10 UMR Tertinggi di Indonesia Terbaru 2020

UMR Tertinggi di Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara di Asia tenggara yang terkenal akan kekayaan alam dan ekosistem lautnya, tercatat lebih dari 20% ekosistem laut Dunia berada di perairan Indonesia. Disamping itu, negara yang diapit oleh dua benua dan dua Samudera ini juga menduduki peringkat ke-4 sebagai negara dengan populasi penduduk terpadat, pada tahun 2018 jumlah penduduk di Indonesia mencapai 270.054.853 jiwa yang terdiri dari latar belakang suku, agama, dan budaya yang berbeda-beda, sesuai dengan semboyan Indonesia “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya meskipun berbeda suku dan budaya namun tetap satu.

Terlepas dari itu semua, Indonesia merupakan negara yang sebagian masyarakatnya memiliki usaha di sektor perdagangan, wisata, akomodasi, hingga industri kreatif. Seperti yang kita ketahui dimana Indonesia ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain, oleh karena itu banyak wisatawan manca negara yang berkunjung ke Nusantara hanya untuk menikmati keindahan alamnya, dengan demikian hal tersebut tentu saja bisa menjadi sarana penghasilan utama bagi warga sekitar, seperti membangun penginapan, rumah makan, atau toko cinderamata.

Berbicara mengenai penghasilan, di Indonesia telah banyak pelaku usaha atau perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, salah satunya adalah Industri wisata, seperti hal nya yang dilakukan pelaku usaha di daerah Bali, dimana sebagian besar dari masyarakat mereka memiliki penghasilan utama dari sektor wisata, seperti menyewakan penginapan, sewa transportasi, hingga berbagai jenis cinderamata khas pulau Dewata. Disamping itu, setiap pekerja atau karyawan di daerah tersebut juga telah ditentukan mengenai gaji UMR ( upah minimum regional ) dan telah disepakati oleh pihak perusahaan dan pemerintah setempat.

UMR atau upah minimum regional tidak hanya berlaku di daerah Semarang, melainkan ketetapan tersebut berlaku di seluruh wilayah atau provinsi di Indonesia dengan besaran atau nominal yang berbeda sesuai ketentuan dari Gubernur dan pemerintah setempat. Wilayah Indonesia sendiri terbagi menjadi 34 provinsi yang tersebar seluruh pulau di Indonesia. Dari 34 provinsi di Indonesia, ada beberapa daerah yang memiliki umr tertinggi di Indonesia, salah satunya adalah DKI Jakarta yang notabene merupakan ibu Kota dari Indonesia sendiri.

Daftar UMR Tertinggi di Indonesia Terbaru

10-UMR-Tertinggi-di-Indoensia-Terbaru

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, besaran UMR untuk provinsi DKI Jakarta di tahun 2019 mencapai 3,9 juta rupiah yang mana telah mengalami peningkatan sebesar 8,03% dari UMR tahun sebelumnya. Selain Ibu Kota, masih ada beberapa provinsi di Indonesia yang memiliki upah minimum regional cukup tinggi, untuk lebih jelasnya berikut kami telah sajikan informasi terkait 10 umr tertinggi di Indonesia yang bisa kami simak pada ulasan dibawah ini.

UMR Tertinggi di Indonesia

UMR-Tertinggi-di-Indonesia

No

Provinsi

UMP / UMR 2019

1.

DKI Jakarta

Rp. 3.940.973

2.

Papua

Rp. 3.240.900

3.

Sulawesi Utara

Rp. 3.051.076

4.

Bangka Belitung

Rp. 2.976.705

5.

Papua Barat

Rp. 2.934.500

6.

Nagroe Aceh Darussalam

Rp. 2.916.810

7.

Sulawesi Selatan

Rp. 2.860.382

8.

Sumatera Selatan

Rp. 2.804.453

9.

Kepulauan Riau

Rp. 2.2769.683

10.

Kalimantan Utara

Rp. 2.765.463

11.

Kalimantan Timur

Rp. 2.747.561

12.

Kalimantan Selatan

Rp. 2.651.781

13.

Maluku

Rp. 2.400.664

14.

Gorontalo

Rp. 2.384.020

15.

Maluku Utara

Rp. 2.319.427

Bisa kita simak pada tabel diatas yang mana umr tertinggi di Indonesia dimiliki oleh provinsi DKI Jakarta, hal ini mungkin dikarenakan provinsi ini merupakan ibu kota Indonesia, selain itu daerah ini juga seperti magnet bagi para pencari kerja untuk mengadu nasib di daerah Ibu Kota. Seperti yang kita ketahui, di DKI Jakarta memang terdapat cukup banyak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari industri otomotif, elektronik, hingga broadcasting, disamping itu upah minimum provinsi DKI Jakarta juga berada pada angka 3.940.973 rupiah di tahun 2019, jumlah yang sepadan untuk biaya hidup di Jakarta.

Upah-Minimum-Provinsi-Tertinggi-di-Indonesia

Perlu kalian ketahui jika istilah UMR / UMP dan UMK itu berbeda, yakni untuk UMP ( upah minimum provinsi ) merupakan besaran upah yang berlaku untuk seluruh kabupaten atau kota di provinsi tersebut dan ketetapan dilakukan oleh Gubernur, sedangkan untuk UMK adalah besaran upah yang telah ditentukan oleh Gubernur namun atas rekomendasi dari wali kota dan dewan pengupahan provinsi, ketetapan tersebut berlaku untuk kota atau kabupaten itu sendiri. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan mengenai daftar 10 UMR tertinggi di Indonesia dan semoga bermanfaat bagi kalian semua.