25 Cara Jadi Agen BRILink 2021 : Syarat, Modal Awal & Keuntungan

Cara Jadi Agen BRILink – Agen BRILink yang menjadi program keagenan dari bank BRI dengan tujuan memungkinkan nasabah untuk berpartisipasi dalam melayani transaksi perbankan bagi masyarakat. Rupanya banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama nasabah BRI.

Transaksi yang bisa dilakukan di agen BRILink sendiri seperti transfer, setor tunai, tarik tunai, bayar tagihan dan beberapa transaksi lainnya. Dengan begitu, bagi nasabah yang jauh dengan kantor cabang bisa datangi agen BRILink.

Selain itu, agen BRILink saat ini juga jadi salah satu usaha yang bisa dikatakan cukup menjanjikan. Karena seorang agen bisa mendapatkan uang dari keuntungan menjadi agen terbilang besar yaitu di angka jutaan setiap bulannya.

Dengan begitu tentunya banyak orang atau bahkan itu Anda bertanya-tanya mengenai bagaimana cara untuk bisa menjadi agen BRILink. Hal itu biasanya tergiur oleh kabar yang beredar jika GAJI AGEN BRILINK menjanjikan dan besar.

Cara Jadi Agen BRILink Syarat Modal Awal Keuntungan

Jika penasaran bagaimana cara jadi agen BRILink, maka berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Dengan begitu, terus untuk simak pembahasan cara jadi agen BRI Link sampai akhir agar rasa penasaran bisa terjawabkan.

Syarat Jadi Agen BRILink

Syarat Jadi Agen BRILink

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara jadi agennya, terlebih dahulu Anda harus tahu syarat-syarat untuk bisa jadi agen. Berikut beberapa syarat umum dan syarat dokumen untuk bisa jadi agen BRILink, diantaranya seperti:

Syarat Umum

  • WNI perseorangan/instansi non berbadan hukum.
  • Memiliki usaha minimal 2 tahun.
  • Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa).
  • Belum pernah menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai lain.
  • Memiliki rekening simpanan bank BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000 (khusus EDC) dan saldo akan diblokir selama menjadi agen.
  • Memiliki smartphone android minimal OS 4.4 (Kitkat), akses internet serta printer mobile (optional) bagi agen BRILink Mobile.

Syarat Dokumen

  • Fotokopi kartu identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pemilik usaha.
  • Fotokopi dokumen legalitas usaha seperti surat keterangan usaha minimal dari RT/RW atau SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha), akta pendirian (untuk agen berbadan hukum) serta izin usaha lainnya.
  • Untuk pendiri agen individu, silakan serahkan fotokopi SK pegawai tetap/SK pensiunan.
  • Melengkapi bukti kepemilikan rekening bank BRI baik berupa buku tabungan atau rekening koran (fotokopi).
  • Mengisi formulir permohonan pengajuan jadi agen BRILink serta tanda tangan surat perjanjian kerjasama BRILink.
  • Mengajukan seluruh kelengkapan dokumen ke unit kerja bank BRI terdekat baik itu kantor cabang, kantor cabang pembantu atau atau kantor BRI unit.

Modal Awal Jadi Agen BRILink

Modal Awal Jadi Agen BRILink

Selain syarat, Anda juga perlu tahu tentang besaran modal awal yang diperlukan untuk bisa jadi agen BRILink. Tidak hanya beberapa syarat umum dan dokumen di atas, menjadi agen BRILink juga membutuhkan syarat finansial berupa modal awal.

Lalu berapa besaran modal awal untuk bisa menjadi agen BRILink? Mengenai modal awal sendiri, pihak BRI telah memberlakukan ketentuan bagi para calon agen BRILink di mana perlu menyiapkan dana sebesar Rp 3.000.000.

Modal awal inilah yang nantinya akan digunakan untuk mendapatkan mesin EDC mini ATM BRI yang nantinya akan digunakan bertransaksi. Selain modal awal, Anda juga perlu siapkan saldo yang cukup untuk bisa memenuhi permintaan pelanggan.

Tidak hanya modal saja, Anda juga perlu tahu bagaimana cara menghitung keuntungan agen BRILink. Misal jika modal awal Rp 3.000.000 dan modal saldo Rp 3.000.000 maka dana dibutuhkan sebesar Rp 6.000.000.

Jika agen ingin balik modal atas pengeluaran membeli mesin EDC, maka perlu targetkan mencapai 600 transaksi. Dengan angka keuntungan Rp 5.000 per sekali transaksi, namun tidak hanya Rp 5.000 ada yang kurang atau bahkan lebih.

Jika dikejar dalam sebulan, maka agen BRILink perlu menargetkan 20 transaksi per hari. Itu melihat rumus/keuntungan sebesar Rp 5.000 per transaksi yang di lakukan di agen BRILink.

MODAL AWAL RP 3.000.000/Rp 5.000 = 600 TRANSAKSI

Cara Jadi Agen BRILink

Cara Jadi Agen BRILink

Jika sudah memenuhi semua syarat di atas, langkah selanjutnya Anda hanya perlu tahu mengenai cara untuk bisa jadi agen BRILink. Cara jadi agen sendiri, mewajibkan Anda datang langsung ke kantor cabang Bank BRI. Lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini:

1. Datang ke Kantor

Pertama, silakan datang ke kantor cabang bank BRI terdekat dengan lokasi Anda berada.

2. Ambil & Tunggu Nomor Antrian

Setelah sampai, langsung ambil nomor antrean untuk layanan customer service dan silakan tunggu sampai nomor di panggil.

3. Temui Petugas Customer Service

Tiba, giliran dipanggil silakan temui petugas customer service lalu sampaikan maksud kedatangan yaitu ingin daftar jadi agen BRILink.

4. Serahkan Berkas Persyaratan

Langkah selanjutnya silakan serahkan berkas syarat yang diperlukan. Pastikan lengkapi semua syarat yang diminta agar proses bisa berjalan lancar.

5. Proses Verifikasi

Setelah syarat dan data semua sudah masuk pada petugas, selanjutnya data petugas akan mulai melakukan verifikasi data. Proses verifikasi ini tidak berlangsung lama, kurang lebih 10 – 15 menit setelah syarat dinyatakan lengkap.

6. Survei Lokasi

Langkah berikutnya jika semua data dinyatakan lolos verifikasi, maka petugas akan menjelaskan mengenai mekanisme maupun cara kerja layanan BRILink. Jika sudah maka juga akan lanjut ke tahap survei lokasi.

7. Tandatangan Kontrak Kerjasama

Saat lokasi sudah masuk dan memenuhi kriteria sebagai penyedia jasa BRILink, maka langkah selanjutnya Anda akan dipandu petugas mengenai penandatanganan kontrak kerjasama. Langkah inilah Anda akan dimintai modal awal sebesar Rp 3.000.000 sebagai jaminan.

8. Penerimaan Fasilitas

Kemudian langkah akhir, Anda akan menerima fasilitas dari bank BRI berupa mesin EDC serta akun untuk mengakses aplikasi BRILink. Anda akan di jelaskan lagi mengenai cara penggunaan fasilitasnya secara lengkap.

Keuntungan & Kekurangan Jadi Agen BRILink

Keuntungan Kekurangan Jadi Agen BRILink

Lalu apa keuntungan dan kekurangan saat jadi agen BRILink? Bisa dibilang ada beberapa keuntungan maupun kerugian yang didapat oleh agen BRILink nantinya. Lebih jelasnya simak untung ruginya di bawah ini.

1. Bagi Hasil

Keuntungan jadi agen BRILink pertama yaitu pihak bank BRI sendiri menjanjikan sistem bagi hasil 50:50 dengan agen BRILink. Di mana keuntungan dapat diperoleh dari setiap transaksi yang dilakukan melalui agen BRILink.

2. Adanya Asuransi Kecelakaan

Adanya asuransi kecelakaan mungkin menjadi keuntungan selanjutnya yang dapat dirasakan oleh agen BRILink nantinya. Kecelakaan di maksud sendiri seperti misalnya apabila terjadi kebakaran tempat usaha maupun kecelakaan lainnya.

Mengenai nominal asuransi diberikan sendiri nantinya akan tergantung dengan tingkat kerugian. Semisal saat kecelakaan terbilang parah, maka agen bisa diberikan dana asuransi sampai Rp 25.000.000 an.

3. Banyak Hadiah Menarik

Selain keuntungan di atas, seperti biasanya BRI akan memiliki program khusus bagi para pelaku agen BRILink, seperti misalnya THR BRILink, Panen Emas, Super Agen dan beberapa lainnya. Dari semua program yang diikuti, agen berkesempatan memperoleh hadiah menarik.

4. Membutuhkan Modal Awal

Untuk kekurangan jadi agen BRILink yaitu Anda akan membutuhkan modal awal sebesar Rp 3.000.000. Nantinya modal awal tersebut digunakan sebagai jaminan selama jadi agen BRILink dan hanya bisa diambil saat Anda sudah tidak terdaftar sebagai agen.

5. Tuntutan Target

Kekurangan selanjutnya berupa tuntutan pencapaian target saat jadi agen. Di mana nantinya agen BRILink akan diberi target minimal transaksi dalam kurun waktu satu bulan, jika target tidak terpenuhi maka keuntungan diperoleh tidak maksimal.

Resiko Jadi Agen BRILink

Resiko Jadi Agen BRILink

Selain syarat, cara, untung dan ruginya jadi agen BRILink di atas. Anda juga perlu tahu mengenai apa saja resiko apa yang didapat nantinya saat menjadi agen BRILink. Adapun risiko itu sendiri seperti misalnya:

  • Adanya denda penalti.
  • Gagal dalam melakukan transaksi.
  • Banyaknya komplain dari nasabah.
  • Fee didapat terbilang rendah.
  • Rugi seperti misalnya mendapat uang palsu, rusak dan lainnya.

Kiranya itu saja dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai syarat dan cara jadi agen BRILink. Semoga dengan adanya cara menjadi agen di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan, terutama bagi Anda yang berminat jadi agen BRILink.