√ Apa Itu Supervisor 2021 : Pengertian, Tugas, & Wewenang

Apa Itu Supervisor – Supervisor? Mungkin bagi sebagian dari Anda sudah tidak asing langi dengan apa itu supervisor. Bahkan tidak jarang banyak orang memiliki cita-cita menjadi seorang supervisor di salah satu perusahaan.

Di sisi lain, menjadi supervisor sendiri memiliki posisi jabatan bisa dibilang cukup penting dan seorang supervisor juga bisa mendapatkan gaji lumayan tinggi. Sebut saja GAJI SUPERVISOR toko, ternyata per bulannya bisa tembus di atas UMR.

Mungkin kedua faktor tersebutlah yang membuat banyak orang memiliki cita-cita jadi seorang supervisor. Namun pada pembahasan kali ini sendiri pilihprofesi.com bukan akan membahas mengenai gaji atau cara menjadi supervisor.

Melainkan mengetahui terlebih dahulu pengertian apa itu supervisor. Terkadang sudah banyak orang tahu akan pekerjaannya, namun banyak juga yang tidak tahu akan pengertian supervisor itu sendiri. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir.

Apa Itu Supervisor

Apa Itu Supervisor

Supervisor itu sendiri ialah salah satu profesi yang sering Anda temui di sebuah perusahaan atau tempat kerja. Di mana kata supervisor itu berasal dari kata supervise yang artinya mengawasi dan mengarahkan.

Dengan begitu secara sederhana supervisor itu sendiri ialah karyawan dari salah tempat kerja yang memiliki tugas mengawasi dan mengarahkan staf-staf lain di dalam pekerjaannya. Contoh seperti supervisor lapangan, pendidikan, gudang, restoran, finishing, toko dan lainnya.

Pengertian Supervisor

Lalu apa sebenarnya pengertian dari supervisor itu sendiri? Nah untuk pengertian supervisor itu sendiri menurut para ahli memiliki penyampaian yang berbeda satu sama lain, berikut beberapa pengertian menurut beberapa ahli :

  • Moekijat (1990)

Dalam bukunya Asas-asas Perliku Organisasi, Moekijat menyampaikan bahwa pengertian supervisor adalah seorang anggota dari manajemen lini depan tanggung jawab atas pekerjaan kelompoknya kepada tingkatan manajemen lebih tinggi.

  • Sarwoto (1993)

Dalam bukunya Dasar-Dasar Organisasi Manajemen, supervisor ialah seseorang di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab terhadap kelompok kerjanya.

  • Raphael, R. Kavanaugh dan Jack D. Ninemeier (2001)

Dalam bukunya Supervision in the Hospitality Industry, mengemukakan jika supervisor itu merupakan seseorang yang bertanggung jawab mengelola karyawan level bawah atau karyawan lainnya yang tidak mempunyai bawahan.

Tugas Supervisor

Tugas Supervisor

Setelah tahu apa itu dan pengertian dari supervisor menurut para ahli, Anda juga perlu tahu apa saja tugas-tugas dari seorang supervisor. Ada beberapa tugas dari seorang supervisor, di antaranya:

1. Mengatur Bawahan

Tugas pertama dari supervisor yaitu menjembatani antara manajer dan staf pelaksana. Di mana supervisor harus mampu mengelola dan mengidentifikasi apa saja pekerjaan yang harus dilakukan oleh tim pelaksana.

Nantinya supervisor diminta untuk membuat regulasi terkait dengan mekanisme penyelesaian tugas perusahaan yang diemban oleh staf di bawahnya agar tercipta suasana kerja tertib dan disiplin.

2. Memberikan Job Description

Tugas supervisor selanjutnya yaitu harus mampu memberikan penjelasan mengenai job description kepada setiap staf di bawahnya. Dengan begitu nantinya akan menjembatani perencanaan telah dibuat oleh manajer.

Dan terkadang tugas yang keluar dari manajer tidak bisa langsung dicerna oleh staf pelaksana. Dengan begitu perlu penjelasan secara baik agar kerja bisa lancar dan sesuai dengan harapan.

3. Memberikan Arahan

Selain kedua tugas di atas, supervisor juga memiliki tugas untuk memberikan pemahaman tentang target dan sasaran kerja apa yang harus dijalankan oleh para bawahannya.

Pemahaman serta pengarahan rutin juga akan membuat jalur komunikasi terasa baik antara supervisor dengan para staf. Sehingga lingkungan kerja akan tercipta lebih nyaman dan kondusif.

4. Memberikan Motivasi

Memberikan motivasi terhadap para staf bawahan agar para staf pelaksana tidak kehilangan fokus dan jenuh atas tugas-tugas yang dikerjakan. Dengan begitu tugas supervisor juga perlu melatih dan memastikan jika kinerja dari para bawahannya dilatih dengan baik.

5. Mengatur & Mengawasi

Nah mungkin tugas berikutnya ini menjadi salah satu tugas yang banyak orang sudah mengetahuinya. Yaitu mengatur serta  mengawasi kinerja para bawahannya, tidak hanya itu saja supervisor juga harus bisa mengevaluasi hasil dan kinerja dari semua yang telah dikerjakan.

Wewenang Supervisor

Wewenang Supervisor

Setelah mengetahui tentang pengertian, tugas serta wewenang. Maka selanjutnya Anda perlu tahu juga apa saja wewenang dari seorang yang menduduki jabatan supervisor. Adapun wewenang itu seperti:

  • Supervisor memiliki hak untuk menghentikan kegiatan/tugas di mana dinilai kurang bermanfaat untuk hasil akhirnya. Hal itu biasanya dari supervisor sendiri akan memberikan laporan kepada atasannya guna menentukan tindak lanjutnya.
  • Supervisor memili hak untuk membuat sistem peneguran terhadap staf bawahnya di mana melakukan pelanggaran atau ketidaksesuaian dengan ketentuan. Bahkan supervisor bisa melanjutkannya laporan ini ke atasan untuk diberikan hukuman lebih berat.
  • Supervisor memiliki hak dalam memberikan penghargaan atas prestasi telah dicapai oleh staf bawahannya. Hal itu bisanya terjadi setelah berhasil mengerjakan suatu projek.
  • Supervisor memiliki hak untuk memberikan usulan mengenai kenaikan jabatan bagi setiap staf bawahannya.

Mungkin demikianlah informasi mengenai apa itu, pengertian, tugas serta wewenang dari seorang dengan jabatan supervisor di tempat kerja. Semoga dengan adanya informasi supervisor yang pilihprofesi.com sampaikan  di atas dapat bermanfaat.