√ Gaji KOKAM Terlengkap 2021 : Fungsi, Tugas dan Syarat

Gaji KOKAM – Komando Kesigapan Angkatan Muda Muhammadiyah atau kepanjangan dari KOKAM, mungkin sudah banyak dari anda yang mengetahuinya. Walaupun itu hanya sekilas ataupun pernah mendengarnya saja.

KOKAM sendiri merupakan bidang program kerja organisasi otonom dari Muhammadiyah yang anggotanya para pemuda-pemuda yang siap berkorban. Nantinya anggota-anggota tersebut berseragam dan nampak gagah saat sedang menjalankan tugasnya.

Terbalutnya dengan seragam tersebut, terkadang terbelit pertanyaan seputar berapa gaji yang didapatkan seorang anggota KOKAM? Nah jika penasaran akan hal itu, pilihprofesi.com akan sampaikan informasi secara lengkap pada pembahasan kali ini.

Memang seorang KOKAM memiliki tugas yang berat, terkadang panas hujan tetap dilakukan demi menjaga sebuah keamanan acara yang sedang dijalankan. Dengan begitu bayaran dan gaji tentunya akan sepadan dengan apa yang telah diberikan tersebut.

Gaji KOKAM Terlengkap Beserta Fungsi, Tugas dan Syarat Menjadi KOKAM

Gaji Kokam Terlengkap Beserta Fungsi Tugas dan Syarat Menjadi Kokam

Lantas berapa gaji KOKAM itu sendiri? Jika penasaran akan hal tersebut, berikut akan disampaikan secara jelas dibawah ini. Jadi terus simak pembahasan kali ini sampai akhir.

Gaji KOKAM

Gaji Kokam

Kadang banyak pertanyaan yang muncul mengenai berapa si besaran gaji menjadi anggota KOKAM? Jelas pastinya ada dari anda yang penasaran akan hal gaji yang didapatkan tersebut. Apalagi jika pernah mendengar pertanyaan seperti itu dari seseorang.

Sebenarnya menjadi anggota KOKAM bisa dikatakan tidak diberi gaji atau sama seperti GAJI BANSER. Semua dilakukan dengan rasa ikhlas dan kepedulian terhadap sesama umat, kadang juga banyak anggota KOKAM yang ditanya gaji justru menjawab “Tidak digaji. Gajinya, biar Allah SWT yang memberikan”.

Ucapan tersebut sering terlontar oleh para anggota KOKAM yang ditanya oleh orang yang ingin mengetahui besaran gajinya. Biasanya pertanyaan tersebut dilontarkan kepada anggota KOKAM yang sedang bertugas atau mengamankan jalannya acara kemuhammadiyahan. Hal tersebut menjadikan jika seorang KOKAM tidak mendapatkan bayaran saat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Fungsi dan Tugas KOKAM

Fungsi dan Tugas Kokam

Nah setelah mengetahui mengenai gaji apa yang didapatnya. Berikutnya anda juga pastinya banyak bertanya mengenai fungsi dan tugas dari KOKAM itu sendiri apa. Pastinya dari anda sudah banyak yang tahu mengenai fungsi dan tugasnya, namun ada juga yang belum. Untuk yang belum berikut merupakan fungsi dan tugasnya.

Untuk fungsinya sendiri ada tiga hal, seperti merawat ukhuwah islamiyah, mengawal serta menjaga NKRI & Pancasila, beserta menggembirakan kemanusiaan. Saat mengawal dan menjaga NKRI dan Pancasila termasuk di dalamnya ialah Muhammadiyah, karena  Muhammadiyah merupakan aset penting NKRI.

Sedangkan untuk tugas anggota KOKAM tentu banyak sudah yang mengetahuinya. Dan berikut beberapa tugas dari anggota KOKAM:

  • Mengamankan sebuah acara kemuhammadiyahan yang sedang berlangsung.
  • Membantu memberikan bantuan kepada orang (masyarakat) membutuhkan, seperti saat terjadi bencana alam.
  • dan lain sebagainya.

Syarat Menjadi Anggota KOKAM

Syarat Menjadi Anggota Kokam

Jika anda memiliki niat untuk menjadi seorang anggota KOKAM, maka anda perlu mengetahui beberapa persyaratan yang diperlukannya. Dan berikut beberapa syarat menjadi anggota KOKAM:

  • WNI (anggota Muhammadiyah)
  • Sehat jasmani & rohani
  • Minimal berusia 17 tahun.
  • Beragama Islam.
  • Penuh semangat dan tidak lemas.
  • Memili sikap rendah hati, sabar, jujur dan suka menolong.
  • Rajin ibadah,
  • dan beberapa lainnya.

Demikianlah informasi yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai gaji anggota KOKAM beserta fungsi, Tugas dan syarat menjadi KOKAM. Semoga pembahasan gaji KOKAM bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.