11+ Soal Pertanyaan Interview Alfamart dan Jawabannya 2022

Pertanyaan Interview Alfamart – Siapa yang tidak kenal dengan Alfamart? Mungkin hampir semua warga masyarakat kita sudah tahu dengan toko dengan warna kebesaran merahnya. Di mana Alfamart merupakan sebuah perusahaan perdagangaan ritel minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan.

Hingga kini, sudah ribuan gerai Alfamart dapat dengan mudah untuk dijumpai diberbagai kota di Indonesia. Selain banyaknya gerai, rupanya banyak juga masyarakat kita yang berminat untuk kerja di Alfamart karena bisa dibilang gaji karyawan Alfamart per bulan cukup lumayan.

Sebelum bisa kerja di Alfamart, maka perlu Anda ketahui dahulu syarat untuk bisa menjadi karyawan Alfamart. Jika ada lowongan atau perekrutan yang dibuka oleh Alfamart, bisa saja Anda langsung daftar dengan melengkapi syarat ketentuan yang berlaku.

Dalam pendaftaran tersebut, nantinya para calon yang lolos akan melakukan serangkaian interview yang dilakukan oleh tim HRD Alfamart. Mungkin bagi Anda yang ingin lakukan interview maka banyak bertanya-tanya apa saja soal pertanyaan yang nantinya akan ditanya oleh pihak tim HRD? Simak di bawah ini.

Pertanyaan Interview Alfamart

Menyiapkan Berkas Administrasi

Namun sebelum lanjut ke pembahasan pertanyaan interview kerja di Alfamart, alangkah baiknya perlu menyiapkan berkas administrasi dahulu. Karena nantinya berkas administasi yang tidak lengkap, bisa membuat Anda dinyatakan tidak lolos. Untuk berkas yang wajib ada saat lamar kerja di Alfamart seperti misalnya:

  • FC KTP.
  • FC KK.
  • FC NPWP.
  • FC Ijazah SMA Sederajat.
  • FC SKCK.
  • Pas Foto 3 × 4 (Warna).

Pertanyaan Interview Alfamart

Setelah tahu apa saja berkas administrasi yang diperlukan sebelum lakukan interview kerja di Alfamart, maka mari kembali ke topik pembahasan utama yaitu mengenai pertanyaan interview kerja di Alfamart. Secara umum pihak tim HRD Alfamart akan menanyakan hal-hal ini:

1. Ceritakan Singkat Tentang Diri Anda?

Pertanyaan pertama interview kerja Alfamart yaitu “Ceritakan singkat tentang diri Anda?” Biasanya ini akan menjadi pertanyaan utama bagi setiap para calon pekerja Alfamart. Untuk jawaban bisa dengan cara memperkenalkan diri saat interview Alfamart dengan ceritakan deskripsi singkat diri Anda kepada tim HRD mulai dari nama lengkap, umur, alamat atau domisili dan pendidikan terakhir.

2. Alasan Mengapa Anda Ingin Bekerja di Alfamart?

Pertanyaan kedua interview kerja Alfamart yaitu “Alasan mengapa Anda melamar bekerja di perusahaan kami?” Untuk menjawab soal pertanyaan interview ini bisa “Saya lamar di perusahaan ini karena melihat dari informasi jika sedang membutuhkan tenaga kerja”.

Anda bisa sebutkan posisi yang Anda ingin daftar seperti misalnya pramuniaga, kasir, gudang atau lainnya. Selain itu, Anda juga perlu melengkapi dengan penjelasan jika Anda mengetahui informasi lowongan kerja dari mana. Contoh “Saya dapatkan informasi dari brosur, akun official resmi Alfamart atau lainnya”.

3. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami (Alfamart)?

Pertanyaan ketiga interview kerja Alfamart yaitu “Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?” Di mana terlontarnya pertanyaan ini usaha pihak HRD Alfamart ingin mengetahui seberapa aktif Anda dalam mendapatkan informasi Alfamart.

Dengan begitu, maka Anda perlu reset terlebih dahulu sebelum melakukan interview kerja di Alfamart. Untuk informasi bisa didapatkan lewat Google, semakin menguasai dan mendapatkan banyak informasi maka akan memudahkan Anda dalam menjawabnya.

4. Apakah Bisa Kerja Dalam Sebuah Tim?

Pertanyaan keempat interview kerja Alfamart yaitu “Apakah bisa kerja dalam sebuah Tim?”. Silakan jawab “Bisa” bahkan jika sudah berpengalaman kerja bisa sertakan alasan dalam sebuah tim. Itu sebagai peyakin kepada tim HRD Alfamart.

5. Apa kelebihan Anda?

Pertanyaan kelima interview kerja Alfamart yaitu “Apa kelebihan Anda?” Dalam menjawab pertanyaan ini maka pelamar bisa menceritakan sedikit apa kelebihan yang dimiliki, usahakan dalam menyampaikan tidak berlebihan dan sewajarnya saja.

Hindari menjawab “Kelebihan saja banyak”, pihak HRD bisa berasumsi jika itu adalah jawaban bohong. Karena dalam diri pendaftar akan ada sebuah sisi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing.

6. Apa kekurangan Anda?

Pertanyaan keenam interview kerja Alfamart yaitu “Apa kekurangan Anda?” Untuk hal ini Anda bisa menyebutkan apa saja kekurangan yang dimiliki, jangan bilang “Tidak memiliki kekurangan”. Hal itu kembali ke pertanyaan sebelumnya jika setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan.

Namun usahakan dalam menjawabnya jangan terlalu merendahkan kekurangan yang Anda miliki, sama halnya pertanyaan di atas jawab sewajarnya dan jangan pula ceritakan yang berpotensi menjatuhkan diri.

7. Kenapa kami harus menerima Anda?

Pertanyaan ketujuh interview kerja Alfamart yaitu “Apa yang bisa meyakinkan kami untuk bisa menerima Anda kerja di perusahaan ini?”. Dalam menjawab pertanyaan ini bisa coba meyakinkan pada HRD jika saat perusahaan ini dengan poin positif, silakan jawab dengan simpel namun berbobot.

8. Apa rencana 3 tahun kedepan?

Pertanyaan kedelapan interview kerja Alfamart yaitu “Apa rencana 3 tahun kedepan?” Dalam menjawabnya maka bisa menceritakan apa rencana Anda dalam kurun waktu (tahun) yang menjadi pertanyaan. Jangan sampai jawab “Tidak tahu” dan “Saya belum ada rencana”, silakan jawab dengan “Rencana dalam beberapa tahun kedepan, saya ingin sudah naik jabatan”.

9. Berapa Gaji yang Diinginkan?

Pertanyaan kesembilan interview kerja Alfamart yaitu “Berapa gaji yang Anda inginkan”. Dalam pertanyaan interview ini alangkah baiknya jangan sebutkan nominal, namun sebut saja jika gaji yang diinginkan sesuai dengan upah atau gaji sesuai dengan UMK / UMR kota terkait.

10. Bersedia bekerja di luar kota?

Pertanyaan kesepuluh interview kerja Alfamart yaitu “Apakah bersedia ditempatkan diluar kota?”. Dalam menjawab pertanyaan interview ini silakan jawab “Siap”, karena dalam melamar kerja pastinya orang butuh dengan uang, menjadikan siap untuk resiko yang didapat.

Apalagi jika dalam pembukaan lowongan sudah menyertakan syarat berupa bersedia untuk ditempatkan di luar kota, maka secara otomatis pendaftar juga harus siap di mana saja nantinya akan ditempatkan.

11. Ada pertanyaan?

Pertanyaan terakhir interview yaitu “Adakah pertanyaan?”. Menjawab pertanyaan interview ini silakan jawab dengan informasi yang Anda belum pahami secara jelas, contoh menanyakan terkait perusahaan apa mengenai job desc, benefit, lembur atau jenjang karir.

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Alfamart

Setelah mengetahui apa saja pertanyaan dan jawaban interview kerja di Alfamart di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui tips menjawab pertanyaan interview. Karena dengan tips ini Anda bisa merasa lebih santai dan semoga bisa menjadi salah satu hak lolos interview.
Ini dia beberapa tipsnya:

  • Siapkan penampilan.
  • Percaya diri.
  • Jawab secara jelas jangan terbata-bata.
  • Pahami buka dihafal / kuasai.
  • Tidak boleh menjelekan perusahaan.
  • Jangan gerogi.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Terakhir jangan lupa berdoa.

Kesimpulan

Demikian kiranya pembahasan terkait soal pertanyaan interview kerja di Alfamart / Alfamidi yang dapat pilihprofesi.com sajikan. Selain itu, pertanyaan interview online Alfamart juga sama hanya saja akan dilakukan secara online. Jadi usahakan jawab secara pada dan jelas.

Semoga dengan adanya pertanyaan-pertanyaan interview di atas bisa membantu, terutama bagi para calon pekerja di Alfamart. Dengan menyiapkan diri sedemikian rupa dan dari berbagai aspek diatas maka bisa saja peluang lolos akan semakin besar

Gambar Sumber : blog.alfamart.co.id