Daftar Gaji UMR Semarang Semua Wilayah Terbaru 2020

Gaji UMR Semarang – Semarang merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah, kota ini juga memiliki predikat sebagai kota metropolitan terbesar ke-lima setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Kota ini memiliki penduduk lebih dari 2 juta jiwa pada malam hari, dan ketika siang hari kota Semarang bisa dipenuhi penduduk mencapai 2,5 juta jiwa, mungkin hal ini yang menjadikan Semarang sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Selain itu, Semarang juga terbagi menjadi beberapa wilayah, antara lain Semarang pusat, Semarang selatan, Semarang timur, Semarang utara, dan Semarang barat.

Sama halnya dengan kota-kota besar lainnya, seperti Jakarta, Bandung, dan Solo, pemerintah kota Semarang juga telah menetapkan besar UMR ( upah minimum regional ) untuk setiap karyawan perusahaan yang berdiri di wilayah Semarang. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, upah minimum di kota Semarang pada tahun 2019 mencapai 2,4 jutaan yang artinya pemerintah setempat telah meningkatkan jumlah upah minimum kota Semarang sebesar 8,03% dari tahun sebelumnya dimana hal tersebut telah tertera dalam Surat Keputusan ( SK ) Gubernur Jawa Tengah No.560/68 Tahun 2018.

Kemudian Semarang juga merupakan kota yang terkenal akan bangunan-bangunan kuno peninggalan jaman penjajahan Belanda yang masih terjaga hingga sekarang, salah satunya adalah Lawang Sewu yang mana hingga saat ini masih menjadi destinasi utama setiap orang yang berkunjung ke kota Semarang. Lawang Sewu sendiri terletak di Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132. Tempat ini telah berdiri sejak jaman penjajahan, tepatnya pada tahun 1907 dimana dulunya tempat ini digunakan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, namun saat ini telah beralih fungsi menjadi tempat wisata sekaligus warisan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Selain Lawang Sewu, Semarang juga memiliki makanan khas bernama wingko babat yang bisa kalian dapatkan di semua toko oleh-oleh di kota Semarang, makanan khas ini terbuat dari tepung ketan yang dipadukan dengan parutan kelapa muda dan mengenai rasa, makanan khas ibu Kota Jawa Tengah ini tidak bisa diragukan lagi, Oleh karena itu, wingko babat merupakan salah satu makanan wajib yang harus kalian cicipi ketika berkunjung ke tempat ini, harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat.

Daftar Gaji UMR Semarang Semua Wilayah Terbaru

Gaji-UMR-Semarang-Terbaru

Disamping itu, Semarang juga memiliki sentra industri kecil menengah ( IKM ) di daerah Bugangan yang memproduksi berbagai jenis produk berbahan dasar logam, mulai dari peralatan rumah tangga hingga eskavator mini. IKM Bugangan ini juga memberikan kesejahteraan ekonomi warga sekitar bahkan berpengaruh baik dalam kemajuan sentra industri menengah bidang logam di wilayah kota Semarang sekaligus menjadikan kota Semarang sebagai kota dengan gaji UMR tertinggi di provinsi Jawa Tengah. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak informasi dibawah ini mengenai Gaji UMR Semarang di tahun 2019 dan catatan peningkatan UMK setiap tahunnya.

Gaji UMR Semarang

Gaji-UMR-Semarang

NoTahun

UMR / UMK

1.

2019

Rp. 2.498.587

2.

2018

Rp. 2.310.087

3.

2017

Rp. 2.125.000

4.

2016

Rp. 1.909.000

Belakangan tahun terakhir Semarang juga telah membangun beberapa gedung pencakar langit di berbagai penjuru kota, hal ini menunjukkan perkembangan yang signifikan dari Ibu Kota Jawa Tengah dan sekaligus menjadikan Semarang sebagai salah satu peran strategis mengenai roda perekonomian nasional. Di sisi lain, Semarang yang kaya akan bangunan peninggalan jaman Belanda dan beberapa makanan khas seperti Lumpia dan Wingko babat juga bisa menjadi magnet untuk menarik wisatawan domestik maupun manca negara untuk mengunjungi kota Semarang.

Lawang-Sewu-Semarang

Kemudian mengenai gaji UMR kota Semarang yang telah kalian simak pada tabel diatas, tercatat bahwa peningkatan upah minimum di daerah Semarang tidak begitu besar, lain hal nya dengan kota-kota di Indonesia yang lainnya seperti Jakarta dan Bandung dimana peningkatan gaji UMR setiap tahunnya bisa mencapai 200 – 500 ribu. Meski demikian, biaya hidup di kota Semarang memang lebih murah dibandingkan dengan kota metropolitan lainnya, oleh karena itu kami rasa nominal tersebut cukup untuk membiayai kehidupan karyawan yang bekerja di salah satu perusahaan di kota Semarang selama satu bulan. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat sekaligus bisa menambah wawasan kalian mengenai upah minimum yang di peroleh pekerja di setiap daerah di Indonesia. Terimakasih.