Gaji Penyiar Radio 2020 : Tugas & Tanggung Jawab

Gaji Penyiar Radio – Pastinya semua orang sudah pernah mendengarkan orang yang berbicara di radio. Nah orang yang berbicara dan membawakan acara di radio tersebut dinamakan penyiar radio.

Dimana penyiar radio memiliki tugas melakukan penyiaran suara melalui transmisi radio di ruangan. Nantinya penyiar radio akan membawakan atau memandu sebuah acara berita ataupun acara tertentu.

Pernah tidak anda berfikiran dan bertanya-tanya mengenai gaji seorang penyiar radio? Tentunya pasti pernah sekilas bertanya pada benak diri sendiri berapa uang yang didapatkan seorang dengan profesi penyiar radio.

Bisa dikatakan uang diterima oleh seorang penyiar radio memiliki besaran cukup beragam tergantung dengan radio apa yang dibawakan. Biasanya radio yang dibawakan sudah memiliki nama besar akan mempengaruhi besaran bayarannya.

Gaji Penyiar Radio Beserta Tugas, Tanggung Jawab & Tips Menjadi Penyiar Radio

Gaji Penyiar Radio Beserta Tugas Tanggung Jawab Tips Menjadi Penyiar Radio

Untuk anda yang bertanya mengenai besaran gaji penyiar radio tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap dibawah ini, baik dari gaji, tugas & tanggung jawab, serta tips jadi penyiar radio. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar anda paham serta mengetahuinya.

Gaji Penyiar Radio

Gaji Penyiar Radio

Seperti sudah disinggung di atas sedikit, jika seorang penyiar radio memiliki bayaran yang cukup beragam. Namun untuk penyiar radio di salah satu stasiun kurang ternama dan masih terbilang belum memiliki nama besar bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 3,5 – Rp 5 juta.

Jika bekerja di radio yang sudah terkanal bisa mendapatkan gaji di atas Rp 10 jutaan. Bahkan ada penyiar radio di Jakarta yang bisa mendapatkan bayaran Rp 60 juta setiap bulannya.

Bisa dikatakan gaji yang diberikan tersebut sangat tinggi dan fantastis, namun kembali ke stasiun radionya. Jika sudah terkenal maka bisa memberikan bayaran semakin besar lagi.

Besaran gaji tersebut masih bisa bertambah, jika penyiar radio tersebut mendapatkan undangan-undangan acara. Seperti datang di talk show TV maupun mengisi acara live disalah satu acara besar.

Tugas & Tanggung Jawab Penyiar Radio

Tugas Tanggung Jawab Penyiar Radio

Setelah mengetahui informasi mengenai bayarannya, anda juga pastinya perlu mengetahui apa tugas dan tanggung jawab seorang penyiar radio. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab yang di emban oleh seorang penyiar radio:

  • Membawakan acara atau siaran lewat audio,TV bahkan secara live dengan pembawaan yang baik.
  • Menulis, menganalisis, serta melaporkan suatu peristiwa kepada masyarakat atau pendengar secara luas baik itu lewat radio atau TV.
  • Penyiar radio juga akan di tuntut memberikan informasi terbaru kepada para pendengarnya.
  • Selalu mengulik dan mewawancarai nara sumber untuk dijadikan bahan serta mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
  • dan beberapa tugas serta tanggung jawab lainnya.

Tips Menjadi Penyiar Radio

Tips Menjadi Penyiar Radio

Sudah mengetahui bayaran dan tugas dari seorang yang memiliki profesi sebagai penyiar radio. Tentunya anda juga perlu mengetahui tips menjadi penyiar radio, barang kali berminat untuk menjadi seorang dengan profesi membawakan atau memandu berita.

  • Memiliki pengetahuan dan keahlian yang luas.
  • Memiliki keterampilan berkomunikasi secara baik layaknya seorang SPG yang sedang menawarkan produk-produknya.
  • Baik itu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia maupun bahasa asing.
  • Memiliki kemampuan berfikir kritis serta spontan atau mengalir dengan topik yang sedang dibahas.
  • Memiliki kemampuan untuk menganalisis sebuah peristiwa yang nantinya dapat dijadikan topik.
  • Sanggup bekerja secara tim.
  • Memiliki pemahaman akan jurnalistrik.
  • Memiliki ciri khas karakteristik pembawaan atau penyampaian saat penyiaran radio ditonjolkan, namun jangan yang berlebihan.

Demikianlah mungkin informasi mengenai gaji penyiar radio yang dapat disampaikan oleh pilihprofesi.com. Besaran gaji tersebut sama seperti gaji karyawan perusahaan, dimana semakin ternama dan terkenal biasanya akan memberikan gajiĀ  lebih tinggi.