3 Tugas Pemadam Kebakaran Terbaru 2020

Tugas Pemadam Kebakaran – Sejarah berdirinya pemadam kebakaran yang berawal adri musibah kebakaran yang besar dan terjadi di Kwitang-Kramat tahun 1873, pada saat itu pemerintah kota tidak dapat mengatasi masalah kebakaran yang besar itu. Sejak terjadinya peristiwa tersebut pada tanggal 25 januari 1915 pemerintah mengeluarkan peraturan tentang pemadam kebakaran. Pada saat itu pasukan pemadam kebakaran memiliki kepangkatan yang sama seperti kesatuan militer Indonesia.

Motto yang terus di pegang pemadam kebakaran dari dulu hingga saat kini yaitu “Pantang Pulang sebelum Padam” itulah yang menjadi acuan bagi setiap anggota pemadam kebakaran agar bekerja penuh pengorbanan saat menghadapi kebakaran. Pemerintah terus memberikan pelatihan bagi para anggota pemadam kebakaran agar saat kejadian mereka sudah terlatih bagaimana cara menangani kebakaran dengan cepat dan tepat serta dapat menyelamatkan korban yang terjebak di dalam bangunan secara sigap.

Alat alat pendukung untuk anggota pemadam kebakaran sudah semakin canggih dan beragam dari segi bentuk hingga fungsinya masing masing alat memiliki keunggulan, alat pemadam kebakaran yang sering kita jumpai baik yang ada pada pusat perbelanjaan atau perkantora dan tempat fasilitas publik lainnya adalah APAR (Alat Pemadam Api Ringan) berbentuk kecil dan tidak terlalu berat alat pemadam api ini dapat dioperasikan oleh satu orang dan sebagai penanggulangan pertama saat terjadi kebakaran kecil agar tidak meluas ke area lain,media APAR co2,Dry chemical powder, dan foam.

Pemadam Kebakaran juga memiliki alat untuk mengatasi kebakaran dengan skal yang lebih besar, pemadam biasanya menggunakan jaringan instalasi hydrant. alat ini mengeluarkan air dengan tekanan yang besar yang didapatkan dari pompa utama.sumber air yang didapatkan jaringan instalasi hydrant berasal dari reservoir/tandon yang dapat keluar dari hydrant pilar untuk bagian area gedung atau hydrant box untuk keadaan di dalam gedung yang telah terhubung dengan selang fire nozzel dan fire hose. Dengan tekanan air yang di dapat besar petugas pemadam kebakaran mampu menjangkau area yang lebih besar dan luas.

Tugas Pemadam Kebakaran TerbaruTugas Pemadam Kebakaran Terbaru 2019

Selain bertugas untuk memadamkan api, petugas pemadam kebakaran juga dilengkapi dengan keamanan setiap anggotanya salah satunya yaitu pakaian yang di gunakan pada saat akan melakukan tugas untuk memadamkan api pakaian tersebut anti panas, anti api seta booth dan helem khusus untuk digunakan pada saat bertugas. pakaian juga dilengkapi scotlight reflektor yang berwarna putih mengkilat tujuannya adalah agar para petugas dapat terlihat saat melakukkan tugas. pada artikel kali ini kiat akan membahas tentang tugas apa saja yang harus di laksanakan oleh seorang pemadam kebakaran.

Tugas dan Tanggung Jawab Anggota Pemadam Kebakaran

Tugas dan Tanggung Jawab Anggota Pemadam Kebakaran

  1. Tugas pokok seorang anggoata pemadam kebakaran yang utama adalah pencegahan terjadinya kebakaran
  2. Tugas yang kedua adalah untuk memadamkan api saat terjadinya kebakaran, hal ini sesuai dengan moto yang dari dulu selalu di pegang oleh anggota pemadam kebakaran “Pantang Pulang sebelum Padam”. para petugas akan terus berusaha memadamkan api hingga padam.
  3. Tugas yang ketiga yaitu Penyelamatan Jiwa serta ancaman kebakaran dan bencana lainnya, pada pelaksanaannya petugas pemadam keabakaran biasanya tidak hanya menyelamatkan seseorang namun jika ada hewan di dalam kejadian kebakaran itu juga menjadi tugas pemadam untuk menyelamatkannya.

Sebelum melaksanakan tugasnya pemadam kebakaran biasanya harus memastikan bahwa air yang ada pada mobil berjumlah kurang lebih 400 liter- 800 liter,walaupun para petugas telah menggunakan pakaian anti panas adan anti api namun tetap saja para anggota harus memastikan tubuhnya sedikit basah dengan cara menggunakan tabir air hal ini bertujuan agar kulit para anggota tidak terbakar selain itu fungsi dari tabir air adalah menghalangi pancaran api agar kita bisa mendekat.

Pada saat bertugas para anggotaa harus melengkapi dirinya dengan sarung tangan, google, alat penerang, sepatu, dan handy talky. hal itu bertujuan agar para pemadam kebakaran aman dari segala radiasi api saat bertugas, handy talky berfungsi sebagai alat komunikasi antar anggota.Selain itu setiap anggotapemadam kebakaran memiliki kantor untuk lokasi pelaksanaan pemadam kebakaran. Kantor pemadam kebakaran berguna untuk garasi kendaraan pemadam kebakaran serta penyimpanan alat alat pemadaman. Janganlupa baca juga artikel kami selanjutnya cara jadi kepala desa terbaru.