Daftar Gaji UMR Medan Semua Wilayah Terbaru 2020

Gaji UMR Medan – Selain menjadi ibu kota dari provinsi Sumatra Utara, Medan juga memiliki predikat sebagai kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Disamping itu, Medan juga memiliki Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang sekaligus menjadi pintu gerbang utama wilayah Indonesia bagian Barat. Selain itu, Medan juga merupakan kota multietnis dimana penduduknya berasal dari latar belakang suku dan agama yang berbeda. Oleh karena itu, Medan juga masuk ke dalam deretan 4 kota di Indonesia yang menjadi pusat pertumbuhan utama bersama dengan Surabaya, Jakarta, dan Makassar.

Selain Medan, provinsi Sumatra Utara juga terdiri dari beberapa kabupaten dan kota seperti Deli Serdang, Karo, Pematang Siantar, Samosir, dan lainnya dimana setiap wilayah memiliki UMK ( Upah Minimum Kabupaten / Kota ) yang telah ditentukan dan wajib diberikan oleh perusahaan atau industri sebagai upah kepada setiap karyawan dan pekerja. Lalu, berapa gaji umr kota Medan sendiri ? berdasarkan informasi yang kami peroleh, setiap pekerja atau karyawan di kota Medan wajib menerima upah sebesar 2,9 juta dari perusahaan terkait setiap bulannya.

Informasi mengenai kenaikkan jumlah upah minimum kota Medan telah disampaikan melalui surat keputusan dari Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi yang mengacu pada PP nomor 78 tahun 2015 bahwa besaran upah minimum di kota Medan pada tahun 2019 adalah 2.969.824 rupiah. hingga saat ini kota Medan masih menjadi pemilik UMK tertinggi di provinsi Sumatra Utara, sedangkan untuk UMK terendah dimiliki oleh kabupaten Tebing Tinggi dengan besaran upah minimum yang berlaku di tahun 2019 adalah 2.164.991 rupiah.

Disamping itu, terdapat beberapa kabupaten dan kota di provinsi Sumatra Utara yang hingga saat ini belum melakukan pengajuan terkait upah minimum bagi pekerja di wiliyah tersebut, antara lain Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, dan Pakpak Barat. Selain tidak melakukan pengajuan mengenai UMK ( Upah Minimum Kabupaten / Kota ) beberapa wilayah tersebut juga tidak memiliki Dewan Pengupahan, dan apabila daerah-daerah tersebut tidak juga melakukan pengajuan UMK, maka setiap pekerja di wilayah tersebut akan mengikuti besaran upah minimum provinsi ( UMP ) sebesar 2,3 juta sebagai gaji yang diterima setiap bulannya.

Daftar Gaji UMR Medan Semua Wilayah Terbaru

Gaji-UMR-Medan-Semua-Wilayah-Terbaru

Menjadi salah satu kota pusat pertumbuhan utama, Medan tentu saja memiliki populasi penduduk yang cukup padat, disamping itu masyarakat kota Medan juga berasal dari latar belakang suku dan agama yang berbeda, mulai dari Jawa, Batak, Tionghoa, Mandailing, hingga India, sedangkan penduduk asli di kota Medan adalah masyarakat Melayu dan Karo. Sebagian besar masyarakat di kota Medan memiliki usaha di sektor perdagangan dan akomodasi, hal tersebut juga yang menjadikan Medan sebagai kota dengan UMK tertinggi di provinsi Sumatra Utara. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kalian simak ulasan dibawah ini mengenai gaji UMR Medan terbaru yang telah kami peroleh dari beberapa sumber terpercaya.

Gaji UMR Medan

Gaji-UMR-Medan

NoTahun

UMK ( Upah Minimum Kabupaten / Kota )

1.

2019

Rp 2.969.824

2.

2018

Rp 2.749.074

3.

2017

Rp 2.528.815

4.

2016

Rp 2.271.255

5.

2015

Rp 2.037.000

6.

2014

Rp 1.851.500

7.

2013

Rp 1.460.000

Berikut merupakan jumlah besaran UMK untuk kota Medan di tahun 2019, dimana untuk tahun ini besaran upah minimum kota Medan mengalami kenaikkan sebesar 220 ribu dari tahun sebelumnya. Kemudian seperti yang telah kami singgung di awal pembahasan yang mana besaran UMK kota Medan ini telah disampaikan melalui surat keputusan dari gubernur Sumatera Utara dan telah tertuang dalam peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015. Oleh karena itu, setiap perusahaan atau pelaku bisnis di kota Medan wajib mengikuti UMK yang berlaku di tahun 2019 sebagai upah setiap pekerja atau karyawan.

Pelabuhan-Belawan-di-Medan

Disamping itu, beberapa kota di provinsi Sumatera Utara yang hingga saat ini belum melakukan pengajuan terkait masalah upah minimum kabupaten / kota ( UMK ) dan tidak memiliki dewan pengupahan, maka upah minimum setiap pekerja di daerah tersebut akan mengikut besaran UMP ( Upah Minimum Provinsi ) Sumatera Utara di tahun 2019 dengan nominal 2.303.403 rupiah. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat sekaligus bisa menjadi referensi atau gambaran mengenai upah minimum yang berlaku di kota Medan bagi kalian yang mungkin sedang mencari pekerjaan. Terimakasih.