11 Cara Melamar Kerja di KFC & Syarat Pendaftaran 2021

Cara Melamar Kerja di KFC – Kentucky Fried Chicken atau lebih dikenal dengan KFC adalah salah satu perusahaan raksasa di bidang penjualan ayam goreng dan makan cepat saji (fast food). Sebagai salah satu perusahaan raksasa, KFC banyak diminati oleh kalangan fresh graduate atau lulusan baru sebagai tempat bekerja.

Tak jarang pihak KFC juga seringkali membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate dengan minimal pendidikan SMA/SMK/Sederajat. Sebagai perusahaan dengan reputasi bagus, tentu saja Kentucky Fried Chicken (KFC) sangat cocok dan pantas dijadikan sebagai tempat memulai karir.

Maka tak heran, jika KFC membuka lowongan kerja akan ada banyak calon karyawan melamar kerja di KFC. Untuk melamar kerja di KFC caranya sangat mudah, kalian bisa melamar secara online maupun offline serta juga harus melengkapi dan memenuhi semua persyaratan yang berlaku.

Bekerja di KFC memang banyak diminati oleh banyak orang dan meskipun cara melamar kerja di KFC terbilang mudah, namun nyatanya masih banyak calon pekerja belum tahu caranya melamar. Adapun bagi Anda yang belum tahu caranya, simak langsung penjelasan lengkap di bawah ini.

Syarat Melamar Kerja di KFC

Syarat Melamar Kerja di KFC

Seperti telah kami singgung sebelumnya, bahwa melamar kerja di KFC, kalian mesti memenuhi syarat dan melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Dimana syarat yang dibutuhkan umumnya tak jauh berbeda seperti SYARAT MENJADI KARYAWAN ALFAMART.

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk menjadi karyawan KFC cukup mudah yakni berupa syarat umum dan dokumen pendukung. Adapun syarat pendaftaran karyawan KFC yang perlu dipenuhi serta dipersiapkan yaitu :

Syarat Umum

Adapun syarat umum harus dipenuhi yaitu sebagai berikut ini :

  1. Pria atau wanita.
  2. Tinggi badan minimal 160 cm.
  3. Usia maksimal 24 tahun.
  4. Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat.
  5. Berminat bekerja di bidang restoran.
  6. Bekerja keras.
  7. Siap kerja shift.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia, seperti Surabaya, Bandung, Ciracas, Sukabumi dan wilayah restoran lainnya.
  9. Dapat bekerjasama dengan team, jujur, serta disiplin.

Dokumen Pendukung

Sedangkan, untuk dokumen pendukung perlu disiapkan meliputi :

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi KK.
  3. Fotokopi Ijazah telah dilegalisir.
  4. Pas foto ukuran 3 x 4 berwarna.
  5. Surat keterangan belum menikah dari RT/RW.
  6. Surat keterangan sehat dari dokter.
  7. Nomor telepon aktif.
  8. Surat kuning.
  9. SKCK dari kepolisian setempat.
  10. Daftar riwayat hidup (CV)
  11. Surat lamaran kerja.

Cara Melamar Kerja di KFC

Cara Melamar Kerja di KFC

Apabila semua syarat-syarat pendaftaran menjadi pegawai KCF di atas telah terpenuhi dan siap, maka kalian bisa langsung melamar pekerjaan. Cara melamar kerja di KFC bisa dilakukan secara online maupun offline.

Jika memang tertarik bekerja di KFC, maka silahkan cari informasi tentang lowongan kerja di KFC. Setelah mendapatkan informasi loker di KFC, maka kalian bisa langsung melamar pekerjaan dengan cara berikut.

Melamar Kerja Secara Offline

Cara pertama yaitu dengan mengunjungi langsung restoran KFC terdekat dengan membawa semua dokumen persyaratan. Cara ini umumnya dilakukan oleh mereka yang lokasi tempat tinggalnya dekat dengan lokasi restoran KFC.

Jadi untuk melamar pekerjaan di KFC secara online, kalian hanya perlu mendatangi restoran KFC yang membuka lowongan pekerjaan dengan membawa semua persyaratan. Setelah itu, tinggal menunggu informasi pengumuman untuk menjalani tahap selanjutnya yaitu tes wawancara.

Melamar Kerja Secara Online

Sedangkan cara online bisa dilakukan dengan melamar pekerjaan melalui situs resmi KFC. Cara ini memungkinkan kalian untuk melakukan pendaftaran lewat HP maupun Desktop (Laptop/PC).

  1. Langkah pertama, silahkan kunjungi situs resmi KFC di https://kfcku.com/.
  2. Setelah masuk ke halaman beranda website KFC, silahkan pilih menu “Karir” di sisi kanan atas.
  3. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan pekerjaan yang tersedia. Tekan “Tampilkan Semua Lowongan” untuk menampilkan pilihan pekerjaan lainnya.
  4. Kemudian, tinggal tentukan posisi mana ingin dilamar. Pastikan lowongan belum melewati tanggal expired.
  5. Lalu, tinggal klik pada posisi yang ingin dilamar.
  6. Setelah itu, halaman tugas, syarat dan dokumen persyaratan. Apabila sudah berminat, langsung saja klik “Lamar Sekarang“.
  7. Agar lamaran bisa masuk, maka kalian akan dimintai login. Jika belum memiliki username, maka langsung saja klik “Daftar Sekarang” untuk membuat akun.
  8. Kemudian, tinggal buat akun pendaftaran dengan mengisi biodata seperti, nama, alamat email, sandi, no. KTP dan nomor HP. Lalu, tekan “Simpan“.
  9. Berikutnya, tinggal lakukan login menggunakan akun sebelumnya dibuat.
  10. Setelah berhasil login, lengkapi semua formulir lamaran pekerjaan seperti :
    • Identitas diri
    • Alamat tinggal
    • Informasi keluarga
    • Nomor kontak bisa dihubungi, jika ada situasi darurat.
  11. Setelah pendaftaran selesai, selanjutnya kalian bisa melamar kerja dengan mengunggah semua dokumen persyaratan dalam bentuk PDF. Jika sudah, tinggal klik “Kirim“.

Setelah itu, kalian hanya perlu menunggu informasi pengumuman dari pihak KFC. Sampai disini cara melamar kerja di KFC telah selesai serta tunggu sampai ada panggilan dari KFC untuk mengikuti tahap perekrutan selanjtnya.

Sekedar tips, jika lolos ke tahap wawancara pastikan kalian datang lebih awal setidaknya 1 jam sebelum waktu interview dimulai. Selain itu, gunakan pakaian rapi berwarna putih, biru atau hitam pada saat melakukan interview.

Jam Kerja Karyawan di KFC

Jam Kerja Karyawan di KFC

Setelah diterima sebagai karyawan KFC, maka kalian bisa langsung bekerja. Sebagai karyawan kalian harus memberikan pelayanan sesuai standar-standar telah ditentukan pada restoran tersebut.

Konsumen harus dilayani dengan ramah, penampilan serta pakaian karyawan KFC harus selalu rapih dan bersih, juga produk yang diterima oleh tamu harus sesuai dengan pesanan. Untuk jam kerja di KFC sendiri dimulai pukul 10.00 – 22.00 waktu setempat.

Dimana jam kerja shift pagi dimulai pada jam 10.00 – 17.00 & untuk shift malam pada jam 17.00 – 22.00. Lalu, untuk karyawan home delivery (pesan antar) hanya diberlakukan jam kerja mulai dari pukul 10.00 – 21.00.

Tugas Karyawan KFC

Tugas Karyawan KFC

Adapun tugas-tugas karyawan KFC sesuai posisi atau jabatan yaitu sebagai berikut.

PosisiTugas
ManagerTugasnya memberikan tugas sekaligus job desc pada karyawan pada saat itu.
Asisten ManagerMembantu tugas Manager
Kepala ChiefBertanggung jawab atas karyawan yang sedang bertugas. Kepala Chief ini bertugas apabila Manager dan Asisten Manager berhalangan hadir
Chief KasirBertugas di counter pemesanan, dan menjalankan transaksi pembelian serta menyiapkan pesanan pengunjung.
MC/PRBertugas menjadi penyambung antara pengunjung serta pihak restoran juga mengatur apabila adanya pengumuman penting harus disampaikan ke pengunjung.
TeknisiBerperan sebagai pengaturan tata letak kursi, dan penghidupan mesin-mesin dapur, dll
Store ControlBertugas membersihkan meja, menjadi bagian pembersihan ruangan serta melihat apa permintaan pengunjung.
KasirBertugas melayani pemesanan pengunjung, tugasnya dilakukan dengan system shift.
Dining n CookingBertugas didapur, meliputi chef bagian penggorengan, dll
PenyuplaiBertugas menjadi pengatur datang masuknya bahan baku, serta mengatur dimana bahan baku harus diletakkan serta berbagai keperluan lainnya.
Rider and Home DeliveryKegiatannya berhubungan dengan pesanan diluar restoran. Bagian ini selalu mengantar pesanan ke rumah-rumah.
SupervisorBertanggung jawab mengontrol semua pekerjaan yang dilakukan oleh staf

Dengan melengkapi syarat pendaftaran serta mengikuti cara cara melamar kerja ke KFC di atas, maka diharapkan kalian bisa diterima menjadi pegawai KFC. Sedangkan untuk GAJI KARYAWAN KFC sendiri terbilang sudah sesuai dengan kebutuhan pekerja.

Itulah cara cara melamar kerja di KFC beserta dengan syarat menjadi pegawai KFC. Demikianlah informasi dari pilihprofesi.com terkait cara cara untuk melamar kerja di KFC, semoga informasinya bermanfaat.