Gaji Hakim MK Dari Pemerintah Terbaru 2020

Gaji Hakim MK – Mahkamah konstitusi adalah pelaku kekuasaan kehakiman yang memiliki kewenangan yang sudah diatur dalam konstitusi dan dalam undang undang Mahkamah Konstitusi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kewenangan. Berbeda dengan Hakim pada umumnya, Hakim MK dan Hakim MA merupakan penjabat negara yang bertugas sebagai penjabat di lembaga tinggi negara.

MA adalah lembaga tinggi yang dibentuk atas perintah langsung dari UUD 1945 hasil amandemen. Dengan posisi sebagai penjabat negara, apa yang akan didapat oleh seorang Hakim MK dengan jabatannya akan lebih tinggi dari penjabat pada umumnya, khususnya dalam hal penghasilan seorang Hakim MA.Posisi Hakim setiap harinya dituntut untuk bersikap adil dalam menyelesaikan kasus, karena sangat rawan untuk disusupi oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Banyak orang diluar sana yang mencoba merobohkan independen para Hakim demi memengaruhi hasil putusan dari Hakim. Seorang Hakim MA merupakan profesi dengan gaji tertinggi di indonesia, pasalnya kerja Hakim sangatlah berat mereka harus mengurusi masalah masalah sengketa konstitusi yang rumit bila dibandingkan dengan sengketa hukum pidana atau perdata.

Lalu berapakah gaji Hakim konstitusi. Nah pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas perihal gaji direktur krakatau steel, dan di kesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai Gaji Hakim MA. Berikut adalah ulasan mengenai gaji Hakim konstitusi yang akan kami sampaikan dengan jelas dan mudah untuk dipahami.

Daftar Gaji Hakim MK dari Gaji Pokok dan Tunjangan

Gaji Hakim MK

Seperti yang sudah kami bahas tadi, tugas Hakim memang sangat berat, oleh sebab itu untuk menunjang tugas dan kesejahteraan, Hakim MA mendapatkan berbagai macam gaji dan fasilitas. Pemberian gaji dan fasilitas Hakim MA sendiri sudah tercantum di Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2004 tentang hak keuangan dan fasilitas Hakim MA dan Hakim MK. Berikut adalah ulasan gaji Hakim Mahkamah konstitusi menurut peraturan pemerintah yang akan kami informasikan dibawah ini.

Gaji Pokok Hakim MA

Gaji Pokok Hakim MA

Gaji pokok dibayar di setiap bulannya, dengan besaran yang bervariasi dari masing masing jabatan. Untuk posisi Ketua MK, gaji pokok yang didapat yaitu sebesar Rp 5.040.000. Sedangkan untuk Hakim mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 4.200.000.

Tunjangan Hakim MK

Untuk jabatan Hakim gaji pokok emang kecil sih tapi kalau kalian mengetahui tunjangan jabatannya dijamin bikin kalian mimisan, pasalnya untuk tunjangan Hakim sendiri mendapatkan tunjangan sebesar Rp 72.854.000.

Tugas Hakim MA

Tugas Hakim MA

  1. Mengadili sengketa pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final.
  2. Menguji UU terhadap UUD negara republik indonesia tahun 1945.
  3. Memutuskan sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya disalahgunakan.
  4. Memutuskan pembubaran partai.
  5. Memutuskan perselisihan tentang hasil pemilu.
  6. Memberikan putusan atas pendapat dewan perwakilan rakyat mengenai dugaan pelanggaran oleh presiden atau wakil presiden menurut undang undang dasar 45.
  7. Memanggil penjabat negara, penjabat pemerintah, atau warga masyarakat yang memberikan keterangan permasalahan yang sedang ditangani.

Tujuan dibentuknya Tugas Hakim MA

Pembentukan tugas bertujuan untuk memperkuat power dari sistem konstitusional dan paham negara hukum yang dianut dalam undang undang dasar 1945 serta bertujuan untuk membangun karakter bangsa di era globalisasi. Artinya setiap perilaku lembaga negara untuk menjalankan tugas dan kewenangannya tetap dalam koridor tempat yang telah ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi. Setiap pelanggaran yang dilakukan atas ketentuan konstitusi dapat diuji dan diputuskan oleh Mahkamah konstitusi yang putusannya bersifat final dan langsung mengikat pelaku pelanggaran. Hal tersebut sangatlah berguna bagi negara maupun masyarakat dalam mengatasi bahaya jika tidak ada keadilan. Setiap keputusan Mahkamah konstitusi harus bersandar berdasarkan ketentuan konstitusi. Dengan demikian MK dimaksudkan sebagai lembaga yang terus menjaga kemurnian konstitusi, karena pendapat dan putusan yang terdapat dalam putusannya adalah tafsiran paling baik atas ketentuan konstitusi.

Demikian adalah informasi mengenai Hakim Mahkamah Konstitusi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua para pembaca yang baik hati dan tidak sombong dan semoga artikel yang kami tulis ini dapat menambah wawasan kalian serta dapat menjadi referensi jika kalian ingin mengetahui informasi tentang profesi yang ada di indonesia. Sekian bila ada kesalahan kami mohon maaf. Terima kasih.