√ Gaji Lulusan STMKG 2021 : Peluang Kerja & Tunjangan

Gaji Lulusan STMKG – Masuk di sekolah kedinasan mungkin menjadi salah satu impian setiap orang (anak) lulusan SMA/SMK atau sederajat. Apalagi di Indonesia sudah cukup banyak sekolah kedinasan ternama.

Di sisi itu, setelah berhasil lulus dari sekolah kedinasan tersebut peluang kerja atau karir kerja ditawarkan cukup menggiurkan. Karena kebanyakan lulusan sekolah kedinasan akan diarahkan menjadi PNS di beberapa bidang yang sesuai.

Salah satu sekolah kedinasan sendiri seperti Akademi Sekolah Tinggi Meteorologi & Geofisika (AMG) atau Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi & Geofisika (STMKG) yang berada di Jakarta pusat, lebih tepatnya Jalan Arief Rakhman Hakim Nomor 3.

Lulus langsung bekerja, mungkin menjadi salah satu daya tarik tersendiri, ditambah jadi PNS tentunya sangat menggiurkan. Lantas berapa dengan gaji seorang dari lulusan STMKG itu sendiri?

Gaji Lulusan STMKG

Gaji Lulusan STMKG

Bagi Anda yang penasaran akan besaran gaji lulusan STMKG berapa, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini. Jadi simak terus ulasan ini sampai akhir, sehingga rasa penasaran akan besaran uang di terima seorang lulusan STMKG terjawabkan.

Syarat Bisa Masuk di STMKG

Syarat Bisa Masuk di STMKG

Sebelum mengetahui tentang apa informasi gajinya, terlebih dahulu untuk ketahui syarat-syarat untuk bisa masuk di STMKG itu sendiri. Lantas apa saja persyaratan umumnya? Berikut untuk lebih jelasnya:

  • Pria/wanita.
  • Umur : 16 tahun – tidak boleh lebih dari 21 tahun terhitung dari pembukaan pendaftaran.
  • Tinggi badan : Wanita minimal 155 cm & pria 163 cm.
  • Sehat jasmani & rohani.
  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Tidak buta warna. Untuk yang berkacamata maksimal -2, shepreis dan juga tidak mengalami silinder.
  • Bebas dari narkoba.
  • Belum menikah serta siap tidak melangsungkan pernikahan selama proses pendidikan.
  • Tidak sedang menjalani dinas dengan instansi lain.
  • Siap bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sesuai ketentuan berlaku berdasarkan nantinya Anda dinyatakan lulus.
  • Siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.
  • Persyaratan akademik: Nilai rapor kelas XII SMA/MA/SMK semester 3,4,5 untuk mapel Fisika, Matematika dan bahasa Inggris minimal 70 (skala 100).
  • Untuk lulusan SMA/MA/SMK dengan nilai rapor semester 4,5,6 untuk mapel pelajaran Fisika, Matematika dan bahasa Inggris minimal adalah 70 (skala 100).
  • Sudah lulus/akan lulus SMA/MA (jurusan IPA). Sudah lulus/akan lulus SMK (jurusan kompetensi Keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Teknik Jaringan Akses, Teknik Mekatronika, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer & Jaringan).
  • Untuk lulusan SMK hanya dapat mendaftar program studi Instrumentasi saja.

Sedangkan untuk syarat calon yang dinyatakan diterima sendiri seperti:

  • Telah memenuhi semua persyaratan.
  • Memiliki ijazah SMA/MA/SMK.
  • Lulus Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMK.
  • Lolos dan memenuhi nilai ambang batas Tes Kemampuan Dasar (TKD).
  • Lulus tes kesehatan, wawancara, & Tes Kemampuan Akademik.

Peluang Kerja Lulusan STMKG

Peluang Kerja Lulusan STMKG

Untuk peluang kerja setelah berhasil lulus dari STMKG sendiri, nantinya akan bekerja menjadi penentuan cuaca, keadaan alam dan lainnya. Yang jelas setelah lulus dari STMKG sendiri akan menjadi pegawai di BMKG.

Selain itu, dapat dipastikan sudah jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tentunya cukup menjanjikan sekali peluang kerja bagi seseorang lulusan STMKG, tidak heran jika banyak peminatnya saat STMKG membuka pendaftaran mahasiswa baru.

Gaji Lulusan STMKG

Besaran Gaji Lulusan STMKG Setelah Mulai Bekerja

Jika sudah mulai bekerja dan menjadi pegawai di BMKG nantinya dalam beberapa tahun ke depan akan diangkat menjadi PNS. Yang mana gaji didapatkan tentunya sudah pasti setiap bulannya.

Besaran tersebut tergantung nantinya dengan golongan apa PNS itu. Karena gaji PNS sendiri akan tergantung dengan golongan apa yang diembannya, golongan itu ada GOLONGAN 3A, 2A atau lainnya.

Jadi tinggal lihat apa nantinya pegawai itu mendapatkan posisi atau jabatan PNS dengan golongan apa. Yang jelas sudah bisa dikatakan menggiurkan dengan iming-iming gaji dari seorang pegawai PNS.

Tunjangan Didapatkan Lulusan STMKG Setelah Mulai Bekerja

Tunjangan Didapatkan Lulusan STMKG Setelah Mulai Bekerja

Adapun gaji tersebut merupakan gaji pokoknya saja, belum ditambah dengan tunjangan-tunjangan lain. Seperti misalnya tunjangan kinerja dapat mencapai angka Rp 1.760.000 sampai Rp 22.840.000 tergantung kelas jabatan.

Tunjangan yang sangat menggiurkan, belum lagi jika ditambah tunjangan-tunjangan lain seperti tunjangan istri & anak, tunjangan beras dan tunjangan kinerja. Yang pasti akan membuat gaji lulusan STMKG tembus puluhan juta.

Mungkin itulah informasi mengenai penghasilan didapatkan oleh seorang dengan lulusan STMKG di mana sudah mulai aktif bekerja jadi pegawai BMKG. Semoga adanya informasi gaji di atas yang pilihprofesi.com sampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya.