30 Cara Buka Gerai Indomaret, Syarat & Harga Franchise 2021

Cara Buka Gerai Indomaret – Bisnis waralaba Indomaret dapat menjadi pilihan terbaik bagi kalian yang ingin berwirausaha. Apalagi wirausaha merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan.

Mengingat wirausaha adalah salah satu jenis PEKERJAAN DENGAN GAJI BESAR dan tinggi. Hal itu tentu saja menjadi alasan kuat mengapa wirausaha dikategorikan sebagai jenis pekerjaan yang cukup menjanjikan.

Untuk membuka gerai atau toko franchise Indomaret pada dasarnya bukanlah hal yang sulit. Pasalnya tidak membutuhkan banyak persyaratan dan siapapun bisa membuka bisnis gerai franchise Indomaret ini.

Dengan buka gerai Indomaret, maka ini bisa menjadi bisnis paling menguntungkan. Adapun bagi kalian yang ingin buka gerai Indomaret, berikut pilihprofesi sajikan cara, syarat dan harga franchise Indomaret.

Syarat Buka Gerai Indomaret

Syarat Buka Gerai Indomaret

Sebelum menjalin kerjasama dengan Indomaret untuk memulai bisnis waralaba, maka hal pertama harus dilakukan yaitu mempersiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk buka toko franchise Indomaret.

Seperti telah kami singgung sebelumnya, bahwasanya kebutuhan syarat-syarat untuk buka gerai franchise terbilang cukup mudah. Adapun syarat-syarat untuk buka gerai Indomaret yang perlu disiapkan yaitu :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Menyediakan lokasi toko di area komersial dengan luas ideal 120 – 200 m2.
  3. Mempunyai kelengkapan izin usaha minimarket seperti IMB/IPB Ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP dan lainnya.
  4. Menyediakan dana investasi dengan nilai estimasi Rp 394 juta sebagai modal awal.
  5. Mempunyai jiwa entrepreneur serta fokus pada sistem waralaba Indomaret.

Harga Franchise Indomaret

Harga Franchise Indomaret

Selain syarat di atas, kalian juga perlu menyiapkan sejumlah uang untuk menjalin kerjasama dengan Indomaret. Dimana nantinya uang tersebut digunakan sebagai modal awal buka gerai Indomaret.

Adapun rincian estimasi investasi serta harga franchise yang dibutuhkan untuk membuka gerai Indomaret yaitu sebagai berikut ini.

  • Harga franchise fee untuk 5 tahun Rp 36 juta
  • Promosi serta persiapan buka toko Rp 9,5 juta
  • Renovasi dan tambah daya listrik Rp 170,5 juta (rincian harga renovasi bangunan apabila bangunan awal bukan ruko, maka akan ada penyesuaian biaya).
  • Peralatan elektronik serta non-elektronik Rp 178 juta

Jika ditotal maka harga franchise untuk buka gerai dengan sistem waralaba yaitu sebesar Rp 394 juta. Akan tetapi biaya tersebut belum termasuk biaya sewa bangunan.

Cara Buka Gerai Indomaret

Cara Buka Gerai Indomaret

Sementara cara buka toko sendiri sebenarnya sangatlah mudah, dimana ada tiga tahapan kerjasama Indomaret yang harus dilalui. Dengan kemudahan cara pembukaan gerai, tentu saja kesempatan membuka gerai akan semakin terbuka lebar.

Meskipun begitu, namun kalian tetap harus memenuhi syarat dan ketentuan sekaligus melalui beberapa tahapan kerjasama sebagai berikut.

1. Presentasi Pertama

Agar presentasi berjalan efektif serta busa langsung ditindak lanjuti oleh pihak Indomaret, bagi waralaba pemilik usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung sebagai syarat tambahan, seperti Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, serta denah lokasi, SIUP, TDP, IUTM, STPW, NPWP, PKP dan lainnya.

Pada tahapan ini kalian akan dijelaskan dengan detail mekanisme kerjasama, besarnya investasi (harga franchise), keuntungan per bulan serta sistem operasional toko.

2. Presentasi Kedua

Pada tahapan presentasi kedua, kalian akan disajikan hasil survey kelayakan serta Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada besaran nilai investasi.

3. Pembukaan Toko

Setelah semua kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi dari pihak Indomaret. Setelah gerai buka, akan ditandatangani perjanjian waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Keunggulan dan Kekurangan Franchise Indomaret

Keunggulan dan Kekurangan Franchise Indomaret

Selain cara dan syarat buka toko Indomaret mudah, ada banyak keunggulan apabila kalian membuka bisnis waralaba. Meskipun banyak keunggulan, namun bagaimanapun namanya bisnis tentunya juga memiliki kekurangan.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir risiko serta hal-hal merugikan lainnya, maka kalian perlu mengetahui keuntungan serta kerugian bisnis waralaba Indomaret.

Kelebihan

  1. Transformasi pengetahuan bergabung akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan menempatkan franchise sebagai pelaku bisnis.
  2. Survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi serta strategis tidaknya suatu lokasi.
  3. Dukungan sistem operasional gerai yang terintegrasi, akan membuat kalian tidak perlu terlibat full time dalam operasional gerai.
  4. Peluang berkembang dapat memiliki lebih dari 1 unit toko dengan tingkat kesibukan sama, tetapi masih bisa diatur.
  5. Minimalisasi risiko perencanaan matang, mulai survey lokasi buka gerai, kecepatan distribusi, kelengkapan barang dagangan serta dukungan manajemen toko yang solid bisa membantu investor dalam menekan risiko kerugian.

Kekurangan

  1. Adanya ongkos waralaba serta pembagian keuntungan (loyalti) dengan pihak Indomaret.
  2. Operasional yang disiplin harus dipatuhi.
  3. Tidak bebas dalam memilih produk yang ingin dijual.
  4. Produk yang terbatas hanya disediakan oleh pihak franchisor.

Bagi Hasil Gerai Indomaret

Bagi Hasil Gerai Indomaret

Sesuai rincian etimasi pera pelaku bisnis yang menjalankan bisnis ini akan memperoleh keuntungan atau balik modal dalam kurun waktu 3-5 tahun. Pihak Indomaret sendiri menargetkan bahwa per harinya, pebisnis bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp 7 – Rp 9 juta per hari atau sekitar Rp 200 – Rp 270 juta per bulan.

Pihak pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan bersih sekitar 5% yaitu sekitar Rp 10 – Rp 13 juta, sudah dipotong harga buat belanja produk, GAJI KARYAWAN INDOMARET, biaya loyalti serta biaya lainnya. Pelaku bisnis akan dikenai biaya loyalti sebesar 2 – 4 juta apabila omset diatas Rp 175 juta.

Nah, demikianlah informasi dari pilihprofesi.com terkait cara buka toko Indomaret beserta syarat dan harga franchise. Dengan cara serta syarat mudah, tentunya akan membuat siapapun tertarik untuk bekerjasama dengan Indomaret.

Cukup ikuti cara di atas, lengkapi semua syarat serta bayar harga franchise, maka kalian sudah bisa berbisnis waralaba Indomaret. Demikianlah cara buka gerai Indomaret, semoga artikel cara diatas bermanfaat.