8 Tugas Merchandiser Toko dan Tanggung Jawabnya

Advertisements

Tugas Merchandiser – Setiap toko atau perusahaan retail tentu saja memiliki karyawan yang banyak demi membantu operasional toko berjalan dengan lancar. Taukah anda bahwa barang-barang yang ada di toko, supermarket, minimarket tetap terjaga dengan bersih serta rapih? tentu ada seseorang bertugas untuk merapihkan, memastikan barang tertata dengan baik.

Selain SPB, SPG tentu  ada yang namanya merchandiser atau biasa disebut dengan MD. Nah salah satu tugas seorang MD adalah merapihkan produk di rak/gondola, mengecek barang  display dan lain sebagainya. Namun selain itu, ada tugas serta tanggung jawab yang harus di lakukan oleh seorang merchandiser dan harus di laksanakan dengan baik serta penuh rasa tanggung jawab.

Membahas sedikit mengenai merchandiser ialah seseorang melaksanakan semua tugas yang berkaitan dengan merchandising. Nah, merchandising merupakan produk-produk yang dijual di sebuah swalayan, toko, supermarket, minimarket dan lainnya. Bisa dibilang sorang merchandiser menjadi ujung tombak dalam hal ketersediaan produk, kebersihan rak/gondola, harga, kualitas dan lainnya.

Advertisements

Di dalam sebuah perusahaan baik retail ataupun lainnya, pasti memiliki karyawan dengan tugas berbeda-beda tergantung dari jabatan seorang tersebut. Jika tadi kita sudah membahas tugas seorang merchandiser. Kami juga memiliki informasi penting mengenai tugas supervisor area Indomaret dan kisaran gajihnya secara lengkap dimana kami sudah membahas secara detail pada artikel sebelumnya.

Tugas Merchandiser Toko dan Tanggung Jawabnya

Tugas Merchandiser Toko dan Tanggung Jawabnya

Advertisements

Dari penjelasan singat di atas, tentu anda sudah memiliki gambaran bagaimana tugas dan tanggung jawabnya seorang merchandiser toko terutama yang wajib untuk di laksanakan dengan baik. Karena tugas tersebut merupakan amanah dari perusahaan. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas secara lengkap apa saja tugas merchandiser yang harus di lakukan, berikut artikel lengkapnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Merchandiser

Tugas dan Tanggung Jawab Merchandiser

  1. Seorang merhcandiser bertugas memberi label pada semua barang atau produk yang ada di pajangan baik label display ataupun label barang.
  2. Harus memastikan jangan sampai ada barang kosong di panjangan
  3. Seorang merchandiser bertugas menjaga kebersihan rak atau gondola dan juga kebersihan barang yang di display.
  4. Jika produk atau barang kosong, MD harus mencetak label rak contoh “Maaf Barang Kosong” kemudian label tersebut di tempelkan di rak tersebut.
  5.  Seorang merchandiser atau MD betanggung jawab terhadap kelengkapan barang/produk yang di pajang.
  6. Bertugas memberikan informasi mengenai produk baru
  7. Bertugas menjalankan semua program promosi dari perusahaan
  8. Merchandiser bertugas membuat hasil laporan yang ditetapkan perusahaan.

Tugas yang harus dan penting di perhatikan selalu oleh seorang merchandiser toko khususnya yaitu merapikan kembali produk atau barang panjangan, kemudian memilih dan menarik barang yang kemasannya rusak, expired. Selain itu, merchandiser juga harus membersihkan setiap hari gondola atau rak dari atas sampai bawah dan kolong. Tujuan di bersihkannya rak atau gondola untuk menjaga kebersihan produk agar lebih bersih.

Demikian informasi mengenai tugas serta tanggung jawab seorang merchandiser atau MD yang wajib di laksanakan dengan baik. Hal tersebut perlu di perhatikan agar barang/produk yang di pajang bisa menarik perhatian konsumen dengan display produk di rak/gondola rapih, bersih, maka secara otomatis pelanggan akan lebih mudah untuk tertarik dan membelinya.

Advertisements