√ Gaji Data Scientists Per Bulan di Indonesia 2021

Gaji Data Scientists – Data science atau juga dikenal dengan Data Scientists merupakan bidang yang berdiri dari kombinasi berbagai bisa seperti ilmu komputer, matematika, statistik dan strategi bisnis. Sedangkan tiga komponen yang terlibat dalam Data Scientists ialah organising, packaging dan delivery data.

Data Scientists merupakan salah satu profesi yang sangat cocok untuk masa depan. Pasalnya profesi ini berkaitan langsung dengan teknologi, dan mungkin ke depannya teknologi akan terus berkembang pesat, sehingga orang-orang dengan keahlian Data Scientists akan sangat dibutuhkan.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan orang yang ahli di bidang Data Scientists untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data. Perlu kalian ketahui, bahwasanya Data Scientists bukanlah pekerjaan yang sepele dalam urusan gaji dan peranan.

Data Scientists menjadi pekerjaan yang menjanjikan dengan pendapatan gaji yang terbilang tinggi dan bahkan pekerjaan ini bisa menghasilkan pendapatan setara dengan PEKERJAAN GAJI BESAR lainnya. Adapun informasi lengkap tentang gaji Data Scientists, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Gaji Data Scientists

Gaji Data Scientists

Data Scientists bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Data tersebut biasanya berjumlah sangat besar, baik terstruktur maupun tidak terstruktur.

Rata-rata gaji Data Scientists di Indonesia sendiri yaitu sekitar Rp. 150.000.000 per tahun atau sekitar Rp. 12.500.000 per bulan. Sedangkan untuk Data Scientists pemula bisa memperoleh gaji sebesar Rp. 58.500.000 per tahun atau Rp. 4.875.000 per bulan.

Lalu, untuk Data Scientists profesional dan sudah punya banyak pengalaman bisa mendapatkan gaji sebesar Rp. 225.000.000 per tahun atau sekitar Rp. 18.750.000 per bulan.

Nilai tersebut tentunya merupakan nilai yang fantastis. Lantas, mengapa gaji seorang Data Scientists sangat besar? Keterbatasan ahli data di lapang menjadi faktor utama pekerjaan ini memiliki bayaran yang besar.

Itu memang wajar, mengingat menjadi Data Scientists bukanlah hal yang mudah. Dimana seorang Data Scientists harus memiliki keahlian dan skill yang tinggi dan mampu menganalisa data dengan tepat.

Skill yang Harus Dimiliki Data Scientists

Skill yang Harus Dimiliki Data Scientists

Untuk menjadi seorang Data Scientists kalian perlu tahu dan pelajari skill-skill yang harus dimiliki oleh Data Scientists. Berikut adalah skill yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh Data Scientists.

1. Software Engineering

Kalian perlu belajar dan memahami pengembangan perangkat lunak dengan baik dan benar. Pasalnya Data Scientists merupakan pekerjaan yang berkaitan langsung dengan pengembangan software berbasis aplikasi pada industri IT.

2. Analisi

Kedua, Data Scientists harus bisa melakukan analisis yaitu kemampuan untuk mengamati dan menyimpulkan sesuatu. Seorang Data Scientists bukan hanya mengolah data, namun mereka juga harus merangkum menjadi informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan.

3. Komunikasi

Bukan soal mengumpulkan, mengolah dan menganalisis saja, namun Data Scientists juga harus mahir dalam menyampaikan informasi ke pada orang lain. Seorang Data Scientists juga harus mampu berkomunikasi dengan baik, karena pekerjaan ini tidak harus ahli dibidang data.

4. Ekstraksi dan Transformasi Data

Ada banyak sumber data mulai dari Google Analytucs, MongoDB dan lain sebagainya, kalian harus memiliki skill untuk melakukan ekstrasi data-data tersebut. Bukan itu saja, kalian juga wajib tahu teknik untuk mengolah data hingga data tersebut bisa disimpan.

5. Pemrograman

Seorang Data Scientists juga harus punya skill programming. Ini sangat dibutuhkan dalam mengumpulkan serta menganalisa data. Dalam proses ini ada beberapa bahasa yang digunakan seperti Phyton, R, Java, JavaScript, Scala, C#, Ruby.

6. Pemetaan Data

Konsep pemahaman mengenai data mining juga menjadi prioritas utama untuk dapat menjalankan profesi ini. Dengan begitu, kalian mampu menjawab dan menganalisis kebutuhan informasi yang tidak terstruktur dan bersifat random.

Kualitas Pekerjaan Data Scientists

Kualitas Pekerjaan Data Scientists

Berikut adalah kualitas kepribadian dan pekerjaan jika ingin menjadi seorang Data Scientists yang berhasil dan sukses.

  1. Be Corious : Data Scientists harus memiliki rasa penasaran tinggi untuk melihat pattern data dan mengambil insight yang akan dipresentasikan kepada decision maker. Kemampuan menghasilkan insight inilah yang paling banyak dicari oleh perusahaan dan diberi gaji mahal.
  2. Have Problem Solving Mindset : Praktisi data jangan terlalu fokus dengan tools serta algoritma, namun coba pecahkan masalah yang ada disekitar dan bagaimana hasil analisis bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.
  3. Develop your Soft Skills Ability : Menjadi praktis data, bukan hanya berurusan dengan data, namun juga akan banyak interaksi, baik melalui sesi presentasi, bekerja dengan tim, maupun melakukan cross-cillaborations. Jadi asahlah soft skills dengan sering melakukan presentasi dan bekerja dengan tim.

Itulah informasi lengkap dari pilihprofesi.com tentang gaji Data Scientists. Nah, jika kalian tertarik untuk menjadi Data Scientists maka mulailah mempelajari dan melatih skill serta keterampilan seorang Data Scientists dari sekarang. Demikian informasi seputar gaji Data Scientists, semoga informasi di atas bermanfaat.