2 Cara Daftar KOKAM Offline & Online Termudah 2021

Cara Daftar KOKAM – KOKAM? Mungkin sudah banyak orang yang telah mengetahuinya, tidak terkecuali itu adalah Anda. Namun ada juga dari sebagian orang yang belum mengetahui apa itu KOKAM.

Di mana banyak orang mengira jika KOKAM yang berseragam lorek ini merupakan salah satu pasukan khusus. Ternyata itu salah, di mana KOKAM merupakan bidang program dari gerakan Muhammadiyah.

Nah pada pembahasan kali ini sendiri pilihprofesi.com akan menyampaikan informasi seputar KOKAM. Yang mana akan dibahas yaitu mengenai cara daftar menjadi anggota KOKAM.

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang bertanya mengenai cara daftar tersebut, apalagi jika Anda memiliki niatan menjadi anggota KOKAM. Nah untuk lebih jelasnya, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini.

Cara Daftar KOKAM

Apa Itu KOKAM

KOKAM sendiri ialah singkatan dari Kesigapan Angkatan Muda Muhammadiyah. Di mana KOKAM itu merupakan salah satu bidang program kerja organisasi otonom dari Muhammadiyah.

Syarat Daftar KOKAM

Syarat Daftar KOKAM

Saat Anda ingin daftar jadi anggota KOKAM, maka Anda perlu mengetahui syaratnya. Di mana syarat tersebut bisa dikatakan cukup mudah untuk di lengkapi, berikut beberapa syarat itu sendiri:

  • Warga Negara Indonesia/anggota Muhammadiyah.
  • Beragama Islam.
  • Sehat Jasmani & Rohani. Dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter/puskesmas.
  • Usia minimal 17 tahun, maksimal 35 tahun.
  • Penuh semangat serta memiliki kerja keras.
  • Legowo, bukan pendendam serta harus memiliki sifat menerima kritik dari orang lain.
  • Jujur, rajin ibadah, dan lainnya.

Cara Daftar KOKAM

Cara Mendaftar Jadi KOKAM

Untuk pendaftaran menjadi anggota KOKAM itu sendiri ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Seperti dapat mendaftar dengan cara offline maupun cara offline, semua cara daftar tersebut terbilang cukup mudah.

1. Daftar Offline

Untuk pendaftaran offline sendiri nantinya Anda hanya perlu datang ke kantor ranting Muhammadiyah di daerah tempat tinggal Anda. Mungkin saat ini kantor ranting Muhammadiyah sudah dapat dengan mudah untuk ditemukan.

  • Pertama siapkan terlebih dahulu syarat-syarat diperlukan.
  • Setelah semuanya terpenuhi maka Anda hanya perlu datang ke kantor ranting Muhammadiyah yang ada di kota Anda.
  • Langsung saja temui ketua ranting dan sampaikan maksud kedatangannya yaitu ingin daftar jadi anggota KOKAM.
  • Nantinya akan diberikan arahan yang harus dilakukan jika sudah menjadi anggota.

2. Daftar Online

Sedangkan cara kedua yaitu mengenai cara daftar jadi anggota secara online, mungkin cara ini bisa dikatakan sangat simpel atau mudah. Di mana bagi calon anggota KOKAM hanya perlu mengirimkan sebuah pesan pendaftaran secara online lewat WhatsApp.

Pendaftaran secara online ini sudah dilakukan di Cileungsi, Bogor. Para calon anggota hanya perlu mengirimkan pesan saja kepada pengurus atau ketua KOKAM ranting sekitar saat pendaftarannya.

Tidak hanya di Cileungsi saja, melainkan beberapa daerah di Indonesia juga cukup banyak yang sudah membuka pendaftaran online Anggota KOKAM-nya. Yang jelas perlu memenuhi syarat dan patuh pada aturan setelah menjadi anggota nantinya.

Namun bicara menjadi anggota KOKAM sendiri bisa dikatakan harus sabar dan memiliki jiwa ikhlas untuk membantu sesama yang tinggi. Karena pada dasarnya anggota KOKAM tidak di GAJI atau tidak menerima bayaran dari siapapun.

Kendati demikian, menjadikan KOKAM menjadi salah satu salah satu peranan jasa atau kelompok persatuan yang sangat menjunjung nilai kemanusian. Seperti Anda ketahui sendiri jika tugas seorang anggota KOKAM cukup sibuk.

Mungkin itulah informasi yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai cara daftar jadi anggota KOKAM termudah baik secara offline maupun online. Semoga bermanfaat bagi semua.