Biaya Kuliah UGM 2020 : UKT, Syarat & Jalur Masuk

Biaya Kuliah UGM – Terkadang biaya kuliah selalu dibicarakan terlebih dahulu jika berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia. Hal tersebut karena biaya kuliah cukup beragam dan bisa dikatakan di setiap kampus atau universitas memiliki besaran berbeda.

Universitas Gadjah Mada atau biasa di sebut dengan UGM menjadi salah satu kampus terbaik dengan peminat yang sangat banyak di setiap tahunnya. Perguruan tinggi negeri yang ada di Jogja dengan memiliki beberapa fakultas dan jurusan ini juga memiliki besaran biaya kuliah berbeda dengan kampus-kampus lain.

Dalam pembayaran biaya kuliah di UGM itu sendiri sudah menerapkan sebuah sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dimana nanti para mahasiswa harus membayarkan per semesternya. Besaran UKT di UGM tergantung dengan pilihan jurusan atau program studi yang dipilihnya.

Karena di UGM memiliki beberapa fakultas dan program studi yang ada, sehingga biaya tersebut membuat jelas memiliki perbedaan satu sama lainnya. Namun dari biaya tersebut ada juga yang memiliki biaya sama antara program studinya.

Biaya Kuliah UGM Beserta UKT, Syarat & Jalur Masuk

Biaya Kuliah UGM Beserta UKT Syarat Jalur Masuk

Penasaran akan mengenai biaya kuliahnya? atau bertanya-tanya mengenai besaran UKT-nya? Berikut akan disampaikan secara jelas dibawah ini. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir agar mengetahui mengenai besaran biaya UKT di UGM.

Biaya Kuliah UGM

Biaya Kuliah UGM

Karena sudah menggunakan sistem pembayaran UKT menjadikan nantinya para mahasiswa UGM perlu membayarkannya per semester. Dimana sistem UKT yang merupakan sistem silang menjadikan semakin rendah penghasilan orang tua maka akan mendapat UKT lebih kecil, itu juga berlaku sebaliknya. Pembagiannya kelompok UKT untuk jenjang sarjana (S1) di UGM seperti berikut.

Kelompok UKTKriteria penghasilan
0Peserta Beasiswa Bidikmisi
IPenghasilan ≤ Rp 500.000,00
IIRp 500.000 < Penghasilan ≤ Rp 2.000.000
IIIRp 2.000.000 < Penghasilan ≤ Rp 3.500.000
IVRp 3.500.000 < Penghasilan ≤ Rp 5.000.000
VRp 5.000.000 < Penghasilan ≤ Rp 10.000.000
VIRp 10.000.000 < Penghasilan ≤ Rp 20.000.000
VIIRp 20.000.000,00 < Penghasilan ≤ Rp30.000.000
VIIIPenghasilan > Rp 30.000.000

Setelah mengetahui mengenai kriteria pembagian UKT, maka lanjut dengan melihat mengenai biaya UKT di UGM tersebut. Yang jelas di setiap jurusan atau program studi memiliki perbedaan satu sama lain seperti BIAYA KULIAH KEDOKTERAN akan berbeda dengan biaya kuliah di teknik mesin. Berikut rincian biaya kuliahnya.

Biaya Kuliah UGM 1 Biaya Kuliah UGM 2 Biaya Kuliah UGM 3 Biaya Kuliah UGM 4

Jalur Masuk Universitas Gadjah Mada (UGM)

Jalur Masuk Universitas Gajah Mada UGM

Untuk jalur masuk para calon mahasiswa sendiri di UGM sama seperti di kampus lain, dimana memberikan dua pilihan yaitu tanpa tes atau ikut ujian tertulis. Jika para calon mahasiswa ingin masuk di UGM namun tanpa tes maka harus lolos SNMPTN terlebih dahulu. Jika di SNMPTN tidak lolos maka bisa mengikuti SBMPTN ataupun ikut ujian tulis UGM.

1. Jalur SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) nantinya akan dilaksanakan secara serentak oleh semua pelajar kelas 12. Nah untuk mengikuti SNMPTN itu sendiri memiliki ketentuan atau syarat, berikut beberapa ketentuan tersebut.

  • Sekolah dimana akan mengajukan siswanya maka harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  • Sekolah mengisi data prestasi  siswa yang akan mengikuti SNMPTN.
  • Seleksi akan dilakukan menggunakan nilai rapor dan juga portofolio akademik pelajar.
  • Nilai rapor digunakan yaitu nilai semester 1 – 5.
  • Siswa harus sudah memiliki NISN.
  • Siswa memiliki prestasi unggul.

Melihat dari syarat dan ketentuan untuk bisa lolos SNMPTN nantinya bisa dilihat dari prestasi apa yang di toreh dan rekem jejak saat belajar di sekolah mengenai atas.

2. Jalur SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga bisa menjadi alternatif jika anda para siswa atau calon mahasiswa saat ingin masuk di UGM. SBMPTN nantinya akan di laksanakan secara serentak sama seperti pelaksanaan SNMPTN, dimana sebelum mengikutinya siswa harus ikut serta dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Dengan hasil UTBK inilah nantinya digunakan sebagai syarat serta menentukan apakah lolos tidaknya menjadi mahasiswa di UGM. Nah dalam mengikuti UTBK juga ada persyaratannya, berikut beberapa persyaratannya.

  • Siswa SMA,SMK, MA dan peserta paket C baik lulusan 2020,2019 dan 2018.
  • Membayar biaya UTBK.
  • Hanya sekali mengikuti seleksi tes dengan ketentuan tiga bagian:
  1. UTBK Kelompok Soshum akan ikut ujian TPS & TKA Soshum.
  2. UTBK Kelompok Saintek akan ikut ujian TPS & TKA Saintek.
  3. UTBK Kelompok Campuran akan ikut ujian TPS, TKA Soshum, & TKA Saintek.

3. Jalur Ujian Tulis Mandiri

Pada jalur ujian tulis mandiri sendiri nantinya akan dilaksanakan secara regional oleh pihak penyelenggara yaitu panitia ujian tulis mandiri UGM. Pada masuk jalur ini nantinya peserta setelah sebelumnya memilih 3 program studi yang diminatinya. Untuk ujian tulis di UGM sendiri terbagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok Saintek, Soshum, dan campuran.

Beasiswa di UGM

Beasiswa di UGM

Jika sudah masuk di UGM dan menjadi mahasiswa yang berprestasi maka nantinya akan mendapat beasiswa yang cukup beragam. Banyak sekali beasiswa yang ada di UGM, seperti.

  • Beasiswa Putera Sampoerna Foundation.
  • Djarum Beasiswa Plus.
  • Beasiswa Bidikmisi.
  • Beasiswa BCA Finance.
  • Beasiswa Bank Indonesia.
  • Beasiswa Pembangunan Jaya.
  • Beasiswa Eka Tjipta Foundation.
  • Beasiswa Perusahaan Listrik Negara.
  • Beasiswa Bank Mayapada.
  • Beasiswa PT Daya Adicipta Motora.
  • Serta Beasiswa Lainnya.

FAQ

1. Berapa Biaya Asrama UGM?

Untuk biaya sewanya asrama di UGM hampir dibilang bervariatif dari mulai Rp 250.000 – Rp 500.000 setiap bulannya.

2. Mengapa Harus Kuliah di UGM?

Karena di UGM merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia.

3. Fakultas atau Jurusan Apa yang Menjadi Terfavorit di UGM?

Semua jurusan di sana terbilang semuanya menjadi favorit, namun ilmu kedokteran menjadi salah satu yang banyak sekali peminatnya setiap tahunnya.

Demikianlah informasi yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda mengenai biaya kuliah di salah satu kampus terbaik di Indonesia. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna untuk semua.