Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis 2022

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis – Beasiswa merupakan pemberian bantuan keuangan yang diberikan untuk perorangan dengan tujuan untuk digunakan sebagai biaya pendidikan yang ditempuh. Beasiswa sendiri dapat diberikan melalui lembaga pemerintah, perusahaan atau yayasan.

Selain memiliki tujuan untuk memberikan bantuan pendidikan kepada seseorang, beasiswa juga diberikan dengan tujuan agar orang tersebut nantinya mengabdi atau bekerja kepada lembaga pemerintah, perusahaan atau yayasan yang memberikan beasiswa. Meskipun ada juga beberapa jenis beasiswa yang diberikan secara gratis.

Oleh karena itu, sebelum kalian memilih beasiswa, alangkah baiknya jika kalian perhatikan terlebih dahulu jenis beasiswa yang akan diberikan. Supaya nantinya kalian lebih mudah untuk menjalani pendidikan tersebut, tanpa harus merasa kecewa setelah mendapatkan beasiswa.

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin mendapatkan beasiswa kuliah gratis namun belum mengetahui bagaimana cara mendapatkannya, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Syarat Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Untuk mendapatkan beasiswa kuliah sendiri harus memenuhui beberapa syarat, dimana syarat ini akan menjadi seleksi awal bagi para calon penerima beasiswa kuliah. Adapun syarat yang diberikan sebenarnya berbeda-beda tergantung dari jenis beasiswa yang diberikan.

Akan tetapi ada beberapa syarat umum mendapatkan beasiswa kuliah yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Telah menyelesaikan program studi yang ditentukan oleh beasiswa tersebut.
  • Tidak sedang mendaftar, akan menerima atau menerima beasiswa dari sumber lain.
  • Pemilihan program studi sesuai dengan beasiswa yang diberikan.
  • Bersedia menandatangai / menyetujui surat pernyataan yang terdapat pada aplikasi pendaftaran.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis sebenarnya dapat dilakukan seperti kita mendaftar kuliah pada umumnya, hanya saja form pendaftaran yang diisikan dikhususkan untuk penerimaan beasiswa. Sebagai contoh cara mendaftarkan beasiswa kuliah di LPDP adalah sebagai berikut:

  • Silahkan mendaftar beasiswa melalui halaman beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.
  • Setelah itu tinggal melengkapi semua data dan mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan syarat pendaftaran.
  • Langkah terakhir tinggal submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode pendaftaran atau registrasi.

Jenis-Jenis Beasiswa Kuliah Gratis

Apabila kalian merasa tertarik ingin mendapatkan beasiswa, maka kalian perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis beasiswa yang ada. Supaya pada saat kalian mendaftar lebih merasa yakin seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya diatas.

1. Bidik Misi

Bidik misi merupakan jenis beasiswa kuliah yang diberikan kepada peserta kurang mampu bagi lulusan SMA/SMK. Dengan biaya hidup yang diberikan kepada peserta adalah sebesar Rp 700 ribu per bulan. Jenis beasiswa ini juga memungkinkan peserta mengikuti tes masuk perguruan tinggi jalur SNMPTN.

2. LPDP

LPDP merupakan program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui DPPN (Dana Pengembangan Pendidikan Nasional) dan dikelola oleh LPDP dengan tujuan untuk pembiayaan studi lanjut program Magister atau program doktoral pada perguruan tinggi.

3. PPA

Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) merupakan beasiswa yang diberikan oleh Menristekdikti kepada mahasiswa yang berada pada tingkat Diploma atau Sarjana. Setiap peserta akan mendapatkan bantuan dana dengan jumlah Rp 350 ribu selama satu periode tahun ajaran.

4. KSE

Beasiswa KSE (Karya Salemba Empat) merupakan program beasiswa untuk jenjang Sarjana mulai dari semester 2. Dengan jenis beasiswa yang ada diantaranya adalah beasiswa regular, unggul, kewirausahaan sosial dan teknologi untuk Indonesia.

Kurang lebih ada 30 universitas yang bekerjasama dengan beasiswa KSE dan setiap penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan, pembinaan, leadership program, workshop dan coaching.

Akhir Kata

Selain jenis beasiswa yang telah kami jelaskan diatas, sebenarnya masih banyak lagi jenis beasiswa kuliah gratis lainnya, akan tetapi beasiswa tersebut lebih banyak diberikan oleh pihak perusahaan atau yayasan dan beasiswa tersebut juga tidak berlangsung setiap tahun.

Demikian itu informasi yang sekiranya dapat Pilih Profesi berikan mengenai informasi cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semua.

Sumber Gambar: edukasi.kompas.com