√ Gaji Office Boy di Indonesia 2021 : Tugas & Tanggung Jawab

Gaji Office Boy – Berbagai kedudukan atau posisi jabatan di sebuah kantor maupun perusahaan tentu akan memiliki tugas yang berbeda satu sama lain. Tidak hanya tugas saja, tentunya gaji juga begitu.

gaji atau penghasilan itu sendiri, nantinya akan tergantung pada apa kedudukan yang di jabat di dalam perusahaan tersebut. Semakin penting kedudukan, biasanya gaji juga akan ikut semakin besar.

Nah kali ini sendiri pilihprofesi.com akan sampaikan informasi mengenai gaji dari salah satu profesi di perusahaan. Di mana yang akan di bahas itu sendiri yaitu gaji seorang office boy.

Mungkin bagi sebagian orang, office boy sudah tidak asing lagi di telinga. Karena bisa dikatakan semua perusahaan atau kantor-kantor yang ada di Indonesia memiliki posisi jabatan satu ini.

Gaji Office Boy di Indonesia Tugas Tanggung Jawab

Lalu berapa sebenarnya gaji seorang office boy di Indonesia? Untuk lebih jelas mengenai hal tersebut, berikut akan disampaikan di bawah ini secara lengkap. Jadi terus simak pembahan gaji ini sampai akhir.

Apa Itu Office Boy

Apa Itu Office Boy

Bagi Anda yang belum tahu apa itu office boy, berikut ketahui dahulu pengertiannya. Office boy sendiri berasal dari bahasa Inggris. Office berarti kantor sedangkan Boy berarti pemuda atau laki-laki.

Dengan begitu, secara harfiah office boy (OB) dapat diartikan sebagai pria yang memenuhi segala kebutuhan di dalam kantor. Seperti Anda ketahui, jika banyak sekali kebutuhan yang diperlukan di sebuah kantor.

Baik itu seperti makanan, kebersihan, dukungan dokumen, serta berbagai bantuan lain di dalamnya. Nantinya sebagai office boy, sangat berperan dalam membantu pemenuhan kebutuhan tersebut.

Hanya saja para office boy sering kali diperbantukan pada pekerjaan yang bersifat non administratif. Namun siapa sangka perannya sangat berarti sekali bagi perusahaan atau kantor.

Tugas & Tanggung Jawab Office Boy

Tugas Tanggung Jawab Office Boy

Setelah tahu pengertian dari office boy, selanjutnya Anda juga harus tahu akan tugas dan tanggung jawab yang harus diemban. Adapun tugas tanggung jawab itu sendiri seperti misalnya:

Tugas Rutin

  • Membersihkan serta merapikan meja, kursi, komputer dan perlengkapan kantor lain.
  • Membersihkan karpet/lantai.
  • Menyediakan minuman bagi karyawan kantor.
  • Mengirim/mengambil dokumen antar divisi.
  • Melayani permintaan fotokopi.
  • Membelikan dan menyiapkan makan siang karyawan
  • Membereskan piring, gelas, & perlengkapan lain karyawan.
  • Membuang sampah di ruang kerja dan areal tanggung jawabnya.
  • Membersihkan/vacuum karpet/lantai. 18.00

Tugas Berkala

  • Membersihkan kaca ruang kerja biasanya 2x/minggu.
  • Menyiram serta merawat tanaman 2x/minggu.

Tugas Inseintal

  • Menyediakan minuman/makanan & melayani keperluan tamu-tamu perusahaan/kantor.
  • Menyediakan minuman/makanan & melayani keperluan rapat/pertemuan.
  • Mengangkat/memindahkan meja, kursi & perabotan lainnya.
  • Melaksanakan tugas tertentu sesuai permintaan karyawan.
  • Melaksanakan tugas tertentu sesuai permintaan Koordinator OB/Staff GA.

Tanggung Jawab

  • Memastikan semua kebutuhan teknis karyawan di kantor terpenuhi.
  • Memastikan kebersihan perangkat dan ruang kerja karyawan.
  • Memastikan kebersihan lingkungan perusahaan/kantor.
  • Memastikan tugas yang dibebankan selesai dan terlaksana dengan baik.

Gaji Office Boy

Gaji Office Boy

Jika sudah tahu akan gaji pengertian, tugas dan tanggung jawabnya, maka kembali ke pembahasan utama yaitu mengenai besaran gaji atau penghasilan office boy. Di mana di Indonesia sendiri gaji office boy terbilang beragam.

Besaran gaji atau penghasilan itu sendiri akan tergantung dari ketentuan kantor maupun perusahaan dari tempat office boy bekerja. Seperti misalnya GAJI OFFICE BOY DI PEGADAIAN, Bank BRI, Bank BCA, bandara, rumah sakit, klinik dan lainnya akan berbeda.

Namun secara umum dan rata-rata penghasilan office boy di Indonesia yaitu Rp 3.183.106 per bulan. Angka tersebut hanya rata-rata saja, biasanya dalam pemberian gaji akan berpacu pada besaran UMK atau UMR wilayah office boy bekerja.

Selain mendapatkan gaji pokok, seorang yang memiliki posisi menjadi office boy di kantor atau perusahaan juga akan mendapat tunjangan-tunjangan. Seperti misalnya tunjangan makan dan tunjangan BPJS (Kesehatan dan Ketenagakerjaan).

Kualifikasi Office Boy

Kualifikasi Office Boy

Untuk bisa menjadi seorang office boy, kualifikasi dari kantor/perusahaan sendiri tidak meminta yang terlalu tinggi. Yang terpenting memiliki mental kuat, konsisten dan rajin dalam melakukan pekerjaannya.

Karena secara umum, office boy akan memiliki jam kerja normal dari pukul 08.00 – 17.00. Hanya saja karena pekerjaannya sangat dan penting membuat seringkali jam kerja seorang office boy menjadi fleksibel bahkan selalu dituntut datang lebih pagi dan pulang paling akhir.

Untuk kualifikasi dari segi pendidikan, biasanya kantor/perusahaan mematok minimum ijazah SMA/SMK sederajat. Bagi office boy yang berpengalaman akan jauh lebih disukai oleh perusahaan, terlebih jika bidang kerja perusahaan sebelumnya juga sama.

Mungkin seperti itulah informasi dapat pilihprofesi.com sampaikan mengenai gaji atau penghasilan office boy di Indonesia. Semoga adanya informasi penghasilan dari office gaji di atas bisa bermanfaat bagi semua.