7 Gaji UMR Jepara & UMK Terbaru 2022

Gaji UMR Jepara – Sebagai upah pekerja, perusahaan maupun pemerintah daerah setempat sudah mengatur mengenai UMR atau Upah Minimum Regional. Dimana UMR tersebut yang digunakan sebagai patokan minimal gaji para pekerja setiap bulannya. Sehingga untuk beberapa perusahaan atau pemberi kerja perlu memberikan upah sesuai dengan ketentuan UMR di wilayah tersebut.

Seperti halnya yang didapatkan oleh para pekerja di wilayah Jepara. Mereka akan mendapatkan gaji atau upah sesuai dengan ketentuan yang diatur pemerintah maupun pihak perusahaan. Namun berapa besaran gaji UMR Jepara?

Besaran gaji minimum di daerah Jepara dapat dibilang lumayan tinggi dibandingkan dengan beberapa wilayah lainnya di Jawa Tengah. Rincian gaji UMR Jepara bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa ketahui berapa gaji UMR di daerah tersebut sesuai dengan ketetapan pemerintah setempat.

Nah pada artikel kali ini, admin Pilihprofesi.com akan menyajikan ulasan tentang gaji UMR Jepara beserta dengan besaran gaji UMK di Jepara. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak ulasan mengenai pengertian gaji UMR dan gaji UMK berikut ini.

Gaji UMR Jepara

Pengertian Gaji UMR dan UMK

UMR adalah singkatan dari Upah Minimum Regional yang merupakan sejumlah upah minimum yang akan dibayarkan kepada pekerja atau karyawan pada suatu daerah atau wilayah tertentu. Istilah dan penerapan UMR dapat kalian temukan dalam peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 1 tahun 1999. Selain itu, peraturan ini juga direvisi dalam keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 226 tahun 2000.

Sedangkan UMK adalah singkatan dari Upah Minimum Kabupaten yang merupakan standar upah minimum pekerja yang berlaku hanya di kabupaten atau kota tertentu. Peraturan UMK ditentukan oleh Gubernur sesuai dengan pengajuan dari Bupati atau Walikota.

Nah setelah ketahui pengertian tentang UMR dan UMK, sekarang apa saja yang membedakan gaji UMR dan UMK? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan UMR dan UMK

Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai perbedaan gaji UMR dan UMK. Dimana perbedaan tersebut seperti pihak yang menetapkan, waktu pemberlakuan dan lain sebagainya. Perbedaan gaji UMR dan UMR adalah sebagai berikut:

1. Pihak yang Menentukan

Perbedaan UMR dan UMK yang pertama yakni mengenai pihak yang menentukan keputusan. Dimana sesuai dengan ketetapan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yang menentukan UMR atau UMP adalah Gubernur. Sedangkan untuk UMK yang menentukan Gubernur atas dasar rujukan atau ajuan dari Bupati atau Walikota.

2. Periode Peninjauan

Perbedaan UMR dan UMK kedua yaitu tentang periode peninjauan. Dimana untuk penentuan gaji UMR membutuhkan waktu paling lama 60 hari. Sedangkan untuk penentuan gaji UMK hanya membutuhkan waktu paling lama 40 hari saja. Hal tersebut yang membedakan antara UMR dan UMK dalam waktu peninjauan nya.

3. Waktu Pemberlakuan

Perbedaan UMR dan UMK ketiga yakni mengenai waktu pemberlakuan. Dimana untuk waktu pemberlakuan UMR di terapkan setiap 1 November. Sedangkan untuk mensosialisasikan UMK maksimal sampai dengan 21 November dan akan berlaku di tahun depannya pada bulan Januari.

4. Nominal

Perbedaan UMR dan UMK selanjutnya yakni mengenai nominal. Dimana UMK biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan UMR. Walaupun begitu, ada beberapa wilayah yang memiliki UMR lebih tinggi dibandingkan dengan UMK.

Nah setelah ketahui perbedaan tentang UMR dan UMK, sekarang berapa besaran UMR dan UMK di Kabupaten Jepara, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Tabel Gaji UMR Jepara Terbaru

Beberapa daftar gaji UMR atau UMK yang akan admin Pilihprofesi.com sajikan berikut ini mulai dari tahun 2016 sampai dengan yang terbaru. Dimana daftar UMR Jepara ini memuat untuk beberapa sektor. Tabel gaji UMR dan UMK wilayah Jepara dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut:

TahunBesaran UMR Jepara
UMR Jepara 2016Rp 1.350.000
UMR Jepara 2017Rp 1.600.000
UMR Jepara 2018Rp 1.739.360
UMR Jepara 2019Rp 1.879.031
UMR Jepara 2020Rp 2.040.000
UMR Jepara 2021Rp 2.107.000
UMR Jepara 2022Rp 2.108.403

Buat kalian yang ingin tahu besaran gaji UMR di beberapa wilayah Indonesia lainnya, silahkan kunjungi halaman Kategori Gaji UMR dari Pilihprofesi.com.

Pengesahan Gaji UMR Jepara

Besaran gaji di wilayah Jepara tersebut disahkan sesuai dengan keputusan pemerintah serta sudah koordinasi di dewan penggajian kabupaten Jepara. Dimana untuk besaran UMR Jepara terbaru yakni sebesar Rp 2.108.403.

Sebagai tambahan, berikut ini admin Pilihprofesi.com akan menyajikan rangkuman tentang beberapa perusahaan besar yang bertempat di Jepara, silahkan simak rangkuman berikut ini.

Perusahaan Besar di Jepara

Ada beberapa perusahaan atau PT besar yang beroperasi di wilayah Jepara. Seperti pabrik garmen maupun beberapa sektor lainnya. Beberapa perusahaan besar di wilayah Jepara diantaranya adalah sebagai berikut:

  • PT. HWI Jepara (Hwaseung Indonesia)
  • PT. KMJ Jepara (Kanindo Makmur Jaya)
  • Jiale Indonesia Textile Jepara

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai besaran gaji UMR Jepara yang berhasil admin Pilihprofesi.com rangkum. Dimana besaran UMR Jepara terbaru yaitu Rp 2.108.403. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk bekerja di wilayah Jepara Jawa Tengah ini?

Sekian artikel kali ini tentang gaji atau Upah Minimum Regional Jepara. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Pilihprofesi.com dan semoga artikel di atas mengenai UMR Jepara dapat menambah informasi buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Pilihprofesi.com