Urutan Pangkat Polisi Dari Tertinggi Sampai Terendah

Advertisements

Urutan Pangkat Polisi – Polri atau Kepolisian Republik Indonesia merupakan sebuah institusi negara dimana memiliki tugas untuk mengayomi dan juga siap melayani masyarakat yang membutuhkan.

Apakah anda sudah mengetahui urutan pangkat yang ada di kepolisian di Indonesia ini?. Sejatinya terdapat 22 pangkat yang berbeda satu sama lain di tingkat kepolisian tersebut.

Terkadang pangkat-pangkat dan juga lambang yang dimiliki tersebut masih membingungkan beberapa orang. Nah tenang saja akan pilihprofesi sampaikan mengenai urutan pangkat polisi dibawah ini.

Advertisements

Untuk ke 22 pangkat yang ada tersebut memiliki sebuah perbedaan baik dari tugas atau pertanggungjawabannya. semakin tinggi pangkat yang ada pastinya memiliki pertanggungjawaban dan tugas semakin besar.

Daftar Urutan Pangkat Polisi Terlengkap

Urutan Pangkat Polisi

Advertisements

Sama seperti beberapa profesi yang lainnya, polisi juga memiliki pangkat dan juga jabatan berbeda. Penasaran mengenai pangkat di kepolisian, berikut akan disampaikan dibawah ini dari pangkat tertinggi sampai terendahnya.

Pangkat Polisi Perwira Tinggi

Pangkat Polisi Perwira Tinggi menjadi jabatan tertinggi yang ada. Berikut jabatan atau pangkat penting di golongan Polisi Perwira Tinggi:

1. Jendral Polisi

Jendral Polisi

Dalam kepolisian pangkat tertinggi yaitu di pegang oleh Jendral Polisi. Berlambang sebuah bintang 4 (empat) berwarna emas, saat ini pangkat tertinggi di kepolisian di duduki oleh Jendral Tito Karnavian.

2. Komisaris Jendral Polisi – Komjenpol

Komisaris Jendral Polisi – Komjenpol

Pangkat kedua di kepolisian yaitu Komisaris Jendral Polisi atau biasa di singkat Komjenpol. Untuk lambangnya sendiri pangkat ini berlambang sebuah bintang 3 (tiga) berwarna emas. Untuk Komisaris Jendral Polisi sendiri bisa dikatakan memiliki sebuah pangkat setara dengan Letnan Jendral di TNI.

3. Inspektur Jendral Polisi – Irjenpol

Inspektur Jendral Polisi – Irjenpol

Pangkat ketiga di kepolisian yaitu Irjen Jendral Polisi atau bisa di singkat dengan Irjenpol. Untuk lambangnya sendiri pangkat ini berlambang sebuah bintang 2 (dua) berwarna emas. Inspektur Jendral Polisi sendiri bisa dikatakan memiliki sebuah pangkat setara dengan Mayor Jendral di TNI.

4. Brigadir Jendral Polisi – Brigjenpol

Brigadir Jendral Polisi – Brigjenpol

Pangkat keempat di kepolisian yaitu Brigadir Jendral Polisi atau bisa di singkat dengan Brigjenpol. Untuk lambangnya sendiri pangkat ini berlambang sebuah bintang 1 (satu) berwarna emas. Biasanya pangkat ini memimpin sebuah polda tipe B atau biro.

Pangkat Polisi Perwira Menengah

Pangkat Perwira Menengah menjadi golongan pangkat selanjutnya setelah pangkat Perwira Tinggi. Ini dia beberapa pangkat di golongan jabatan Perwira Menengah:

5. Komisaris Besar Polisi – Kombespol

Komisaris Besar Polisi – Kombespol

Komisaris Besar Polisi atau biasa di singkat kombespol merupakan pangkat tertinggi di tingkat pewira menengah atau tertinggi kelima di kepolisian. Untuk lambang pangkat kombespol adalah 3 bunga bersudut 5 atau bunga melati 3, biasanya kombes memegang jabatan wakapolda atau kapolrestabes.

6. Ajun Komisi Besar Polisi – AKBP

Ajun Komisi Besar Polisi – AKBP

Pangkat ke dua di tingkat perwira menengah yaitu Ajun Komisi Besar Polisi atau biasa di singkat AKBP. Untuk lambang pangkat AKBP adalah 2 bunga bersudut 5 atau bunga melati 2, biasanya AKPB memegang jabatan kepolisian resor atau polres.

7. Komisaris Polisi – Kompol

Komisaris Polisi – Kompol

Pangkat selanjutnya di tingkat perwira menengah yaitu komisaris polisi atau biasa di singkat kompol. Untuk lambang pangkat AKBP adalah 1 bunga bersudut 5 atau 1 bunga melati, biasanya AKPB memegang jabatan kepolisian resor kota atau kapolresta.

Pangkat Polisi Perwira Pertama

Pangkat Perwira Pertama tergolong jabatan selanjutnya dalam struktur kepolisian setelah Perwira Menengah. Berikut pangkat yang ada:

8. Ajun Komisaris Polisi – AKP

Ajun Komisaris Polisi – AKP

Pangkat polisi tertinggi di perwira pertama yaitu Ajun Komisaris Polisi atau biasa disingkat AKP. Untuk lambang atau tandanya sendiri berupa gambar 3 balok berwarna emas.

9. Inspektur Polisi Satu – Iptu

Inspektur Polisi Satu – Iptu

Pangkat polisi tertinggi kedua di perwira pertama yaitu Inspektur Polisi Satu atau biasa di singkat Iptu. Untuk lambang atau tandanya sendiri berupa gambar 2 balok berwarna emas.

10. Inspektur Polisi Dua – Ipda

Inspektur Polisi Dua – Ipda

Pangkat polisi selanjutnya di perwira pertama yaitu Inspektur Polisi Dua atau biasa di singkat Ipda. Lambang atau tandanya sendiri berupa gambar 1 balok berwarna emas. Untuk bisa naik pangkat dari Ipda ke Iptu sendiri perlu membutuhkan waktu minimal 3 tahun.

Pangkat Polisi Bintara Tinggi

Bintara Tinggi sendiri di kepolisian memiliki tingkatan satu tingkat di atas Bintara dan di bawah Perwira Pertama. Berikut tingkatan pangkat yang ada:

11. Ajun Inspektur Polisi Satu – Aiptu

Ajun Inspektur Polisi satu – Aiptu

Pangkat polisi tertinggi di bintara tinggi yaitu Ajun Inspektur Polisi Satu atau biasa di singkat Aiptu. Untuk lambang atau tandanya sendiri berupa 2 buah segitiga bersambung atau mirip huruf M yang memiliki warna perak. Pangkat ini bisa dikatakan setara dengan Peltu atau pembantu letnan satu di TNI.

12. Ajun Inspektur Polisi Dua – Aipda

Ajun Inspektur Polisi Dua – Aipda

Pangkat polisi selanjutnya di bintara tinggi yaitu Ajun Inspektur Polisi dua atau biasa di singkat Aipda. Untuk lambang atau tandanya sendiri berupa 1 buah segitiga bersambung atau mirip huruf M yang memiliki warna perak.

Pangkat Polisi Bintara

Bintara Polisi merupakan pangkat kepolisian terdepan di bidang pelayanan untuk terhadap masyarakat. Berikut tingkatan pangkat yang ada:

13. Brigadir Polisi Kepala – Bripka

Brigadir Polisi Kepala – Bripka

Pangkat tertinggi di Polisi Bintara yaitu Brigadir Polisi Kepala atau biasa disingkat Bripka dimana akan membawahi Bripol, Briptu dan Brigda. Untuk lambang atau tanda pangkat Bripka sendiri berupa 4 segitiga bersususun dengan warna perak.

14. Brigadir Polisi – Brigpol

Brigadir Polisi – Brigpol

Pangkat selanjutnya di Polisi Bintara yaitu Brigadir Polisi atau biasa disingkat Brigpol. Untuk lambang atau tanda pangkat Brigpol sendiri berupa 3 segitiga bersususun dengan warna perak.

15. Brigadir Polisi Satu – Briptu

Brigadir Polisi Satu – Briptu

Pangkat selanjutnya di Polisi Bintara yaitu Brigadir Polisi Satu atau biasa disingkat Briptu. Untuk lambang atau tanda pangkat Briptu sendiri berupa 2 segitiga bersususun dengan warna perak.

16. Brigadir Polisi Dua – Bripda

Brigadir Polisi Dua – Bripda

Pangkat terendah di Polisi Bintara yaitu Brigadir Polisi Dua atau biasa disingkat Bripda. Untuk lambang atau tanda pangkat Brigpol sendiri berupa 1 segitiga bersususun dengan warna perak. Bripda sendiri memiliki posisi setara dengan Sersan Dua di dalam kemiliteran.

Pangkat Polisi Tamtama

Tamtama merupakan polisi yang memiliki tugas tertentu dalam kepolisian. Pangkat Tamtama yaitu golongan pangkat di kepolisian yang terendah, berikut pangkat yang ada:

17. Ajun Brigadir Polisi – Abripol

Ajun Brigadir Polisi – Abripol

Pangkat tertinggi di Polisi Tamtama yaitu Ajun Brigadir Polisi atau biasa disingkat Abripol. Untuk lambang atau tanda pangkat Abripol sendiri berupa 3 segitiga bersususun (huruf V terbalik) berwarna merah.

18. Ajun Brigadir Kepala Satu – Abriptu

Ajun Brigadir Kepala Satu – Abriptu

Pangkat selanjutnya di Polisi Tamtama yaitu Ajun Brigadir Polisi Satu atau biasa disingkat Abriptu. Untuk lambang atau tanda pangkat Abriptu sendiri berupa 2 segitiga bersususun (huruf V terbalik) berwarna merah.

19. Ajun Brigadir Polisi Dua – Abripda

Ajun Brigadir Polisi Dua – Abripda

Pangkat selanjutnya di Polisi Tamtama yaitu Ajun Brigadir Polisi Dua atau biasa disingkat Abripda. Untuk lambang atau tanda pangkat Abripda sendiri berupa 1 segitiga bersususun (huruf V terbalik) berwarna merah.

20. Bhayangkara Kepala – Bharaka

Bhayangkara Kepala – Bharaka

Pangkat selanjutnya di Polisi Tamtama yaitu Bhayangkara Kepala atau biasa di singkat Bharaka. Untuk lambang atau tanda pangkat Bharaka sendiri berupa 3 garis miring bersususun berwarna merah.

21. Bhayangkara Satu – Bharatu

Bhayangkara Satu – Bharatu

Pangkat selanjutnya di Polisi Tamtama yaitu Bhayangkara Satu atau biasa disingkat Bharatu. Untuk lambang atau tanda pangkat Bharatu sendiri berupa 2 garis miring bersususun berwarna merah.

22. Bhayangkara Dua – Bharada

Bhayangkara Dua – Bharada

Pangkat selanjutnya di Polisi Tamtama yaitu Bhayangkara Dua atau biasa disingkat Bharada. Untuk lambang atau tanda pangkat Bharada sendiri berupa 1 garis miring bersususun berwarna merah. Untuk Bharada sendiri memiliki tugas sebagai pendamai penyebab konflik agama, antar suku yang terjadi di masyarakat.

Nah itu lah urutan pangkat polisi yang ada di Indonesia dari tertinggi sampai terendah yang bisa pilihprofesi.com sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semua yang membutuhkan.

Advertisements