5 Job Desk Kasir Minimarket Terbaru 2020

Job Desk Kasir – Kasir atau menurut kamus besar bahasa Indonesia merupakan seorang pemegang kas (uang) atau bisa juga di sebut dengan orang yang bertugas menerima dan membayarkan uang. Nah biasanya anda ketika berbelanja di minimarket atu supermarket akan menemukan kata Kasir dan Kassa.

Dalam hal ini anda jangan salah ya karena Kasir dan Kasa merupakan hal yang berbeda, jika Kasir adalah orang yang menjalankan tugasnya, sedangkan kassa merupakan tempat pembayaran. Profesi seorang kasir memang sangat di butuhkan dalam bidang retail atau minimarket untuk melakukan transaksi keuangan.

Kasir bertugas untuk menerima uang pembayaran pada saat pembelian produk barang ataupun jasa, kemudian melakukan pengembalian uang sisa pembayaran yang sedang berlangsung kepada konsumen, selain itu kasir juga bertugas untuk menyerahkan produk atau barang yang telah di beli.

Salah satu minimarket paling terkenal di Indonesia adalah Alfamart dan Indomaret, anda bisa menjumpai kedua minimarket tersebut yang telah tersebar di seluruh Indonesia dengan mudah. Bagi anda yang penasaran berapa gaji karyawan Indomaret bisa membaca artikel kami sebelumnya.

Job Desk Kasir Minimarket Terbaru dan Terlengkap

Job Desk Kasir Minimarket Terbaru dan Terlengkap

 

Selayaknya pekerja lainnya seorang  kasir memang memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus di laksanakan oleh seorang kasir. Untuk itu, kami akan membahas lebih lengkapnya mengenai tugas dan tanggung jawab yang di lakukan seseorang telah terpilih menjadi kasir baik minimarket atau supermarket. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Job Desk Seorang Kasir Minimarket

Job Desk Seorang Kasir Minimarket

1. Menjalankan Proses Penjualan dan Penerimaan Pembayaran 

Kasir bisa di bilang sebagai ujung tombak minimarket atau supermarket tentunya sebagai orang yang berhubungan langsung dengan konsumen yang akan membayar produk atau barang. Kasir di wajibkan untuk memiliki sikap yang sopan, santun dan ramah kepada konsumen. Kasir juga harus menarik dan berpakaian rapih sesuai dengan SOP kasir. Selain itu, kasir di tuntut untuk teliti pada setiap kali melakukan transaksi pembayaran.

2. Melakukan Pencatatan Setiap Transaksi

Setiap transaksi yang di lakukan, seorang kasir wajib mencatatnya dengan teliti tanpa ada yang terlewat. Penulisan angka juga harus jelas agar bisa di mengerti oleh konsumen karena jika sampai salah mencatat dapat berakibat fatal. Namun saat ini kasir tidak perlu kawatir karena semua barang sudah di masukan kedalam aplikasi penjualan sehingga lebih memudahan kasir tanpa harus mencatatnya.

3. Membantu Konsumen Dalam Memberikan Informasi Tentang Suatu Produk

Biasanya ada konsumen yang masih bingung mengenai suatu poduk yang akan di belinya. Nah disini kasir berperan membantu memberi informasi produk tersebut dan juga harganya. Kasir juga berperan untuk memberikan informasi tentang tanggal kadarluasa produk.

4. Melayani Transaksi dan Packing Barang Konsumen

Saat kasir melakukan proses pencatatan atau menscan barang ke komputer, kasir bisa mengajak konsumen berkomunikasi atau menawarkan produk lainnya untuk di beli oleh konsumen. Jangan lupa ketika harga barang sudah di input kasir harus memasukannya ke dalam kantong belanjaan. Kasir juga harus memisah antara produk makanan, baju, sampai dengan produk seperti sabun dan lainnya.

5. Melakukan Pengecekan Sebelum di Berikan Kepada Pelanggan

Setelah kasir selesai memasukan harga ke komputer dan memberi tahu jumlah belanjaan kepada konsumen. Kasir perlu cek kembali barang atau produk yang sudah di beli oleh konsumen sebelum memberikannya. Pastikan tidak ada barang atau produk yang tertinggal. Cek kembali apakah kasir sudah memberikan kembalian yang tepat atau belum. Hal ini penting di lakukan agar terhindar dari complain pelanggan akibat kasir lalai.

Itulah informasi job desk kasir minimarket ataupun supermarket. Penting untuk mengetahui tugas apa saja yang di lakukan seorang kasir sehingga nantinya dapat berhati-hati dalam melakukan pekerjaan tersebut. Jangan lupa untuk selalu ramah, sopan, dan santun kepada konsumen tanpa memandang status sosial atau apapun. Karena setiap orang yang datang ke minimarket dan supermarket adalah konsumen.