√ Gaji Teknik Sipil Per Bulan 2021 : Fresh Graduate & Wanita

Gaji Teknik Sipil – Jurusan teknik sipil mungkin menjadi salah satu jurusan favorit, apalagi seperti sudah Anda ketahui sendiri jika peluang kerja dari lulusan ini cukup banyak. Ditambah dengan iming-iming gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Sebut saja seorang gaji teknik sipil fresh graduate (baru) saja di Indonesia dikenal memiliki gaji yang cukup tinggi. Tidak heran jika jurusan teknik sipil sangat banyak diminati, itu dibuktikan dengan cukup banyaknya peminat setiap tahunnya.

Lalu berapa sebenarnya besaran gaji seorang dengan lulusan akhir jurusan teknik sipil? Banyak dari Anda yang penasaran dan bertanya seputar hal ini. Apalagi bagi para lulusan teknik sipil yang berniat untuk melamar kerja.

Nah, untuk rasa penasaran tersebut mungkin akan segera terjawabkan, karena pilihprofesi.com pada kesempatan ini akan menyampaikan informasi gaji, bayaran atau uang yang diterima per bulan lengkap dengan beberapa informasi penting lainnya.

Gaji Teknik Sipil Fresh Graduate Wanita

Bagi Anda yang penasaran akan gaji per bulannya, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi, terus simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir sehingga rasa penasaran informasi gaji ini bisa terjawabkan.

Apa Itu Teknik Sipil?

Apa Itu Teknik Sipil

Teknik sipil sendiri adalah salah satu ilmu teknik mempelajari tentang cara teknologi perancangan, pembangunan, dan renovasi bangunan maupun sebuah tempat umum. Dengan memperhatikan fungsi dari fasilitas yang dibangun untuk banyak orang seperti misalnya rumah sakit, jalan raya, jembatan dan masih banyak lagi.

Jadi, teknik sipil ialah seseorang yang menggunakan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas umum guna memenuhi kebutuhan publik. Itu menunjukan jika teknik sipil memiliki tugas dalam menangani aktivitas persiapan lokasi dari mulai penggalian, pemindahan tanah, bahkan sampai penilaian proyek konstruksi.

Tidak hanya itu saja, seorang teknik sipil juga akan bertugas untuk membuat rincian spesifikasi pengujian kinerja, keandalan, daya tahan dan struktur dari apa yang telah di rancang. Dengan begitu, seorang yang memiliki pendidikan akhir teknik sipil memiliki tugas dan tanggung jawab yang bisa di kata cukup besar.

Prospek Kerja Teknik Sipil

Prospek Kerja Teknik Sipil

Setelah tahu akan pengertian teknik sipil dan belum berlanjut ke pembahasan mengenai gaji diterima per bulannya. Anda terlebih dahulu harus tahu prospek kerja apa yang nantinya bisa didapatkan dengan ijazah akhir lulusan teknik sipil. Ada cukup banyak peluang kerja yang bisa didapatkan layaknya PROSPEK KERJA TEKNIK MESIN atau jurusan lainnya. Dan berikut beberapa prospek kerjanya:

1. Dosen

Prospek kerja pertama dari teknik sipil yaitu menjadi seorang dosen, di mana profesi ini sangat tepat untuk Anda yang suka di bidang akademis atau riset. Adapun sebelum berlanjut menjadi dosen, teknik sipil ini nantinya harus mengambil pendidikan S2. Karena ini merupakan syarat minimal dari pemerintah guna meningkatkan kualitas pendidikan.

2. Drafter

Peluang kerja teknik sipil selanjutnya bisa saja menjadi seorang drafter atau seorang yang menciptakan gambar maupun sketsa infrastruktur. Setelah berhasil menciptakan sketsa tersebut yang nantinya di presentasi kan pada klien.

3. Insinyur Air

Saat Anda lulusan teknik sipil tertarik dengan pembangunan waduk atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), maka bisa saja untuk menjadi seorang insinyur air. Di sini nantinya Anda memiliki tugas pokok untuk mengatasi permasalahan yang berbau teknis pembangunan maupun operasional bangunan.

4. Konsultan Perencana

Peluang kerja selanjutnya dengan pendidikan akhir berupa lulusan teknik sipil, maka konsultan perencana bisa menjadi salah satu pilihannya. Memiliki tugas utama berupa memberikan strategi perencanaan dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Nantinya konsultan perencana akan sering berkomunikasi dengan pihak kontraktor secara langsung.

5. Kontraktor Insinyur Sipil

Kontraktor insinyur sipil jadi salah sat prospek selanjutnya yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan teknik sipil. Memiliki tugas merealisasikan rencana dari konsultan perencana menjadi bentuk bangunan nyata dan wujud. Dengan begitu, teknik sipil yang bekerja dengan jabatan ini harus mampu mengatur SDM serta hal lainnya di lapangan.

6. Manajer Konstruksi

Selain peluang kerja di atas, teknik sipil juga bisa berpeluang menjadi manajer konstruksi dengan tugas untuk memberikan pengarahan dalam suatu proyek konstruksi. Itu mengapa pekerjaan satu ini cocok bagi Anda yang mempunyai jiwa pemimpin tinggi. Karena posisi ini nantinya akan bekerja sama secara langsung dengan posisi-posisi lainnya.

7. Pelaksana Proyek

Prospek selanjutnya bisa Anda dapatkan dengan pendidikan akhir teknik sipil yaitu menjadi pelaksana proyek. Secara umum tugas satu ini pekerjaan ini akan dilakukan oleh lulusan berstatus fresh graduate. Profesi pelaksana ini juga memiliki risiko tinggi, hal itu dikarenakan Anda akan langsung terjun ke lapangan.

8. Project Manager

Prospek selanjutnya yaitu berupa project manager, yang maka dalam teknik sipil posisi ini terbilang penting. Karena tugas utama dari posisi ini akan diberi kuasa oleh direksi proyek dalam memimpin keseluruhan dari proses pelaksanaan pembangunan di lapangan.

9. Quality Control

Quality control mungkin bisa menjadi pilihan selanjutnya saat Anda memiliki pendidikan akhir sebagai teknik sipil. Fungsi dari posisi satu ini yaitu melakukan pengawasan kualitas bangunan di lapangan dan juga memiliki hak dalam inspeksi bersamaan dengan jalannya pembangunan.

10. Surveyor

Surveyor yang memiliki tugas untuk memastikan jika proyek pembangunan berjalan dengan mengikuti peraturan pemerintah. Profesi satu ini menjadi salah satu prospek kerja dari teknik sipil yang sering dibutuhkan. Selain itu, sebagai surveyor juga wajib membantu mengurus dokumen perizinan dari suatu pembangunan.

11. Lainnya

Tidak hanya itu saja, seorang teknik sipil juga masih banyak lagi peluang kerjanya. Jadi masih banyak kesempatan lain semisal posisi di atas masih terbilang kurang tepat dengan keinginan atau kemampuan pribadi Anda. Seperti misalnya menjadi pengusaha, TNI, PNS, pegawai pemerintahan & BUMN serta masih banyak lainnya.

Gaji Teknik Sipil

Gaji Teknik Sipil

Jika sudah tahu pengertian dan prospek kerjanya, maka berlanjut ke pembahasan utama seperti yang sudah disampaikan seperti judul di atas. Dengan melihat, posisi-posisi/prospek kerjanya tentu saja gaji atau bayaran diberikan akan berbeda satu sama lain antar posisi. Nah berikut beberapa gaji dari posisi atau profesi yang sudah tadi disampaikan.

NO.POSISI/PROFESIGAJI (BULAN)
1.DosenRp 10 – Rp 30 juta
2.DrafterRp 3,8 – Rp 9 juta
3.Insinyur AirRp 15 – RP 40 juta
4.Konsultan PerencanaRp 7 – Rp 30 juta
5.Kontraktor Insinyur SipilRp 5,5 – Ratusan juta
6.Manajer KonstruksiRp 7 – Rp 30 juta
7.Pelaksana Proyek/LapanganRp 7 – Rp 12 juta
8.Project ManagerRp 8 – Rp 12 juta
9.Quality ControlRp 10 – Rp 25 juta
10.SurveyorRp 3 – Rp 6 juta

Gaji tersebut merupakan gaji pokok rata-rata dari lulusan teknik sipil yang ada di Indonesia. Jadi, jika melihat besaran gaji tersebut, bisa disimpulkan bahwa gaji cukup beragam dan bervariatif. Apalagi di setiap tempat kerja akan memberlakukan besaran gaji yang berbeda.

Selain itu gaji lulusan teknik sipil fresh graduate (baru) dengan yang sudah memiliki pengalaman, tentu akan memiliki gaji yang berbeda. Tidak hanya itu saja, gaji teknik sipil pria dan wanita juga akan memiliki perbedaan. Jadi faktor-faktor seperti pengalaman, posisi, tempat kerja dan jenis kelamin akan mempengaruhi besaran gajinya.

Tunjangan-Tunjangan Didapatkan

Tunjangan Tunjangan Didapatkan

Lalu apakah mendapatkan tunjangan? Ya, jelas itu akan mendapatkannya. Bisa dikatakan tunjangan juga sama halnya dengan gaji, setiap perusahaan atau tempat kerja akan memberikan ketentuan yang berbeda satu sama lain antar posisi atau jabatan. Namun secara umum, nantinya akan mendapatkan tunjangan seperti:

  • Tunjangan kinerja
  • Tunjangan makan
  • Tunjangan kinerja
  • Tunjangan lembur
  • Tunjangan transportasi
  • Tunjangan kesehatan (BPJS)
  • Tunjangan anak & istri
  • Tunjangan Hari Raya (THR)
  • dan beberapa tunjangan lainnya

Mungkin itu saja yang dapat pilihprofesi.com sampaikan untuk Anda mengenai cara informasi gaji, upah, bayaran maupun uang diterima setiap bulannya dari seorang yang bekerja dengan lulusan teknik sipil. Semoga adanya informasi gaji di atas bisa berguna bagi semua yang membutuhkan.