Biaya Kuliah IPB & Syarat Masuk Terbaru 2020

Biaya Kuliah IPB – Institut Pertanian Bogor atau lebih dikenal IPB merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang sangat ternama di Indonesia. Berlokasi di Bogor lebih tepanya berada di jalan raya Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor Jawa Barat juga menjadi salah satu perguruan tinggi impian.

Cukup banyak para lulusan SMA/SMK maupun sederajat yang berkeinginan sekali untuk melanjutkan pendidikan tingginya di IPB ini. Bergerak di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika mungkin itulah yang menjadi daya tarik bagi calon peserta atau mahasiswa baru.

Selain itu program studi yang di berikan di sana juga terbilang cukup beragam dan cukup banyak, sehingga anda perlu memilih sesuai dengan program studi apa yang akan dipilih. Jika sudah menentukan program studi apa yang akan dipilih tinggal berlanjut ke pendaftarannya.

Namun sebelum berlanjut lebih jauh, alangkah baiknya untuk mengetahui mengenai biaya kuliah di IPB itu sendiri. Untuk sistem pembayaran biaya kuliahnya di Institut Pertanian Bogor sudah menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan sistem yang didasarkan oleh ekonomi mahasiswa atau penghasilan orang tua.

Biaya Kuliah IPB & Syarat Masuk Terbaru

Biaya Kuliah IPB Syarat Masuk Terbaru

Penghasilan para orang tua mahasiswa yang berbeda menjadikan nanti besaran biaya UKT tersebut berbeda-beda pula. Untuk yang memiliki penghasilan tinggi biasanya akan dikenakan biaya lebih besar, sedangkan penghasilan rendah akan lebih kecil. Bahkan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi nantinya akan menerima Bidikmisi dimana biaya akan ditanggung oleh negara.

Biaya Kuliah IPB

Biaya Kuliah IPB

Untuk yang ingin lebih jelas mengetahui mengenai besaran biaya kuliah di IPB berikut akan dijelaskan secara lengkap dibawah ini. Jadi ikuti terus ulasan ini sampai akhir.

Biaya Kuliah Jenjang Diploma IPB

Untuk biaya kuliah pada jenjang ini sendiri sudah menggunakan sistem UKT dimana untuk semua jurusan atau keahlian yang ada menerapkan biaya kuliah sama yaitu sebesar Rp 6.000.000 setiap semesternya.

Biaya Kuliah Jenjang Sarjana IPB Jalur SNMPTN & SBMPTN

Bagi para mahasiswa kuliah jenjang sarjana di IPB dengan lulus seleksi lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN harus mengeluarkan biaya kuliah yang besarannya berbeda-beda, sama seperti BIAYA KULIAH DI UNSIKA tergantung jurusan atau fakultas apa yang dipilihnya. Berikut besaran biaya UKT dari semua jurusan yang ada.

Biaya Kuliah Jenjang Sarjana IPB 1 Biaya Kuliah Jenjang Sarjana IPB 2 Biaya Kuliah Jenjang Sarjana IPB 3

Untuk Ujian Tulis Mandiri (UTM) dan Jalur Undangan Seleksi Khusus IPB, selain dibebankan UKT/semester nantinya akan dikenakan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF). Besarannya juga cukup beragam dari mulai 25 – 75 juta tergantung dengan jurusan yang dipilih.

Biaya Jenjang Pascasarjana

Untuk yang memilih jenjang pascasarjana juga memiliki sebuah biaya kuliah berbeda juga. Berikut besaran biaya tersebut.

NoKomponen BiayaS2 (Rp)S3 (Rp)Satuan
1.Biaya SeleksiRp 750.000Rp 750.000Paket
2.Biaya SPPRp 9.000.000Rp 12.000.000Semester
3.Biaya WisudaRp 525.000Rp 525.000Paket

Syarat Pendaftaran Masuk UTM-BK

Syarat Pendaftaran Masuk UTM BK

Untuk proses dan pelaksanaannya sendiri Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK) nantinya para peserta harus merupakan lulusan SMA, MA, SMK, IPA tahun lulus 2020, 2019, & 2018. Untuk peserta yang memilih jalur UTBK nantinya terlebih dahulu harus melakukan registrasi di laman pendaftaran.admisi.ipb.ac.id.

Terkait pendaftaran tersebut nantinya para peserta atau calon mahasiswa akan dikenai biaya pendaftaran. Biaya tersebut cukup beragam dari mulai Rp 300.000 untuk pelamar yang menggunakan skor UTBK serta Rp 500.000 untuk peserta yang mengikuti ujian tertulis.

Peserta UTM-BK sendiri harus memilih 1 atau 2 prodi yang sudah ditawarkan. Selain itu peserta juga dapat memilih pilihan yang ketiga jika kedua program dipilih oleh peserta tadi tidak diterima. Besaran uang pendaftaran tersebut nantinya tidak bisa ditarik kembali.

FAQ

1. Jalur Mandiri UTM-BK Apakah Ada Uang Pangkal?

Ya, di jalur ini nantinya ada uang pangkalnya.

2. Berapa Biaya Asrama IPB?

Biaya asrama meliputi biaya kamar sebesar Rp 1.200.000 pertahunnya.

3.Jurusan Apa Saja yang Ada di IPB?

Jurusan yang ada disana terbilang cukup banyak seperti ada fakultas pertanian, kedokteran hewan, peternakan dan lainnya.

Nah mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai besaran uang kuliah di IPB. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua, terutama bagi anda yang memiliki niatan untuk melanjutkan kuliah di IPB.