Pemadam Kebakaran Adalah, Peran & Tanggung Jawab 2020

Pemadam Kebakaran Adalah – Bekerja mungkin menjadi salah satu yang wajib bagi setiap orang. Dengan bekerja nantinya seseorang bisa mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Banyak sekali profesi atau pekerjaan saat ini yang dapat dikerjakan dan mungkin itu salah satu pekerjaan anda. Nah pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan membahas salah satu pekerjaan itu.

Yang akan dibahas pada kesempatan kali ini yaitu mengenai profesi pemadam kebakaran. Mungkin banyak diantara anda semua yang belum paham betul mengenai pemadam kebakaran itu apa.

Petugas pemadam kebakaran sendiri adalah seorang yang bertugas memberikan bantuan atau penyelamatan saat adanya suatu masalah kebakaran. Tidak hanya itu saja, pemadam kebakaran juga memiliki tugas atau peran lainnya.

Pemadam Kebakaran Adalah, Peran & Tanggung Jawab Terlengkap

Pemadam Kebakaran Adalah Peran Tanggung Jawab Terlengkap

Nah untuk anda yang ingin tahu mengenai pengertian, peran dan tanggung jawab seorang pemadam kebakaran, berikut akan sampaikan secara jelas mengenai hal tersebut. Dengan begitu simak terus ulasan ini sampai akhir agar anda paham betul mengenai seorang pemadam kebakaran.

Pemadam Kebakaran Adalah

Pemadam Kebakaran Adalah

Pemadam kebakaran atau disebut juga dengan Damkar adalah salah seorang/pasukan yang memiliki profesi dan tugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, memberikan pertolongan pada saat terjadi bencana dan kejadian musibah lainnya.

Dengan begitu nantinya seorang pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari musibah yang terjadi. Maka calon petugas pemadam kebakaran wajib untuk mengetahui PERSYARATAN JADI PEMADAM KEBARAKAN dan tugas apa yang diemban nantinya saat sudah mulai bertugas.

Peran & Tanggung Jawab Seorang Pemadam Kebakaran

Peran Tanggung Jawab Seorang Pemadam Kebakaran

Setelah mengetahui sedikit mengenai pengertian pemadam kebakaran, sebelum lanjut dan berkeinginan untuk menjadi seorang petugas pemadam kebakaran anda juga perlu mengetahui peranan dan tanggung jawabnya. Berikut peran dan tanggung jawab dari seorang petugas pemadam kebakaran:

  • Melakukan atau memberikan pemadaman saat terjadi musibah kebakaran.
  • Memberikan pencegahan terjadinya kebakaran yang lebih besar.
  • Melakukan penyelamatan jiwa (korban) dari ancaman kebakaran dan bencana lain seperti gempa bumi, banjir, maupun bencana lainnya.
  • Memberikan sosialisasi serta mengedukasi terhadap masyarakat mengenai tata cara pencegahan, pemadaman kebakaran, serta proses penyelamatan saat terjadi ancaman masalah kebakaran.
  • Melakukan koordinasi bersama PLN saat melakukan pemadaman listrik di sekitar lokasi kebakaran agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
  • Mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, serta mengendalikan logistik kepada korban yang membutuhkan.
  • Melakukan pemeliharaan terhadap sarana prasarana pencegahan, pemadaman kebakaran, serta penyelamatan.

Pengetahuan & Keahlian Seorang Pemadam yang Perlu Diketahui

Pengetahuan Keahlian Seorang Pemadam yang Perlu Diketahui

Selain peran dan tanggung jawab seorang petugas perlu menguasai juga mengetahui pengetahuan ini agar dapat memperlancar tugasnya.

  • Pengetahuan tentang kebencanaan.
  • Pengetahuan kegawatdaruratan agar saat melakukan pertolongan dapat berjalan lancar tanpa ada kendala.
  • Pengetahuan manajemen bencana, sehingga saat ingin memberikan pertolongan anda sudah tahu apa yang harus dilakukan.
  • Pengetahuan teknik evakuasi agar saat proses dapat berjalan dengan cepat.
  • Kemampuan kerja tim atau sesama petugas pemadam kebakaran.
  • Kemampuan manajerial agar dapat memadukan seni/pengalaman dan ilmu secara benar.
  • Ketangkasan & kesiapsiagaan, karena memberikan pertolongan saat terjadi kebakaran tidak dapat terduga. Sehingga dengan memiliki keahlian ini nantinya akan memudahkan pemadam saat mengevakuasi korban jiwa.

Mungkin itu saja yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai pengertian, peran dan tanggung jawab seorang petugas pemadam kebakaran. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu bagi anda semua yang belum paham betul apa itu pemadam kebakaran.