Daftar Gaji UMR Solo Semua Wilayah Terbaru 2020

Gaji UMR Solo – Selain D.I.Y ( Daerah Istimewa Yogyakarta ) yang masih melestarikan warisan budaya dan adat setempat hingga saat ini, Solo juga memiliki hal yang sama dimana masyarakat Solo masih rutin melakukan berbagai upacara atau acara adat di beberapa waktu tertentu. Bagi kita warga negara Indonesia memang sudah seharusnya menjaga sekaligus melestarikan keanekaragaman budaya dan adat istiadat di tanah Nusantara agar tidak di klaim atau diakui oleh negara lain, mengingat Indonesia sendiri dikenal oleh Dunia karena memiliki ragam budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Salah satu acara kebudayaan Solo yang masih rutin dilaksanakan hingga saat ini adalah kirab pusaka keraton kasunanan Surakarta, acara ini dilakukan untuk memperingati acara tahun baru Sura. Selain itu, sebagai kota lahir dari orang nomor satu di Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo, Solo juga terkenal akan prestasi yang dihasilkan oleh beberapa siswa sekolah menengah kejuruan di kota Solo yang sangat membanggakan, dimana mereka berhasil menciptakan sebuah mobil yang kemudian di beri nama mobil Esemka. Hal tersebut tentu saja merupakan modal besar bagi siswa-siswa tersebut untuk menjadi tenaga kerja profesional yang siap bersaing dengan berbagai perusahaan besar di Indonesia, bahkan luar negeri.

Berbicara mengenai tenaga kerja, tentu saja kita tidak bisa lepas dengan yang namanya upah atau gaji, ya hal tersebut merupakan hak dan kewajiban yang harus diperoleh setiap pekerja di suatu perusahaan atau instansi. Lalu, berapa gaji UMR Solo di tahun 2019 ? berdasarkan informasi yang kami peroleh, Gubernur Jawa Tengah Bapak Ginanjar Pranowo telah menandatangani surat keputusan mengenai UMK untuk 35 wilayah di Jawa tengah, dan untuk umk kota Solo saat ini adalah 1.802.700 rupiah.

Nominal UMK ( upah minimum kabupaten / kota ) Solo yang masih berada dibawah angka 2 juta rupiah memang masih terbilang kurang bagi beberapa masyarakat.  Untuk saat ini UMK tertinggi di provinsi Jawa Tengah masih dimiliki oleh kota Semarang. Hal tersebut mungkin dikarenakan Semarang merupakan ibu kota Jawa tengah ditambah lagi kota tersebut memiliki industri pariwisata dan kuliner berkembang sangat pesat, oleh karena itu gaji UMR kota Semarang mengalami peningkatan yang cukup drastis di setiap tahunnya.

Daftar Gaji UMR Solo Semua Wilayah Terbaru

Gaji-UMR-Solo-Semua-Wilayah-Terbaru

Sebenarnya Solo juga bisa melakukan atau mendongkrak nominal untuk upah minimum setiap pekerja melalui beberapa aset yang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah kota Solo, salah satunya adalah mobil yang diciptakan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan dengan cara memberikan segala fasilitas yang dibutuhkan dan melakukan pemasaran yang lebih serius, karena jika demikian tidak menutup kemungkinan UMK kota Solo bisa mengalami peningkatan yang cukup signifikan di tahun-tahun berikutnya. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai besaran gaji UMR Solo, berikut kami sajikan informasi tersebut yang bisa kalian simak dibawah ini.

Gaji UMR Solo

Gaji-UMR-Solo

NoTahun

UMK ( Upah Minimum Kabupaten / Kota )

1.

2019

Rp. 1.802.700

2.

2018

Rp. 1.668.700

3.

2017

Rp. 1.534.985

4.

2016

Rp. 1.418.218

5.

2015

Rp. 1.222.400

Berikut besaran UMR ( Upah Minimum Regional ) untuk wilayah kota Solo dari tahun 2015 sampai dengan saat ini tahun 2019, dari tabel tersebut juga bisa kita simak bahwa besaran gaji UMR solo dari tahun ke tahun hanya mengalami peningkatan dalam jumlah kecil, hal tersebut tentu saja menjadi keluhan tersendiri bagi beberapa karyawan atau pekerja di kota Solo, mengingat kebutuhan biaya hidup saat ini terus menerus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, mereka berharap di tahun-tahun berikutnya pemerintah provinsi Jawa Tengah bisa melakukan keputusan terkait peningkatan UMK berdasarkan standar KHL ( Kebutuhan Hidup Layak ).

Acara-Kirab-Pusaka-Keraton-Kasunanan-Surakarta

Upah minimum di kota Solo memang bukan merupakan umk terendah dari 35 wilayah yang ada provinsi Jawa Tengah, dimana untuk saat ini kabupaten Banjarnegera menjadi pemilik UMK terendah di seluruh wilayah provinsi Jawa Tengah dengan nominal 1,6 juta rupiah, meski demikian kebutuhan biaya hidup di daerah tersebut masih terbilang murah, jadi dengan upah minimum tersebut kami rasa tidak menjadi masalah bagi pekerja di wilayah Banjarnegara. Baiklah, mungkin cukup sampai disini informasi yang bisa kami sajikan mengenai gaji UMR Solo yang semoga bermanfaat sekaligus menambah wawasan kalian mengenai jumlah upah minimum yang diterima pekerja di setiap wilayah di Indonesia. Terimakasih.