3 Cara Daftar Kartu Prakerja Terlengkap 2020

Cara Daftar Kartu Prakerja – Beberapa hari lalu pemerintah Indonesia telah merilis program Kartu Prakerja. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kerja bagi masyarakat Indonesia yang belum atau kehilangan pekerjaannya. Peserta dari program Kartu Prakerja sendiri adalah WNI berusia minimal 18 tahun serta tidak sedang menjalani pendidikan formal.

Proses pendaftaran kartu Prakerja bisa dilakukan melalui situs resmi Prakerja.go.id. Namun bagi kalian yang sudah mengakses situs tersebut di beberapa waktu lalu mungkin tidak menemukan menu Daftar. Terkait hal tersebut, pada awalnya Pemerintah akan membuka program Kartu Prakerja pada tanggal 9 April 2020, namun karena beberapa hal, pendaftaran Kartu Prakerja diundur menjadi tanggal 11 April 2020.

Tata cara daftar Kartu Prakerja sendiri sangatlah mudah. Peserta hanya perlu menyiapkan beberapa pesryaratan, seperti KTP, nomor HP, alamat email dan lain sebagainya. Dalam melakukan proses pendaftaran, peserta wajib menuntaskan beberapa tahapan. Salah satunya adalah test motivasi kemampuan dasar.

Kemudian bagi para kandidat program Kartu Prakerja, mereka berhak menerima beberapa tunjangan. Jumlah tunjangan Kartu Prakerja tentu tidak sebanyak Komisaris Pertamina atau Kontraktor. Total uang pembiayaan bagi peserta Kartu Prakerja adalah 3,5 jutaan. Jumlah tersebut juga tidak dibayarkan sekaligus.

Cara Daftar Kartu Prakerja Terlengkap

Cara Daftar Kartu Prakerja Terlengkap

Sampai disini apakah kalian berminat mendaftar Kartu Prakerja ? jika demikian, silahkan simak tutorial lengkapnya pada ulasan dibawah ini. Selain itu, Pilihprofesi.com juga akan menjelaskan mengenai syarat, tahapan seleksi, rincian pembiayaan hingga ketentuan lainnya seputar program Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu PrakerjaDalam mengikuti program Kartu Prakerja, tentu setiap peserta wajib melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk melakukan proses ini kalian bisa menggunakan perangkat seluler atau PC. Setelah itu, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buka tab browser.
  2. Kunjungi situs Prakerja.go.id.
  3. Pada tampilan utama silahkan pilih menu Daftar Sekarang.
  4. Masukkan alamat email serta kata sandi untuk akun Kartu Prakerja.
  5. Setelah itu centang kotak Syarat dan Ketentuan.
  6. Lalu klik Daftar.
  7. Kemudian sistem akan mengirimkan Link Verifikasi melalui email kalian.
  8. Klik tautan tersebut. Sekarang akun Kartu Prakerja telah aktif.

Setelah memiliki akun Kartu Prakerja, proses selanjutnya adalah melengkapi formulir pendaftaran. Terdapat tiga tahapan pada proses ini, antara lain Verfikasi KTP, Informasi data diri serta Nomor HP. Berikut adalah tata caranya :

Cara Melengkapi Formulir Pendaftaran

  1. Login Kartu Prakerja.
  2. Kemudian masukkan NIK serta Tanggal Lahir lalu pilih Lanjutkan.
  3. Pada halaman selanjutnya, peserta diminta melengkapi informasi data diri. Antara lain email, nama lengkap, alamat, jenis kelamin, pendidikan terakhir serta status pekerjaan.
  4. Setelah itu unggah foto KTP serta foto selfie sambil memegang KTP.
  5. Centang kolom kecil di bagian bawah lalu klik Lanjutkan.
  6. Terakhir, kalian diminta memasukkan nomor HP dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  7. Proses melengkapi formulir pendaftaran telah berhasil.

Tahapan Seleksi

Tahapan Seleksi

Apabila telah selesai mengisi formulir pendaftaran, kalian akan dialihkan ke halaman selanjutnya. Pada halaman tersebut silahkan klik Mulai Test. Setelah itu kerjakan soal-soal di layar dengan benar. Berikut adalah beberapa tahapan pada program Kartu Pakerja :

  • Pendaftaran.
  • Isi Formulir data diri.
  • Test Motivasi Kemampuan dasar.
  • Menunggu hasil evaluasi.
  • Melakukan proses pendaftaran gelombang.
  • Memilih jenis pelatihan.
  • Membayar biaya pelatihan.

Proses pembayaran biaya pelatihan bisa dilakukan melalui Bukalapak, Tokopedia atau Sekolahmu.

Tunjangan Peserta Kartu Prakerja

Tunjangan Peserta Kartu Prakerja

Sekali lagi kami tegaskan jika tujuan dari program Kartu Prakerja bukanlah untuk menggaji penggangguran. Justru program ini melatih para pengangguran atau pekerja korban PHK agar memiliki kompetensi kerja lebih baik. Bagi setiap peserta Kartu Prakerja nantinya akan memperoleh tunjangan dengan rincian sebagai berikut :

  • Rp. 1.000.000 guna biaya pelatihan.
  • Rp. 2.400.000 tunjangan Insentif Pelatihan. Jumlah tersebut akan dibayarkan 4 kali selama 4 bulan. Berarti di setiap bulannya, peserta akan menerima 600.000 rupiah.
  • Rp. 50.000 Insentif Pasca Survei. Jumlah tersebut akan dibayarkan setiap kali survei. Ada tiga kali survei, jadi total tunjangannya adalah 150.000 rupiah.

Dengan demikian, berarti setiap peserta akan memperoleh manfaat tunjangan sebanyak 3.550.000 rupiah. Melalui program Kartu Prakerja, Pemerintah berharap para peserta bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Salah satunya adalah serius dalam mengikuti setiap pelatihan. Dengan begitu, para korban PHK dan pengangguran muda bisa menggunakan ilmu pelatihan guna memperoleh kehidupan sejahtera.

Setelah mengetahui tata cara daftar Kartu Prakerja dan informasi lainnya, apakah kalian berminat untuk mendaftarkan diri ? jika kalian merupakan salah satu korban PHK atau siswa yang baru lulus dan ingin memperoleh ilmu pelatihan, silahkan simak ulasan diatas sebagai panduan cara daftar dan melewati tahapan seleksi Kartu Prakerja. Selain manfaat di bidang pelatihan, kalian juga berhak menerima tunjangan total 3,5 jutaan. Jumlah tersebut akan dibayarkan sesuai waktu dan ketentuan yang berlaku.