√ Gaji Pemadam Kebakaran 2021 : Per Bulan & Per Tahun

Gaji Pemadam Kebakaran – Pemadam kebakaran atau suatu profesi yang identik dengan seragam warna orange, mungkin sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Tugasnya sendiri yaitu memadamkan api saat terjadi masalah kebakaran.

Jika sebelumnya sudah pernah membahas SYARAT JADI PEMADAM KEBAKARAN, TUGAS serta tanggung jawabnya. Pada pembahasan kali ini sendiri pilihprofesi.com akan sampaikan informasi mengenai besaran gaji dari petugas pemadam kebakaran di Indonesia.

Terkadang hal seperti ini yang banyak ditanyakan oleh orang-orang atau justru itu adalah Anda. Karena petugas pemadam kebakaran yang dikenal memiliki risiko besar bahkan bisa kehilangan nyawa, tentu gaji sangat dipertanyakan sekali.

Biasanya pertanyaan seperti ini tidak hanya muncul dan terlintas begitu saja oleh seorang. Melainkan utamanya para mereka yang ingin mendaftarkan diri untuk menjadi seorang petugas pemadam kebakaran.

Gaji Pemadam Kebakaran Per Bulan Per Tahun

Nah, untuk Anda yang penasaran akan besaran gaji, upah, bayaran, atau uang yang diterima oleh seorang pemadam kebakaran. Berikut akan disampaikan secara lengkap dan jelas mengenai gajinya di bawah ini.

Gaji Pemadam Kebakaran

Gaji Pemadam Kebakaran

Berbicara mengenai gaji dari seorang petugas pemadam kebakaran di Indonesia sendiri terbilang cukup bervariatif. Antara pemadam kebakaran yang sudah PNS dan honorer akan memiliki angka gaji yang berbeda setiap bulannya.

Pemadam kebakaran di Indonesia bisa saja mendapatkan gaji Rp 1.750.000 – Rp 4.000.000 per bulan atau bisa dikatakan mencapai Rp 21.000.000 – Rp 48.000.000 per tahunnya. Dengan catatan setiap posisi dan masa kerja akan menentukan besarannya.

Yang jelas gaji pemadam kebakaran wanita atau perempuan akan berbeda dengan pemadam kebakaran pria. Itu bisa disebabkan, oleh tugas dan tanggung jawab yang berbeda antara pemadam wanita dengan pemadam pria.

Tidak hanya itu saja, antara kota satu dengan kota lainnya juga akan membedakan besaran gaji yang diberikan. Hal itu yang membuat nantinya, besar kecilnya pendapatan per bulan atau per tahun dari pemadam kebakaran tidak akan sama.

Angka dari gaji tersebut sudah bisa dikatakan tinggi, namun siapa sangka di Amerika Serikat gajinya jauh lebih tinggi lagi. Di mana pemadam kebakaran di sana bisa mendapatkan bayaran sekitar US$45,915 per tahun atau sekitar Rp 413.235.000.

Tunjangan Petugas Pemadam Kebakaran

Tunjangan Petugas Pemadam Kebakaran

Selain gaji, bayaran, upah atau uang yang diterima setiap bulannya. Pemadam kebakaran juga bisa saja mendapatkan tambahan uang lagi, yaitu dengan menambahkan uang-uang tunjangan yang diberikan.

Layaknya pekerja lainnya, seorang pemadam juga tentunya akan mendapatkan tunjangan-tunjangan. Tunjangan itu sendiri cukup beragam dan jika digabungkan dengan gaji pokoknya, ini dia tunjangan yang didapatkannya:

1. Tunjangan Kesehatan

Jelas, ini menjadi salah satu tunjangan wajib. Hal itu melihat sendiri risiko apa nantinya yang bisa didapat saat menjalankan tugas. Dengan begitu, tunjangan ini nantinya sangat membantu sekali bagi pemadam saat mengalami cedera.

2. Tunjangan Golongan

Tunjangan selanjutnya yaitu berupa tunjangan golongan, ini hanya didapatkan oleh seorang pemadam kebakaran yang sudah menjadi PNS. Sedangkan untuk honorer mungkin belum akan mendapatkannya.

3. Pendidikan Anak

Tidak hanya tunjangan kesehatan dan golongan, seorang pemadam kebakaran juga akan merasakan hal baik lainnya. Ini seputar tunjangan anggota keluarga yaitu mengenai pendidikan anak.

4. Tunjangan Hari Raya

Tunjangan hari raya atau bisa disebut dengan THR mungkin sudah pasti akan didapatkan oleh seorang pemadam kebakaran. Dan besaran tunjangan juga akan beragam antar daerah pemadam kebakaran itu bekerja.

5. Tunjangan Lainnya

Selain itu, tunjangan lainnya juga bisa saja didapatkan seorang pemadam kebakaran. Hal ini akan tergantung dari daerah atau wilayah bekerjanya.

Seperti itulah kiranya informasi dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda semua mengenai bayaran, upah, atau uang diterima oleh seorang pemadam kebakaran. Semoga dengan adanya informasi gaji di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.