√ 15 Syarat Menjadi Perawat Profesional 2021 : Keahlian & Biaya

Syarat Menjadi Perawat – Tenaga medis memang saat ini menjadi salah satu profesi yang bisa dikatakan banyak peminat, baik itu dokter atau perawat. Nah, perawat salah satunya yang banyak orang mendaftar saat layanan kesehatan sedang membutuhkannya.

Lalu apa itu perawat sebenarnya? Perawat adalah salah satu tenaga medis yang memiliki tugas untuk memberikan asuhan pada pasien yang dirawat. Tidak hanya itu, perawat juga akan memberikan pelayanan kepada keluarga pasien.

Selain hal-hal tersebut, gaji juga bisa mempengaruhi minat dari seorang untuk bisa menjadi perawat. Sebut saja perawat umum bisa mendapat gaji jutaan, lalu untuk GAJI PERAWAT ANESTESI tentunya akan lebih besar lagi seiring dengan tugasnya yang cukup penting.

Nah, sebelum bisa menikmati gaji atau bayaran yang besar tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu syarat untuk bisa menjadi seorang perawat profesional. Jika Anda bertanya apa saja syaratnya, berikut pilihprofesi.com akan sampaikan.

Syarat Menjadi Perawat Profesional Keahlian Biaya

Untuk lebih jelasnya, berikut akan disampaikan di bawah ini. Jadi untuk terus simak dan ikuti pembahasan mengenai syarat menjadi perawat ini sampai akhir. Sehingga rasa penasaran akan syarat dibutuhkan untuk menjadi perawat terjawabkan.

Syarat Menjadi Perawat

Lalu untuk syarat sendiri ada beberapa yang harus dan perlu Anda pahami. Namun secara umum syarat-syarat diperlukan itu sendiri seperti:

1. Bisa Bekerja Sama

1. Bisa Bekerja Sama

Syarat pertama untuk bisa menjadi seorang perawat profesional adalah bisa bekerja sama dengan baik. Baik itu bekerja sama antar perawat, dokter maupun profesi lain saat melaksanakan tugas-tugas keperawatan di rumah sakit atau tempat kerjanya.

2. Bisa Bekerja Shift

2. Bisa Bekerja Shift

Seorang perawat juga dituntut untuk bisa bekerja shift, karena seperti Anda ketahui sendiri jika perawat akan rolling satu sama lainnya. Hal itu yang membuat perawat dituntut dapat mengatur dan menyesuaikan jadwal meskipun dalam kenyataannya bisa berubah kapan saja.

3. Lulus Sekolah Perawat

3. Lulus Sekolah Perawat

Perawat juga wajib menyelesaikan pendidikan perawat, baik itu D3 keperawatan maupun S1. Sampai saat ini di Indonesia cukup banyak Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang membuka prodi keperawatan dengan sudah menghasilkan perawat-perawat profesional.

4. Lulus Ujian Perawat

4. Lulus Ujian Perawat

Lulus ujian perawat juga menjadi salah satu syarat wajib hari dilengkapi oleh calon perawat. Bahkan di beberapa rumah sakit akan melakukan ujian tertulis saat recruitments calon perawat baru. Dengan pengujian materi kemampuan dasar dalam bidang keperawatan.

5. Memiliki Jiwa Empati

5. Memiliki Jiwa Empati

Perawat juga harus memiliki jiwa empati tinggi, hal ini supaya saat mulai bekerja seorang perawat bisa mengerti apa yang dibutuhkan pasien. Dengan begitu, perawat akan memberikan penanganan yang perlu dilakukan pasien saat sedang ditangani.

6. Memiliki STR

6. Memiliki STR

Surat Tanda Registrasi (STR) menjadi syarat wajib selanjutnya bagi seorang perawat. Di mana seorang mahasiswa keperawatan harus sudah menyelesaikan kuliahnya dan sudah mengikuti ujian kompetensi sehingga bisa memperoleh STR.

7. Profesional

7. Profesional

Profesional? tentu saja iya. Karena seorang perawat nantinya akan bertemu pasien dengan berbagai macam masalah kesehatan yang berbeda. Hal itu lah yang membuat perawat dituntut dapat memberikan layanan terbaik pada pasien saat menanganinya.

8. Sabar

8. Sabar

Masih berkesinambungan dengan syarat sebelumnya, perawat juga dituntut sabar dan memiliki keahlian khusus. Ini karena nantinya pasien yang ditangani akan datang dari berbagai macam rupa, watak dan sikap. Sehingga perawat harus sabar untuk tetap mencairkan suasana.

9. Siap & Mampu Penyesuaian Diri

9. Siap Mampu Penyesuaian Diri

Selain beberapa syarat di atas, untuk menjadi seorang perawat profesional juga dituntut untuk siap, mampu dan memiliki keahlian dalam penyesuaian diri terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Karena seperti Anda ketahui sendiri, di bidang IPTEK selalu akan ada perkembangan seiringnya waktu.

10. Tidak Buta Warna

10. Tidak Buta Warna

Syarat berikutnya untuk dapat menjadi seorang perawat yaitu calon perawat tidak buta warna. Hal itu dikarenakan perawat ada masalah gangguan mata nantinya dapat saja mempengaruhi saat membedakan warna obat, jenis cairan infuse atau saat pengidentifikasian cairan/eksudat (darah, nanah atau cairan pleura).

11. Tidak Punya Riwayat Penyakit Menular

11. Tidak Punya Riwayat Penyakit Menular

Syarat umum dan wajib menjadi perawat adalah tidak mempunyai riwayat penyakit menular. Dengan begitu, calon perawat harus menjalani serangkaian pemeriksaan untuk bisa menemukan hasil kesehatan pada tubuh calon pasien.

12. Tinggi Badan

12. Tinggi Badan

Syarat berikut untuk bisa menjadi perawat datang dari syarat fisik yaitu mengenai tinggi badan, ini banyak sekali ditanyakan oleh para calon perawat. Untuk syarat tinggi badan sendiri pihak rumah sakit atau layanan kesehatan lah yang menentukan, namun secara umum syarat tinggi badan menjadi perawat yaitu pria minimal 155 cm dan perempuan 150 cm.

13. Syarat Lain

Syarat lain di maksud ini yaitu syarat yang hanya akan dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau layanan kesehatan. Dengan begitu, sebelum daftar menjadi perawat cari tahu syarat apa saja perlu dibutuhkan saat menjadi perawat di layanan kesehatan sangat penting.

Biaya Menjadi Perawat

Biaya Menjadi Perawat

Mengenai biaya sendiri, sebenarnya akan lebih kepada biaya saat sedang menempuh pendidikan. Di mana biaya kuliah keperawatan di Indonesia terbilang cukup beragam dan bervariatif tergantung dengan perguruan tingginya.

Faktor yang mempengaruhi di antaranya yaitu lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan dan spesialisasi jurusan keperawatan. Namun secara umum biaya kuliah keperawatan di Indonesia berkisar di angka Rp 85.000.000 sampai Rp 300.000.000.

Selain siapkan syarat-syarat tersebut, Anda juga perlu siapkan finansial yang cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan kuliahnya. Bagi Anda yang masih duduk di bangku SMA/SMK sederajat dan berniat masuk kuliah keperawatan bisa mulailah menabung dari sekarang.

Mungkin seperti itulah informasi yang dapat pilihprofesi.com sampaikan mengenai syarat apa saja yang diperlukan saat ingin jadi seorang perawat profesional. Adanya syarat di atas semoga bermanfaat, terutama bagi Anda yang memiliki cita-cita sebagai perawat.