Berbicara mengenai tenaga kerja tentu saja kita tidak bisa lepas dengan yang namanya gaji UMR atau upah minimum regional, nah untuk gaji UMR Makassar sendiri kami rasa cukup tinggi dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya di provinsi Sulawesi Selatan, berdasarkan informasi yang kami peroleh besaran upah minimum regional untuk kota Makassar pada tahun 2019 mencapai 2,9 juta rupiah, jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana upah minimum kota Makassar di tahun 2018 adalah 2.722.631 rupiah. Disamping itu, provinsi Sulawesi Selatan juga tercatat dalam deretan provinsi di Indonesia dengan gaji UMR tertinggi.

Kemudian upah minimum di kota Makassar tentu saja telah ditetapkan oleh gubernur setempat yang telah memperoleh rekomendasi dari dewan pengupahan dan wali kota yang mengacu pada kebutuhan hidup layak di daerah tersebut. Oleh karena itu, ketetapan tersebut harus dipatuhi oleh semua pelaku usaha di kota Makassar untuk membayarkan upah minimum pada setiap pekerja dengan jumlah atau nominal yang telah ditentukan, jika salah satu perusahaan terbukti tidak mematuhi ketetapan tersebut maka akan dikenai sanksi berupa denda hingga masalah perizinan.

Daftar Gaji UMR Makassar Semua Wilayah Terbaru

Gaji-UMR-Makassar-Semua-Wilayah-Terbaru

Masih seputar upah minimum kota Makassar, hal tersebut telah disampaikan dalam Surat Keputusan Gubernur No. 2834/XI/Tahun 2018 bahwa besaran upah minimum kota Makassar adalah 2.941.270 rupiah, sedangkan untuk upah minimum provinsi Sulawesi Selatan di tahun 2019 adalah 2.860.382 rupiah jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 8% dari tahun sebelumnya. Baiklah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai upah minimum regional kota Makassar berikut kami sajikan informasi terkait hal tersebut yang bisa kalian simak dibawah ini.

Gaji UMR Makassar

Gaji-UMR-Makassar

NoTahun

UMK ( Upah Minimum Kabupaten / Kota )

1.

2019

Rp. 2.941.270

2.

2018

Rp. 2.722.631

3.

2017

Rp. 2.505.500

4.

2016

Rp. 2.316.625

5.

2015

Rp. 2.075.000

Berikut merupakan catatan peningkatan gaji umr Makassar dari tahun 2015 hingga saat ini tahun 2019 dimana rata-rata presentase kenaikkan upah minimum kota makassar adalah 8% – 11% setiap tahunnya. Seperti yang kita ketahui, untuk tahun ini upah minimum yang diterima setiap pekerja di kota Makassar adalah 2.941.270 rupiah, jumlah tersebut telah ditentukan berdasarkan standar kebutuhan hidup layak ( KHL ) di kota Makassar, oleh karena itu kami rasa upah yang diterima pekerja mampu untuk membiayai kebutuhan hidup di kota Makassar selama satu bulan. Bagi kalian yang belum begitu paham mengenai istilah KHL ( kebutuhan hidup layak ) mungkin akan kami jelaskan secara lebih lengkap pada kesempatan lainnya.

Pantai-Losari-di-Makassar

Kemudian, selain memiliki beberapa universitas terbaik yang seringkali menghasilkan lulusan berkualitas, Makassar juga memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan dan mampu menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun manca negara untuk datang ke kota Makassar dan menikmati pesona alam yang ditawarkan, dengan demikian masyarakat setempat juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana untuk mendulang rupiah yang cukup menjanjikan. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan mengenai gaji atau upah minimum yang diberikan pelaku usaha kepada setiap karyawan perusahaan di kota Makassar, semoga informasi diatas bermanfaat bagi kalian sekaligus menambah wawasan mengenai besaran upah minimum yang berlaku di berbagai wilayah Indonesia. Terimakasih.