Polisi Adat Bali atau Pecalang 2020 : Tugas & Hak

Polisi Adat Bali – Menjadi salah satu pulau atau daerah yang ada di Indonesia yang terkenal dengan tempat wisatanya yang eksotik. Bali selalu memberikan keindahan alam yang sangat menakjubkan kepada siapa saja yang datang.

Tidak hanya tempat wisata yang terkenal sudah mendunia, di Bali juga terkenal akan masih banyaknya masyarakat yang menjunjung nilai-nilai tradisionalnya. Mungkin itu lah salah satu mengapa Bali menjadi salah satu tempat destinasi terbaik.

Salah satunya yaitu dengan masih adanya polisi adat Bali atau biasa disebut dengan pecalang yang dari sejak dahulu ada sampai sekarang. Pastinya banyak yang bertanya-tanya mengenai apa itu polisi adat atau pecalang tersebut.

Pecalang atau polisi tersebut bisa dikatakan seperti halnya dengan polisi atau satpam dimana bertugas menjaga keamanan dan ketertiban. Hanya saja nantinya polisi ini akan menjaga atau pun mengawasi kelancaran saat warga masyarakat saat sedang melakukan acara adat.

Tugas & Hak dari Polisi Adat Bali atau Pecalang Terbaru

Polisi Adat Bali

Seorang polisi adat ini nantinya akan di pilih oleh masyarakat setempat sehingga tidak dibutuhkan seleksi khusus. Walaupun demikian polisi adat atau pecalang tersebut nantinya akan mengikuti atau mendapatkan pelatihan.

Nantinya polisi adat ini berbeda dengan polisi pada umumnya yang berseragam rapi dengan memiliki tubuh yang tinggi besar. Pecalang ini nantinya akan berseragam pakaian adat khas daerah Bali dengan udeng/iket kepala, balutan rompi dan bawahan kain kotak-kotak.

Lalu apa saja tugas dan hak dari polisi adat/pecalang ini? Berikut akan disampaikan secara jelas mengenai tugas dan hak yang didapat oleh seorang polisi adat bali tersebut.

Tugas Polisi Adat Bali

Tugas Polisi Adat Bali

Tugas seorang polisi adat/pecalang tersebut ialah sebagai petugas keamanan saat adanya upacara adat yang di lakukan oleh warga masyarakat Bali. Walaupun hanya sebagai keamanan saja namun tugas polisi adat ini bisa dikatakan cukup berat bila dibandingkan dengan petugas keamanan resmi dari pemerintah seperti POLISI atau hansip. Ini dia alasan utama mengapa polisi adat/pecalang memiliki tugas yang berat:

  • Ruang Lingkup Kerja Luas

Ruang lingkup kerja yang bisa dikatakan luas, karena seorang pecalang yang berkaitan erat dengan status desa adat atau pakraman di Bali. Seorang polisi adat perlu menerapkan dan mengikuti aturan yang telah ditentukan berdasarkan adat pada wilayah desa adat atau pakramannya.

Terlagi tugas tersebut menjadi berat karena terkadang aturan adat tersebut tidak memiliki standar yang jelas. Dimana bisa setiap desa memiliki perbedaan satu sama lain, sehingga seorang pecalang/polisi adat perlu mengetahui ketentuan dan tugas setiap masing-masing di wilayah desa.

  • Tidak Adanya Sanksi Terhadap Pelanggar

Nantinya seorang polisi adat tidak akan menemukan aturan tertulis mengenai sanksi yang didapat oleh warga masyarakat yang melanggar aturan. Dengan tidak adanya sanksi tersebut, tidak heran jika jumlah pelanggar aturan adat masih terbilang cukup tinggi.

  • Polisi Adat Tidak Digaji

Nah ini merupakan alasan yang cukup berat saat menjadi seorang polisi adat/pecalang di Bali yaitu tidak diberikan gaji atau bayaran. Dimana tradisi masyarakat menjadi polisi adat ialah salah satu bagian dari kebiasaan maupun tradisi turun temurun yang disebut ngayah.

Hak Polisi Adat Bali

Hak Polisi Adat Bali

Walaupun seorang polisi adat memiliki tugas yang berat dan tanggung jawab super ekstra dalam menjaga keamanan saat adanya upacara adat. Seorang polisi adat juga mendapatkan beberapa hak dimana bisa menjadi salah satu keuntungannya. Berikut beberapa hak dari seorang polisi adat Bali:

  1. Diperbolehkan tidak mengikuti kegiatan seperti gotong royong.
  2. Polisi adat tidak perlu membayar iuran rutin yang dibayarkan ke banjar.
  3. Memiliki atribut berbeda dengan warga masyarakat biasa dengan ciri khas.
  4. Polisi adat tersebut punya hak untuk memperoleh hasil dari denda uang yang berasal dari para pelanggar aturan adat tersebut.

Demikianlah informasi mengenai apa itu yang di sebut polisi adat/pecalang yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semuanya. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat berguna, bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda yang belum tahu secara jelas apa itu polisi adat Bali.