Bisa Miliaran ! Inilah Gaji Komisaris Telkom Per Bulan 2021

Gaji Komisaris Telkom – PT Telekomunikasi Indonesia atau lebih dikenal luas dengan Telkom adalah salah satu PERUSAHAAN BUMN DI INDONESIA yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi dan komunikasi. Telkom menjadi salah satu perusahaan BUMN dengan aset mencapai angka triliunan rupiah.

Dengan total aset triliunan, lantas berapakah besar gaji seorang komisaris Telkom? Berbicara soal profesi dan jabatan, memang tak terlepas dari yang namanya gaji. Adapun untuk informasi gaji komisaris Telkom, akan pilihprofesi bagikan, namun sebelum itu simak terlebih dahulu informasi di bawah ini.

Komisaris adalah sekelompok orang dengan jabatan atau posisi dalam sebuah perusahaan. Seperti yang telah kita ketahui, bahwasanya semakin tinggi jabatan maka gaji yang diperoleh juga akan semakin tinggi, begitu juga dengan penghasilan per bulan seorang Komisaris Telkom yang bisa mencapai angka miliaran.

Sebagai perusahaan dengan aset triliunan, membuat banyak orang penasaran dengan gaji Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia. Hal itu terbilang wajar, mengingat seorang Komisaris memiliki kedudukan jabatan yang tinggi dan berikut penjelasan terkait gaji Komisaris Telkom per bulan.

Gaji Komisaris Telkom

Gaji Komisaris Telkom

Tak jauh berbeda dengan GAJI KOMISARIS PERTAMINA, gaji komisaris Telkom juga mencapai angka miliaran ditambah dengan tunjangan dan tantiem. Telkom mengeluarkan dana dengan total remunerasi sebesar Rp. 96 miliar untuk membayar seluruh dewan komisaris.

Berikut adalah rincian dan pembagian total remunerasi dewan komisaris Telkom :

1. Komisaris Utama

Komisaris utama PT Telekomunikasi Indonesia mendapatkan gaji sebesar Rp. 9,86 miliar yang meliputi honorarium dan tunjangan lainnya sebesar Rp. 3,81 miliyar serta tantiem Rp. 6,06 miliyar. Dari total keseluruhan, maka seorang Komisaris mendapatkan gaji sekitar 800 juta per bulan.

2. Komisaris Independen

Sedangkan, komisaris independen mendapatkan gaji sebesar Rp. 1,49 miliar hingga Rp. 11,31 miliar. Besaran remunerasi masing-masing komisaris independen berbeda-beda. Untuk besaran Rp. 1,49 miliar tidak memperoleh tantiem, namun hanya berupa gaji dan tunjangan lainnya.

3. Komisaris

Sementara itu, untuk jabatan komisaris total remunerasi dimulai dari Rp. 1,49 miliar hingga Rp. 8,86 miliar. Angka tersebut sudah termasuk gaji, tunjangan dan tantiem. Untuk nilai Rp. 1,48 miliar ini tidak mendapatkan tantiem, namun untuk nilai Rp. 8,86 miliar sudah meliputi gaji, tunjangan lainnya serta tantiem.

Sampai disini sudah bisa ditarik kesimpulan, bahwasanya seorang komisaris PT Telekomunikasi Indonesia mendapatkan penghasilan di atas 1 miliar rupiah. Angka yang sangat menggiurkan ! Lalu, apa sih tugas komisaris bisa-bisa mencapai gaji miliaran? Adapun tugas seorang komisaris yaitu sebagai berikut.

Tugas Komisaris Telkom

Tugas Komisaris Telkom

Punya gaji mencapai miliaran, tak terlepas dari tugas yang diberikan. Seorang komisaris Telkom memiliki tugas yang terbilang cukup berat, karena dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Dimana tugas seorang Komisaris telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Mengacu pada UU tersebut, berikut tugas-tugas komisaris.

  1. Pasal 1, Dewan Komisaris memiliki tugas untuk melakukan pengawasan secara umum dan khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi masukkan kepada direksi.
  2. Pasal 108, Dewan Komisaris memiliki tugas untuk melakukan pengawasan atas kebijakan pengurusan, jalannya pengurusan pada umumnya, baik mengenai perseroan ataupun usaha perseroan sekaligus memberikan nasihat ke direksi.

Terkait besaran gaji komisaris BUMN menurut informasi diatas, mengacu pada Peraturan Menteri BUMN No. PER-12/MBU/11/2021 terkait Perubahan Kelima Atas Peraturan Menteri BUMN No. PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris serta Dewan Pengawas BUMN.

Nah, demikianlah informasi lengkap terkait gaji komisaris Telkom yang dapat Pilihprofesi.com sajikan. Telkom bukan tanpa alasan memberikan gaji miliaran, namun karena tugasnya memang tidaklah mudah.

Dengan tugas yang berat, mungkin terdengar masuk akal jika seorang Komisaris Telkom mendapat pendapatan miliaran per tahun. Itulah informasi pendapat Komisaris Telkom, semoga bermanfaat.