√ 11 Tugas Pramuniaga Indomaret 2021 : Pengertian & Syarat

Tugas Pramuniaga Indomaret – Siapa tidak kenal minimarket Indomaret? Tentu saja hampir kebanyakan masyarakat Indonesia mengetahui atau bahkan sudah pernah berbelanja di minimarket ini.

Hal itu karena Indomaret menjadi salah satu minimarket yang sudah tersebar di seluruh penjuru daerah tanah air. Bahkan, mungkin lokasi rumah Anda dengan Indomaret memiliki jarak cukup dekat.

Namun pada pembahasan kali ini sendiri bukan akan membahas mengenai gaji atau bayaran. Karena GAJI KARYAWAN INDOMARET sudah pernah disampaikan dan di bahas di pembahasan sebelumnya.

Di mana yang akan di bahas sendiri yaitu berupa tugas dari seorang karyawan di toko atau minimarket Indomaret. Yaitu tugas dari seorang yang menduduki posisi sebagai pramuniaga.

Tugas Pramuniaga Indomaret Pengertian Syarat

Lalu apa saja tugas-tugasnya? Jika penasaran akan hal itu, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi terus simak ulasan atau pembahasan ini sampai akhir.

Apa Itu Pramuniaga?

Apa Itu Pramuniaga

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai apa saja tugas dan tanggungjawab seorang pramuniaga. Alangkah baiknya Anda harus tahu pengertian dari apa itu pramuniaga.

Di mana pramuniaga adalah karyawan perusahaan dagang yang bertugas melayani konsumen. Selain itu, pramuniaga juga banyak disebut dengan pelayan toko.

Mungkin bagi Anda yang sering berbelanja di supermarket atau minimarket, sudah tidak asing lagi dengan profesi satu ini. Karena pramuniaga siap siaga untuk membantu para pelanggan atas keperluan barang apa sedang dicarinya.

Tugas Pramuniaga Indomaret

Tugas Pramuniaga Indomaret

Setelah tahu akan pengertian dari pramuniaga, berikut ke pembahasan mengenai tugas dari seorang pramuniaga di Indomaret. Ada beberapa tugas dan kewajiban yang musti harus dijalankan, seperti

1. Melayani Kebutuhan Pelanggan

Tugas seorang pramuniaga di minimarket yang sudah tidak asing lagi di Indonesia ini yaitu melayani kebutuhan para pelanggan atau pembeli yang datang.

Baik itu menunjukkan barang dicari oleh pelanggan maupun menjawab semua pertanyaan pelanggan yang membutuhkan bantuan. Dengan begitu, tentu saja pramuniaga Indomaret harus tahu tata letak barang dimaksud.

2. Responsive pada Pembeli

Masih berkesinambungan dengan tugas pertama, pramuniaga juga harus memiliki sikap responsive baik terhadap para konsumen atau pembeli datang maupun berkunjung.

Hal ini menuntut pramuniaga Indomaret harus memiliki sikap sopan, ramah dan jiwa pemurah. Sehingga nantinya pelanggan akan semakin terpuaskan atas apa yang telah tawarkan.

3. Bertanggung Jawab Atas Tata Letak Barang

Selain melayani, tugas selanjutnya dari seorang pramuniaga yaitu bertanggung jawab penuh atas mengatur tata letak dari barang-barang di mana diperjualbelikan.

Tidak hanya itu, barang terpanjang juga wajib atau harus rapi. Sehingga pelanggan, pembeli atau pengunjung di mana mencari barang dimaksud bisa menemukan barang diinginkan cepat dan mudah.

4. Update Harga

Tugas seorang pramuniaga juga harus senantiasa mengetahui harga dari sebuah barang yang diperjual belikan. Hal itu membuat seorang pramuniaga harus senantiasa update seputar harganya.

Jadi pramuniaga Indomaret juga akan bertugas memperhatikan, mengamati dan mengganti harga dari produk dijual sesuai dengan ketentuannya dari pihak Indomaretnya.

5. Menyortir Barang

Tidak hanya tugas di atas saja, pramuniaga juga menjalankan tugas berupa penyortiran barang yang dianggap sudah kadaluarsa atau mendekatinya.

Seperti misalnya masih mendekati kadaluarsa, maka bisa menyortirnya di keranjang atau rak diskon agar cepat terjual. Sedangkan untuk produk makanan sudah kadaluarsa maka tidak boleh di pajang.

6. Buka Tutup Toko

Tentu saja pramuniaga Indomaret harus siap buka tutup toko. Seperti misalnya saat sift pagi maka harus siap membuka toko, sedangkan sift sore/malam harus menutup toko.

Dengan begitu, pramuniaga harus senantiasa wajib untuk mematuhi jam kerja kantor. Jangan ada yang menyalahi, agar kelancaran dari toko akan berjalan sesuai harapan.

7. Menjaga Kebersihan

Di maksudkan menjaga kebersihan yaitu seorang pramuniaga Indomaret bertugas menjaga kebersihan area toko, baik itu ruangan maupun barang diperjualbelikan atau di pajang di rak.

Jika membersihkan ruangan, bisa saja seperti menyapu dan mengepel area ruangan kotor. Tidak hanya kotor saja sebenarnya, melainkan semua ruangan toko Indomaret.

8. Menjalankan Stock Opname (SO)

Selain beberapa tugas di atas, pramuniaga juga bertugas untuk bisa menjalankan SO. Di mana SO sendiri adalah menyamakan antara stok barang yang ada di komputer dan bentuk fisiknya.

Untuk SO sendiri bisa dilakukan tergantung dengan barangnya, ada yang harian atau bisa juga mingguan. Dengan begitu, pramuniaga Indomaret harus benar memiliki kemampuan ekstra.

9. Mengemas Produk

Mengemas produk di sini berupa, produk-produk yang mengharuskan dijual dengan ukuran lebih kecil. Tidak hanya itu saja pengemasan hadiah juga dilakukan oleh seorang pramuniaga.

Seperti misalnya hadiah atau diskon yang bertuliskan beli 3 gratis 1. Atau bisa juga produk lain yang memberikan banded hadiah khusus di mana biasanya menempelkan produk hadiah.

10. Paham Informasi Promo

Selain beberapa tugas di atas, seorang pramuniaga Indomaret juga dituntut untuk bisa paham akan informasi promo atas barang yang dijual. Itu karena kebanyakan pembeli, pelanggan, atau konsumen akan menanyakan tentang promo.

Sehingga pramuniaga harus benar-benar paham akan promo telah diberikan. Jangan sampai salah memberikan informasi promo, sehingga nantinya tidak merugikan toko, konsumen dan pramuniaga sendiri.

11. Mencapai Target

Tentu saja pramuniaga Indomaret juga memiliki tuntutan berupa pemasaran produk yang diperjualbelikan. Hal itu bertujuan agar nantinya biasa tembus target toko bulanan.

Dengan begitu, nantinya seorang pramuniaga dapat mendapatkan bonus jika sampai mencapai target. Hal ini, tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi si pramuniaga.

Syarat Umum Jadi Pramuniaga Indomaret

Syarat Umum Jadi Pramuniaga Indomaret

Selain mengetahui pengertian dan tugas seorang pramuniaga Indomaret. Bagi Anda yang berniatan untuk daftar menjadi seorang pramuniaga di minimarket ternama di Indonesia ini, maka harus tau syarat apa saja yang diperlukan.

Ada beberapa syarat umum untuk bisa masuk dan bekerja menjadi seorang pegawai Indomaret. Dan inilah beberapa syarat umum untuk daftar jadi pramuniaga di Indomaret:

  • Pria/wanita.
  • Belum menikah.
  • Usia 18 – 25 tahun.
  • Tinggi badan pria min 165 & wanita 155.
  • Pendidikan SMA/SMK/Sederajat.
  • Memiliki penampilan menarik.
  • Ramah & murah senyum.
  • Sedia bekerja Shif.

Mungkin seperti itulah informasi dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai tugas-tugas dari seorang pramuniaga Indomaret. Semoga dengan adanya informasi tugas pramuniaga di atas dapat bermanfaat.