√ Gaji Penjaga Lapas 2021 : Lulusan SMA & S1

Gaji Penjaga Lapas – Bekerja menjadi seorang penjaga lapas penjara mungkin bukan impian sedari sejak kecil. Namun siapa sangka gaji yang didapatkan terbilang tinggi dan besar, bahkan itu dibuktikan dengan banyaknya pelamar yang mendaftar saat ada rekrutmen.

Di mana penjaga lapas menjadi salah satu jabatan yang difavoritkan di CPNS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Walaupun masih banyak jabatan lain yang terbilang difavoritkan juga, namun menurut data pendaftaran calon penjaga lapas beberapa tahun belakangan cukup tinggi.

Nah, terkadang sebelum mulai untuk mendaftarkan diri tersebut, para pelamar atau pendaftar akan terlebih dahulu penasaran besaran gaji yang didapat perbulannya. Dengan begitu, pilihprofesi.com pada pembahasan kali ini akan informasikan upah penjaga lapas.

Di mana besaran gaji didapatkan per bulan sendiri bisa dikatakan akan tergantung dengan kelas atau golongan apa nantinya penjaga lapas tersebut. Seperti Anda ketahui sendiri jika menjadi penjaga lapas ialah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu saja bayaran akan tergantung golongannya.

Gaji Penjaga Lapas

Bagi Anda yang penasaran akan bagaimana besaran gaji yang didapatkan setiap bulannya oleh seorang penjaga lapas. Berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini, jadi untuk terus simak pembahasan kali ini sampai akhir.

Apa Itu Penjaga Lapas?

Apa Itu Penjaga Lapas

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai besaran gaji yang diterima, alangkah baiknya Anda tahu terlebih dahulu apa itu pengertian penjaga lapas. Di mana penjaga lapas atau bisa dikenal sipir sendiri ialah seorang yang bekerja dengan memiliki tugas dengan tanggung jawab pengawasan, keamanan dan keselamatan narapidana di penjara.

Selain itu penjaga lapas juga bertanggung jawab penuh untuk pemeliharaan, pembinaan, dan pengendalian seseorang yang telah di tangkap dan sedang menunggu pengadilan yang nantinya akan di jatuhi hukuman. Dengan begitu, penjaga lapas atau sipir memiliki tugas cukup ekstra.

Gaji Penjaga Lapas

Gaji atau Bayaran Penjaga Lapas

Berbicara mengenai upah atau uang yang di terima, seorang penjaga lapas nantinya akan tergantung dengan golongan PNS apa yang di embannya. Karena seperti Anda ketahui sendiri jika sipir atau penjaga lapas merupakan Pegawai Negeri Sipil.

Lulusan SMA

untuk penjaga lapas penjara dengan lulusan SMA sederajat, biasanya akan masuk ke golongan II dengan besaran gaji per bulannya cukup bervariasi. Karena golongan II sendiri seperti Anda ketahui jika ada beberapa bagian lagi yaitu IIa, IIb, IIc dan IId. Lebih jelasnya lihat tabel gaji pokok di bawah ini.

NO.GOLONGANGAJI (BULAN)
1.IIaRp 2.022.200 – Rp 3.373.600
2.IIbRp 2.208.400 – Rp 3.516.300
3.IIcRp 2.301.800 – Rp 3.665.000
4.IIdRp 2.399.200 – Rp 3.820.000

Lulusan S1

Sedangkan untuk penjaga lapas dengan lulusan s1 sendiri, nantinya bisa masuk menjadi PNS dengan golongan 3a. Di mana bayaran atau GAJI PNS 3A sendiri bisa mencapai Rp 2.456.700 – Rp 4.236.400 di setiap bulannya belum termasuk dengan tunjangan-tunjangan lainnya.

Besaran tersebut bisa saja masih bertambah dengan masa kerja atau lama waktu kerja setelah menjadi PNS. Semakin masa kerja lama, maka akan semakin tinggi pula gaji yang akan di dapatkan setiap bulannya.

Tunjangan Penjaga Lapas

Tunjangan Penjaga Lapas

Lantas apa saja tunjangan yang didapatkan oleh penjaga lapas atau sipir itu sendiri? Di mana seorang penjaga lapas nantinya akan mendapatkan tunjangan-tunjangan seperti berikut:

  • Tunjangan kinerja.
  • Uang makan.
  • Tunjangan beras.
  • Tunjangan anak istri.
  • dan tunjangan lainnya.

Catatan : Tunjangan akan berbeda setiap golongan PNS apa yang dijabat.

Dengan tambahan tunjangan tersebutlah yang nantinya akan membuat besaran uang diterima perbulannya oleh seorang penjaga lapas bisa mencapai akan Rp 6 jutaan atau bahkan lebih. Tentu angka tersebut, bisa dikatakan cukup besar dan tinggi.

Mungkin itulah informasi dapat pilihprofesi.com sampaikan mengenai gaji, bayaran, upah atau uang yang diterima oleh seorang penjaga lapas per bulannya. Semoga dengan adanya pembahasan gaji di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.