Apa Itu Perawat : Fungsi, Tugas, dan Perannya

Apa Itu Perawat –¬†Perawat merupakan tenaga medis yang membantu dalam melakukan perawatan kepada pasien atau klien dan membantu dokter untuk menangani sebuah penyakit dan tindakan medis.

Di Indonesia khusunya, profesi sebagai perawat masih banyak diminati oleh masyarakat. Mengingat profesi ini dianggap mampu menjamin seseorang di masa tuanya.

Perawat memiliki tugas serta peran masing-masing. Salah satu tugas yang harus dilakukan seorang perawat adalah melayani dan membantu layanan kesehatan kepada pasien.

Perlu diketahui bahwa Fungsi, Tugas, dan Peran perawat harus di pahami dan dimengerti oleh para perawat yang nantinya berfungsi agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Penjelasan Apa Itu Perawat, Fungi, Tugas, dan Perannya

Penjelasan Apa Itu Perawat Fungi Tugas dan Perannya

Perawat memang memiliki fungsi serta perannya masing-masing. Hal tersebut menjadi acuan para perawat saat melakukan tugas dan perannya dengan baik. Untuk itu artikel kali ini membahas lebih lengkap fungsi perawat, tugas perawat, serta peran perawat dalam melakukan tindakan kepada klien atau pasien. Berikut informasi lengkapnya.

Fungsi Perawat

Fungsi Perawat

Fungsi utama dari seorang perawat adalah untuk membantu pasien dalam kondisi sakit ataupun sehat. Hal tersebut untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Berdasarkan peran yang akan di jalankan seorang perawat menurut Hartanti Sulihandari dan Nisya Rifiani memiliki tiga fungsi dasar, sebagai berikut :

  • Pertama adalah fungsi independent merupakan fungsi mandiri dan tidak bergantung pada tugas yang dilakukan orang lain. Hal tersebut dimana para perawat menjalankan tugasnya dilakukan oleh diri sendiri dan keputusan sendiri dalam melakukan sebuah tindakan untuk memenuhui kebutuhan dasar manusia.
  • Kemudia yang kedua adalah funsgi dependen perawat, yaitu fungsi perawat dalam melaksanakan kegiatannya atas instruksi dari perawat lainnya.
  • Fungsi yang terakhir adalah interdependen artinya fungsi tersebut di lakukan dalam team atau kelompok yang bersifat saling berketergantungan satu sama lain.

Tugas Perawat

Tugas Perawat

Terdapat beberapa hal-hal yang telah di sepakati dalam Lokakarya Keperawatan pada tahun 1983. Termasuk dalam hal melaksanakan peran serta fungsi sebagai perawat saat memberikan asuhan keperawatan. Perawat memiliki tugas diantaranya :

  • Perawat harus mengumpulkan data
  • Perawat mengembangkan rencana tindakan keperawatan.
  • Perawat menggunakan serta menerapkan konsep dan prinsip ilmu perilaku, ilmu biomedik, sosial budaya dalam menjalankan asuhan keperawatan untuk memenuhi KDM
  • Perawat menentukan kriteria yang bisa i atur dalam menilai rencana keperawatan.
  • Perawat menilai tingkat pencapaian suatu tujuan.
  • Perawat mengidentifikasi perubahan yang di butuhkan.
  • Perawat mengevaluasi data permasalahan keperawatan.
  • Perawat mencatat data saat proses keperawatan
  • Perawat menggunakan catatan pasien untuk memonitor kualitas asuhan keperawatan.
  • Perawat membuat usulan untuk rencana penelitian keperawatan.
  • Perawat mengidentifikasi kebutuhan pendidikan kesehatan.
  • Perawat membuat recana untuk penyuluhan kesehatan.
  • Perawat mengevaluasi penyuluhan kesehatan.
  • Perawat berperan dalam pelayanan kesehatan kepada setiap individu, kelompok, masyarakat, dan keluarga.
  • Perawat menciptakan komunikasi yang baik dan efektif. Hal tersebut berlaku baik dengan perawat atau tim kesehatan yang lain.

Peran Perawat

Peran Perawat

Peran perawat adalah tingkah laku yang di harapkan oleh orang lain kepada seseorang sesuai dengan kdudukan dalam system tersebut. Hal tersebut dapat di pengaruhi oleh keadaan sosial baik berupa profesi perawat atau dari luar profesi keperawatan yang bersifat konstan. Untuk peran perawat menurut konsorsium ilmu kesehatan pada tahun 1989 terdiri dari beberapa hal sebagai berikut :

  • Pemberian Asuhan Keperawatan : Peran ini harus dilakukan dengan memperhatikan keadaan kebutuhan dasar manusia melalui pemberian pelayanan keperawatan. Pemberian asuhan keperawatan inilah uang di lakukan mulai dari sederhana sampai yang kompleks sekalipun.
  • Advokat Klien : Peran tersebut dilakukan oleh perawat saat membantu klien dan keluarga memberikan semua informasi mulai dari pemberian pelayanan keperawatan ataupun informasi lainnya khususnya hal tindakan pengambilan persetujuan untuk tindakan yang akan di lakukan keperawatan yang nantinya di berikan kepada pasien. Dalam hal ini, perawat harus mempertahankan dan melindungi hak-hak klien diantaranya : hak atas informasi tentang penyakitnya, hak pelayanan sebaik-baiknya, hak privasi, hak untuk pasien menentukan nasibnya sendiri, serta hak menerima ganti rugi akibat kelalaian tersebut.
  • Edukator : Peran yang dilakukan dengan membantu sepenuhnya kepada klien dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan, gejala penyakit yang di derita, serta tindakan yang akan di berikan, sehingga nantinya dapat terjadi perubahan perilaku dari pasien setelah dilakukan penjelasan kesehatan.
  • Koordinator : Peran perawat ini dilakukan melalui¬† cara mengarahkan, merencanakan, dan mengorganisasi pelayanan dari tim kesehatan sehingga nantinya mampu memberikan pelayanan kesehatan bisa terarah sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Kolaborator : Peran perawat dilakukan karena bekerja melalui tim kesehatan yaitu terdiri dari dokter, ahli gizi, fisioterapis, dan lainnya. Tentu dengan berupaya mengidentifikasi pelayanan keperawatan yang di butuhkan.
    Konsultan : Dalam hal ini perawat berperan sebagai tempat konsultasi terhadap apa yang menjadi masalah ataupun tindakan keperawatan yang tepat untuk diberikan kepada klien. Peran ini bisa dilakukan atas permintaan klien sendiri.
  • Peneliti/Pembaharu : Peran perawat sebagai peneliti bisa dilakukan dengan mengadakan perencanaan, kerjasama, perubahan secara sistematis dan terarah. Tentu hal tersebut harus sesuai dengan metode pemberian pelayanan keperawatan kepada klien.

Itulah informasi mengenai apa itu perawat serta penjelasan lengkap tugas, fungsi, dan peran perawat. Dengan mengetahui informasi tersebut di harapkan masyarakat mengetahui tugas, fungsi sampai dengan peran perawat secara lengkap.