√ Gaji Dokter Hewan Per Bulan & Per Tahun 2021 : Tugas & Syarat

Gaji Dokter Hewan – Memang berprofesi sebagai dokter menjadi salah satu profesi yang dikenal memiliki gaji atau bayaran yang tinggi. Hal itu sebanding dengan biaya dan waktu pendidikan yang harus di tempuh.

Semua bisa terbayarkan jika nantinya sudah berhasil menyandang profesi sebagai dokter. Ternyata tidak hanya dokter DOKTER UMUM atau dokter manusia saja yang memiliki gaji besar, itu juga berlaku pada dokter hewan.

Tidak heran jika jurusan kedokteran hewan di perguruan tinggi di Indonesia selalu banyak peminatnya. Mungkin gaji besar yang nantinya diterima sesaat sudah berhasil menjadi dokter menjadi salah satu alasannya.

Lalu berapa sebenarnya besaran gaji, bayaran, upah atau penghasilan dari seorang dokter hewan itu sendiri? Dengan begitu, jika penasaran gaji tersebut pada pembahasan kali ini pilihprofesi.com sampaikan informasi gajinya.

Gaji Dokter Hewan Per Bulan Per Tahun Tugas Syarat

Untuk lebih jelas mengenai berapa besaran penghasilan dari seorang dokter hewan tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi, terus simak dan pahami ulasan gaji ini sampai akhir.

Gaji Dokter Hewan

Gaji Dokter Hewan

Berbicara mengenai gaji atau penghasilan dokter hewan itu sendiri, di Indonesia dan luar negeri jelas akan memiliki perbedaan satu sama lain. Berikut lebih jelas mengenai penghasilan dokter hewan tersebut:

Gaji Dokter Hewan Indonesia

Untuk gaji dokter hewan di Indonesia sendiri rata-rata akan mendapatkan uang berkisar di angka Rp 4.194.261 per bulannya. Atau jika di buat per tahun seorang dokter hewan Indonesia bisa menerima uang sekitar Rp 48 jutaan per tahun.

Gaji Dokter Hewan Luar Negeri

Sedangkan untuk gaji dokter hewan di luar negeri (di Amerika) bisa berkisar $ 50.000 – $ 200.000 per tahun. Apalagi jika memiliki pelatihan khusus yang sudah bersertifikat, maka besaran akan lebih tinggi.

Dengan begitu, besaran penghasilan dokter hewan di Indonesia dan luar negeri akan berbeda satu sama lain. Tidak hanya itu, sertifikat juga akan mempengaruhi besaran uang yang diterima oleh seorang dokter hewan.

Tugas & Tanggung Jawab Dokter Hewan

Tugas Tanggung Jawab Dokter Hewan

Jika sudah tahu mengenai gaji atau penghasilan yang didapatkan oleh dokter hewan di atas. Anda juga perlu mengetahui mengenai tugas apa saja yang harus dikerjakan oleh seorang dengan profesi sebagai dokter hewan.

  • Melakukan diagnosis mengenai penyakit apa yang ada pada hewan.
  • Melakukan pemeriksaan kebuntingan dan penanganan gangguan reproduksi hewan.
  • Melindungi kesehatan hewan dari risiko yang ditimbulkan.
  • Memberikan makanan dan nutrisi untuk kesehatan hewan.
  • Memeriksa penyakit pada hewan.
  • Menanggulangi penyakit menular pada hewan.
  • Mencegah dan mengobati hewan agar tidak terinfeksi penyakit.
  • Menjamin keamanan baik itu dari lingkungan hewan dan bahan pangan hewan yang dikonsumsi.

Syarat Menjadi Dokter Hewan

Syarat Menjadi Dokter Hewan

Tidak hanya gaji dan tugas apa saja, Anda juga perlu tahu mengenai syarat untuk menjadi dokter hewan. Untuk syarat itu sendiri ada beberapa, berikut antara lain dari syarat menjadi dokter hewan:

1. Banyak Ilmu Praktikum

Menjadi dokter hewan maka dituntut untuk bisa membalut luka, rontgen, operasi dan pemberian obat. Sehingga ilmu praktikum sangat diperlukan saat Anda ingin menjadi seorang dokter hewan.

2. Belajar Tentang Hewan

Syarat berikutnya yang jelas dan sudah wajib ada yaitu Anda harus paham tentang hewan. baik itu dari nerurologi hewan, imunologim anestesiologi dan anatominya.

3. Kuat Melakukan Suntik Mati

Menjadi dokter hewan juga harus memiliki kekuatan perasaan dan bisa mengatur emosi. Seperti misalnya saat hewan harus di suntik mati akibat kondisi tertentu, maka dokter hewan harus kuat.

4. Lulus Kedokteran Hewan

Memiliki ilmu kedokteran hewan dan lulus sebagai sarjana kedokteran juga menjadi syarat wajib. Dengan mendapatkan titel kedokteran hewan inilah nantinya seorang bisa membuka praktek sendiri.

5. Lulusan Lembaga Pendidikan Terakreditasi

Tidak hanya lulusan sarjana kedokteran saja, lembaga pendidikan terakreditasi menjadi pertimbangan nantinya saat seorang ingin menjadi dokter hewan. Secara umum akreditasi A besar kemungkinan akan memperbesar peluang.

6. Mengurus Izin Praktik

Sebelum mulai membuka klinik hewan, maka seorang calon dokter hewan harus mengurus terlebih dahulu surat dan dokumen lainnya termasuk izin praktiknya.

7. Tidak Jijik & Takut

Selain beberapa syarat di atas, seorang calon dokter juga harus tidak jijik dan takut akan hewan yang ditangani. Karena nantinya berbagai permasalahan hewan akan dijumpai.

Demikian informasi yang dapat pilihprofesi.com sampaikan mengenai penghasilan atau penghasilan dari seorang dokter hewan. Semoga adanya informasi penghasilan dokter hewan di atas dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.