Tugas Pilot Beserta Peran & Tanggung Jawab Terbaru 2020

Tugas Pilot – Pilot? mungkin sebagian dari anda sudah banyak yang mengetahui mengenai salah satu profesi satu ini. Merupakan sebuah profesi yang banyak sekali diminati oleh banyak orang, untuk kerjanya sendiri yaitu mengoperasikan transportasi udara baik itu pesawat atau helikopter.

Tidak hanya itu saja, seorang pilot juga memiliki beberapa tugas atau tanggung jawab yang harus diembannya. Walaupun memiliki tugas dan tanggung jawab cukup tinggi, namun masih banyak sekali orang yang berkeinginan menjadi pilot, mungkin pilot menjadi salah satu profesi yang cukup terpandang.

Namun pada kesempatan kali ini pilihprofesi.com akan sampaikan sebuah informasi mengenai tugas seorang pilot. Walaupun anda sudah mengetahui mengenai tugasnya, namun perlu anda ketahui juga mengenai tugas, peran atau tanggung jawab lainnya dari seorang penerbang pesawat ini.

Selain itu seorang pilot menjadi salah satu sosok dimana sangat berperan penting sekali dalam proses penerbangan pesawat tersebut. Dimana semua keselamatan dari para penumpang pesawat nantinya akan menjadi sepenuhnya menjadi tanggung jawabnya.

Tugas Pilot yang Harus di ketahui

Tugas Pilot yang Harus di ketahui

Jika melihat dari tugasnya sendiri, seorang yang memiliki profesi sebagai pilot sebenarnya tidak banyak tugas-tugas yang harus dikerjakan namun pilot memiliki kesulitan dan juga tanggung jawab sangat besar. Seperti yang pilihprofesi.com akan sampaikan berikut beberapa tugas pilot yang harus di ketahui.

Tugas Seorang Pilot

Tugas Seorang Pilot

Menerbangkan pesawat dari bandara satu ke bandara lain (bandara tujuan) merupakan tugas utama dari seorang pilot. Tidak hanya menerbangkan dan mendaratkan pesawat secara sempurna saja, seorang pilot juga memastikan semua penumpang didalamnya terjaga keselamatan dan kesehatannya.

Berhubungan dengan nyawa penumpang, menjadikan tanggung jawab dari seorang pilot sangatlah besar sekali. Hal ini tidak heran jika seorang pilot memiliki gaji cukup fantastis, di Indonesia sendiri sebuah gaji pilot garuda Indonesia memiliki besaran bisa di angka puluhan juta.

Selain menjaga keselamatan dan kesehatan dari para penumpang pesawat, pilot juga harus menjaga diri sendiri. Hal tersebut karena peran dari seorang pilot yang besar tersebut lah nantinya membuat penerbangan akan lancar, itu menandakan kondisi kesehatan pilot harus dalam kondisi 100 % fit.

Kesehatan tersebutlah yang nantinya akan menjamin keselamatan dari semua penumpang yang di bawa terbangnya. Jadi jika kondisi pilot tidak sepenuhnya fit justru para penumpang nantinya yang akan was-was ketika pesawat mulai lepas landas dan mulai terbang menuju bandara tujuan.

Peran & Tanggung Jawab Pilot

Peran Tanggung Jawab Pilot

Tidak hanya tugasnya saja, peran dan tanggung jawab dari seorang yang memiliki profesi sebagai pilot juga memiliki peran dan tanggung jawabnya besar. Nah berikut beberapa peran dan tanggung jawab yang harus diberikan oleh pilot pesawat, seperti:

  • Memeriksa dan memastikan semua teknis dari pesawat yang akan di operasikan atau di terbangkan dalam kondisi layak terbang baik setelah atau sesudah pesawat tersebut terbang.
  • Sepenuhnya menjamin keamanan dan keselamatan penumpang selama dalam penerbangan.
  • Memberikan pelayanan penerbangan pesawat secara profesional bersama co-pilot dengan memperhatikan cuaca dan teknik standar yang ditentukan.
  • Memberikan perasaan nyaman pada penumpang saat penerbangan.
  • Memberikan laporan pada teknisi pesawat jika terjadi masalah pada pesawat.
  • Memberikan laporan penerbangan dan perubahan rencana penerbangan ke otoritas bandara secepat mungkin.
  • Melakukan pencatatan komunikasi dari petugas air traffic control serta menerapkan rencana penerbangan jika diperlukan.
  • Mempunyai sebuah inisiatif tinggi dalam memecahkan sebuah masalah dalam penerbangan.
  • Menemukan atau mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang terbaik saat pesawat memiliki masalah dimana mengakibatkan situasi yang nantinya bisa berbahaya.
  • Selain itu dalam menghadapi masalah tersebut pilot tetap dalam kondisi tenang tanpa ada sebuah rasa panik untuk tidak membuat penumpang juga akan merasakan panik juga.

Nah mungkin itu saja yang bisa pilihprofesi.com sampaikan untuk anda semua mengenai tugas pilot beserta peran dan tanggung jawab yang harus diberikan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkannya.