√ Gaji Data Science di Indonesia 2021 : Per Tahun, Bulan, Hari & Jam

Gaji Data Science – Berbagai posisi pekerjaan di dalam sebuah perusahaan mungkin terbilang banyak. Seperti ada HRD, asisten manager, STAFF MARKETING, data science dan masih banyak posisi lainnya.

Mungkin dari Anda banyak bercita-citakan salah satu posisi jabatan tersebut. Hal itu bisa dikarenakan peran dan tugas sesuai kemampuan atau bisa juga dikarenakan faktor gaji diberikan cukup tinggi serta menggiurkan.

Nah, pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan sampaikan informasi gaji yang terkadang banyak ditanyakan oleh orang-orang. Di mana yang akan dibahas yaitu mengenai gaji data science atau data scientist.

Mengingat kerja dan tugas dijalankan oleh seorang data science sendiri terbilang sangat berpengaruh terhadap perusahaan. Hal itu, menjadikan data science dituntut kerja ekstra dan teliti.

Gaji Data Science

Mungkin banyak dari Anda penasaran akan besaran uang atau bayaran diterimanya. Tidak perlu khawatir, berikut akan disampaikan secara lengkap dan jelas di bawah ini. Dengan begitu, simak pembahasan ini sampai akhir.

Apa Itu Data Science?

Apa Itu Data Science

Sebelum berlanjut mengenai informasi besaran gaji yang di dapatkan, lebih baiknya Anda juga perlu tahu pengertian apa itu data science atau data scientist. Sehingga nantinya Anda lebih jelas dan paham.

Di mana pengertian data science sendiri adalah profesi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan.

Data tersebut biasanya berjumlah sangat besar dan banyak. Selain itu, data yang di analisa juga berupa data ter struktur maupun tidak struktur. Menjadikan seorang data science harus bekerja ekstra.

Gaji Data Science

Upah Bayaran atau Gaji Data Science

Nah, berbicara mengenai gaji yang didapatkan dari seorang yang memiliki profesi data science, ternyata cukup menggiurkan. Tidak heran jika banyak peminat saat ada lowongan posisi satu ini dalam perusahaan.

Karena rata-rata gaji data science di Indonesia per tahun bisa mencapai angka Rp 120.000.000 atau Rp 10.000.000 per bulan. Ada dalam per jamnya bisa Rp 61.538, Tentu saja angka tersebut merupakan angka yang fantastis.

Itu hanya angka rata-ratanya, sedangkan untuk bayaran data science yang sudah berpengalaman bisa tembus di angka Rp 204.000.000 per tahun, Rp 20.400.000 per bulan, Rp 680.000 per hari, atau bisa 28.333.3 per jam.

Lalu untuk bayaran data science baru atau junior tidak sebesar itu, yaitu hanya bisa mencapai angka Rp 52.500.000 tahun atau Rp 4.375.000 per bulannya. Tentu seiring berjalannya waktu, bisa semakin naik-naik.

Itu hanya gaji pokoknya, belum di tambah dengan tunjangan-tunjangan lain yang diberikan. Dengan tunjangan tersebut, jika digabungkan maka nantinya bisa lebih besar lagi uang yang diterima oleh data science.

Tugas & Tanggung Jawab Data Science

Tugas Tanggung Jawab Data Science

Selain membahas mengenai pengertian dan gaji yang didapatkan, Anda juga perlu tahu apa saja tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh data science. Berikut beberapa diantaranya:

  • Melakukan analisis data perusahaan dalam jumlah besar (big data).
  • Melakukan penelitian terkait data perusahaan yang akan digunakan sebagai metode penentuan keputusan.
  • Melakukan sebuah penelitian terkait data pada perusahaan yang digunakan sebagai metode penentuan keputusan.
  • Membuat tabel pivot dengan menggunakan software statistik.
  • Membuat dan memvisualisasikan data dalam bentuk grafik.
  • Menggunakan bantuan bahasa pemrograman untuk melakukan analisis data perusahaan yang akan dikerjakan.
  • Menyiapkan dan menyediakan infrastruktur data.

Mungkin itulah informasi dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai gaji, bayaran, upah atau uang diterima oleh seorang data science. Semoga dengan adanya informasi gaji data science di atas dapat bermanfaat.