√ 9 Syarat Menjadi Anggota PBB 2021 : Tugas & Kewajiban

Syarat Menjadi Anggota PBB – Seperti kita semua tahu bahwa berbagai perang Dunia sempat terjadi pada beberapa tahun silam. Peristiwa ini dialami oleh sejumlah negara di Dunia, termasuk Indonesia.

Hingga pada tahun 1945 terbentuklah suatu Organisasi Dunia bernama PBB yang menjadi penengah dari perseteruan tersebut. Disamping itu, Organisasi PBB juga memiliki misi lain seperti HAM hingga kesehatan dari seluruh negara yang tergabung sebagai anggota PBB.

Lalu negara mana sajakah yang sudah menjadi anggota PBB? Apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh suatu negara agar tergabung dalam keanggotaan PBB? jawaban selengkapnya telah kami siapkan pada artikel berikut.

Selain pembahasan mengenai syarat menjadi anggota PBB, kami juga informasi menarik lainnya seputar Organisasi PBB. Nah, daripada penasaran kalian bisa langsung simak selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu PBB

Apa Itu PBB

Sebelum masuk ke inti pembahasan, kami akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu PBB. Jadi, Organisasi PBB merupakan singkatan dari Perserikatan Bangsa Bangsa yang terbentuk pada tanggal 24 April 1945 di San Fransisco, Amerika Serikat.

Organisasi ini memiliki visi dan misi untuk menjaga perdamaian Dunia, memberantas terorisme, bantuan bencana dan lain sebagainya. Hingga saat ini PBB sudah memiliki 193 anggota, salah satunya adalah Indonesia.

Syarat Menjadi Anggota PBB

Syarat Menjadi Anggota PBB

Terkait keanggotaan PBB memang terdapat syarat yang wajib dipenuhi. Dalam hal ini PBB menerapkan beberapa syarat sebagai berikut :

1. Negara Merdeka

Syarat yang pertama adalah negara tersebut wajib sudah mengumumkan kemerdekaannya dan diakui oleh semua negara di Dunia.

2. Mencintai Perdamaian

Sesuai dengan misi atau tujuan PBB yaitu menciptakan perdamaian Dunia, sehingga untuk menjadi anggota PBB wajib memenuhi syarat berupa mencintai perdamaian.

3. Bersedia Menjalani Kewajiban Sebagai Anggota PBB

Syarat lainnya adalah siap menjalani segala bentuk kewajiban yang berlaku di Organisasi PBB.

4. Memperoleh Persetujuan Dari DK dan MU PBB

Syarat menjadai anggota PBB yang terakhir adalah mendapatkan persetujuan dari Dewan Kemanan (DK) dan Majelis Ulama (MU) PBB.

Tugas & Kewajiban Anggota PBB

Tugas Kewajiban Anggota PBB

Setelah mengetahui beberapa syarat menjadi anggota PBB, kalian juga perlu tahu apa saja prinsip dari anggota PBB. Informasi tersebut bisa kalian simak selengkapnya dibawah ini :

  1. Setiap anggota PBB wajib memiliki kedaulatan sederajat dengan negara anggota lainnya.
  2. Setiap anggota PBB wajib mematuhi isi Piagam PBB.
  3. Segala bentuk perselisihan di negara anggota PBB wajib diselesaikan dengan damai.
  4. Tidak diperbolehkan mencampuri urusan interent dari negara lain sesama anggota PBB.
  5. Setiap negara anggota PBB wajib aktif mengikuti segala kegiatan resmi dari PBB.

FAQ

Bagaimana Jika Salah Satu Syarat Menjadi Anggota PBB Tidak Dipenuhi?

Maka negara tersebut tidak akan disetujui oleh DK maupun MU PBB untuk menjadi anggota.

Kapan Indonesia Tergabung Menjadi Anggota PBB?

28 September 1950, tepatnya satu tahun setelah diadakannya KMB (Konferensi Meja Bundar).

KESIMPULAN

Jadi, perlu diketahui bahwa PBB bukanlah suatu profesi pekerjaan atau jasa dimana syarat untuk menjadi anggotanya telah Pilihprofesi.com jelaskan diatas. Disamping itu, anggota PBB juga memiliki tugas yang hampir sama seperti ANGGOTA TNI, salah satunya adalah menjaga pedamaian Dunia dan meberantas tindak terorisme di suatu negara.