√ Gaji Kesehatan Masyarakat 2021 : Prospek, Kelebihan & Kekurangan

Gaji Kesehatan Masyarakat – Jurusan kesehatan masyarakat mungkin menjadi salah satu program bidang (prodi) di suatu perguruan tinggi. Dari banyaknya prodi yang ada, siapa sangka program kesehatan masyarakat menjadi salah satu program jurusan yang banyak diminati.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pendaftar setiap tahunnya saat ajaran baru atau penerimaan mahasiswa/mahasiswi dibuka. Mungkin salah satu faktornya, bisa dikarenakan prospek kerja yang menjanjikan dan tentu besaran gaji yang menggiurkan.

Nah, kali ini pilihprofesi.com akan sampaikan informasi mengenai gaji atau penghasilan seorang dengan lulusan akhir jurusan kesehatan masyarakat. Mungkin banyak yang bertanya mengenai hal itu, atau justru itu merupakan salah satu pertanyaan Anda yang sedari dulu tersimpan di benak.

Untuk bisa mendapatkan gaji yang bisa dikatakan menggiurkan tersebut maka Anda harus bisa masuk ke perguruan tinggi jurusan kesehatan masyarakat dengan memenuhi persyaratan diperlukan, baik dari mulai syarat umum dan dokumennya. Jika sudah, maka Anda bisa mulai mendaftar kan dirinya.

Gaji Kesehatan Masyarakat Prospek Kerja Kelebihan Kekurangan

Untuk Anda yang penasaran akan besaran gaji atau penghasilan tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi, terus untuk simak dan pahami mengenai besaran gaji yang nantinya akan di terima oleh seorang dengan lulusan akhir jurusan kesehatan masyarakat.

Apa Itu Kesehatan Masyarakat?

Apa Itu Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat adalah salah satu bidang ilmu/jurusan yang mempelajari pencegahan dan pengobatan penyakit pada individu. Di mana bidang ilmu memiliki tujuan untuk menjaga dan mempromosikan kesehatan sosial dengan mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan.

Tidak hanya itu saja, melainkan mempelajari metode pencegahan penyakit, kesehatan dalam suatu kawasan atau pun kesehatan di lingkungan kerja. Dan sampai saat ini jurusan satu ini dikenal menjadi salah satu jurusan yang cukup banyak peminat di setiap tahunnya.

Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Prospek Kerja Lulusan Kesehatan Masyarakat

Nah, sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai gaji kesehatan masyarakat, perlu Anda ketahui mengenai prospek kerja lulusan kesehatan masyarakat menjadi apa nantinya. Karena ini akan berpengaruh terhadap besaran gaji yang di terima per bulan. Berikut beberapa prospek kerjanya:

1. Administrator Layanan Kesehatan

Prospek kerja pertama, lulusan Kesehatan Masyarakat bisa saja bekerja sebagai administrator layanan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes). Besaran gaji atau penghasilan sendiri cukup beragam, namun seorang administrator berkisar di angka Rp 4.000.000 per bulan.

2. Bekerja di Puskesmas atau Rumah Sakit

Jelas, prospek kerja selanjutnya dari lulusan kesehatan masyarakat yaitu bekerja di Puskesmas dan rumah sakit di penempatan berbagai bidang/posisi. Untuk gaji diterima per bulan sendiri bisa sekitar Rp 3.000.000.

3. Dosen atau Pengajar

Dosen atau pengajar? Ya, kesehatan masyarakat juga bisa memiliki peluang kerja menjadi dosen atau tenaga pengajar. Besaran gaji sendiri bisa di mulai dari Rp 5.000.000 per bulan, angka tersebut bisa meningkat seiring majunya waktu (masa mengabdi).

4. Peneliti

Lulusan kesehatan masyarakat bisa juga menjadi seorang peneliti, baik itu di bidang epidemiologi dan bidang biostatistik. Umum di Indonesia peneliti dengan lulusan kesehatan masyarakat diberi gaji Rp 5.000.000 per bulan, bahkan bisa sampai puluhan juta tergantung penelitiannya.

5. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Bisa jadi seorang dengan lulusan jurusan kesehatan masyarakat jadi seorang PNS/ASN. Gaji di terima sendiri tergantung dengan formasi, golongan dan pangkat. Semakin tinggi golongan maka gaji per bulan semakin tinggi.

6. Promotor Kesehatan

Prospek kerja lulusan kesehatan masyarakat selanjutnya bisa jadi sebagai promotor kesehatan di beberapa perusahaan atau instansi. Untuk gaji atau penghasilan sendiri bisa menurut data survei mulai dari Rp 3.000.000 per bulan.

7. Staff di Perusahaan Asuransi Kesehatan

Selain beberapa peluang kerja di atas, lulusan kesehatan masyarakat bisa saja menjadi staff di perusahaan asuransi kesehatan. Untuk gaji pokoknya sama seperti promotor kesehatan, di mana di mulai dari Rp 3.000.000 per bulan.

8. Staff Gizi Kesehatan Masyarakat

Lulusan jurusan kesehatan masyarakat juga bisa berpeluang menjadi staff gizi jika mengambil peminatnya Gizi Masyarakat. Di mana gaji yang akan didapatkan mulai dari Rp 4.000.000 setiap bulan.

9. Staff Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Selain prospek kerja di atas, para lulusan jurusan kesehatan masyarakat juga bisa bekerja jadi staff Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Seperti Anda ketahui sendiri jika GAJI AHLI K3 bisa memiliki gaji yang tinggi dan besar.

Gaji Kesehatan Masyarakat

Gaji Kesehatan Masyarakat

Jika melihat prospek kerja maupun peluang kerja lulusan jurusan kesehatan masyarakat di atas, tentu Anda sudah bisa melihat dan menyimpulkan besaran gaji. Yang mana gaji akan tergantung dengan posisi/jabatan, tempat kerja, masa kerja dan beberapa faktor penunjang lain.

Namun secara umum, yang besaran gaji yang didapat sudah di atas UMR dari daerah tempat bekerja. Sebut saja jika bekerja di rumah sakit atau pun puskesmas, lulusan kesehatan masyarakat bisa memiliki gaji Rp 2.473.000 – Rp 12.295.664 per bulan, dan itu gaji pokok belum tunjangan dan bonus.

Kelebihan & Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kelebihan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Setelah tahu akan pengertian, prospek kerja dan gaji dari seorang lulusan jurusan kesehatan masyarakat. Maka Anda juga perlu tahu mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat, berikut di antara lainnya:

Kelebihan

  • Ilmu yang banyak manfaat baik untuk diri sendiri dan orang lain.
  • Jurusan kesehatan masyarakat memiliki prospek kerja tinggi, seperti sudah disampaikan di atas.
  • Kuliah jurusan kesehatan masyarakat dibilang menyenangkan.
  • Profesi/pekerjaan cukup jelas dan populer.
  • Selalu belajar menjadi orang dengan jiwa sosial tinggi.

Kekurangan

  • Bisa dibilang cukup banyak saingan.
  • Jurusan kesehatan masyarakat membutuhkan waktu lulus lebih lama dari pada jurusan lain.
  • Prospek atau peluang kerja tidak selaras dengan gaji atau penghasilan.
  • sangat tidak cocok bagi Anda yang tidak suka denagan lingkungan.
  • Waktu kuliah sembari praktek sistem shift (tukar waktu).

Demikian kiranya informasi dapat pilihprofesi.com mengenai gaji, bayaran atau penghasilan dari lulusan kesehatan masyarakat. Semoga dengan adanya informasi gaji di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semau yang membutuhkan.