√ Gaji Barista Starbucks Sebulan 2021 : Syarat & Ketentuan

Gaji Barista Starbucks – Starbucks? Siapa yang tidak mengenal perusahaan ternama satu ini. Untuk yang belum tahu apa itu perusahaan Starbucks, berikut akan disampaikan sedikit tentang perusahaannya.

Di mana Starbucks Corporation sendiri adalah sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle, Washington. Starbucks menjadi perusahaan kedai kopi terbesar di dunia.

Bahkan sudah lebih dari 20.336 kedai yang tersebar di 61 negara, tidak terkecuali di negara kita yaitu di Indonesia. Pastinya sebagian dari Anda sudah pernah melihat atau memesan secangkir kopi di Starbucks.

Nah, kali ini sendiri pilihprofesi.com akan membahas mengenai gaji pekerja di Starbucks, di mana lebih tepatnya akan bahas gaji barista Starbucks. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya mengenai hal tersebut.

Gaji Barista Starbucks Sebulan Syarat Ketentuan

Untuk lebih jelas mengenai gaji didapatkan oleh seorang barista, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi, terus untuk simak pembahasan gaji barista ini sampai akhir.

Sekilas Tentang Starbucks

Sekilas Tentang Starbucks

Di atas sudah disampaikan sedikit sekilas tentang Starbucks, yang mana Starbucks menjadi salah satu perusahaan dan jaringan kedai kopi terbesar yang ada di dunia. Selain menjual kopi, Starbucks juga menjual beberapa makanan dan minuman lain.

Perusahaan yang didirikan pada 31 Maret 1971 ini menjual seperti minuman panas dan dingin, biji kopi, salad, sandwich panas dan dingin, kue kering manis, camilan serta barang-barang seperti gelas dan tumbler.

Bahkan melalui divisi Starbucks Entertainment dan merek Hear Music, perusahaan Starbucks ini juga memasarkan buku, musik, dan film. Hanya saja, di antara banyaknya produk perusahaan tersebut ada yang bersifat musiman.

Gaji Barista Starbucks

Gaji Barista Starbucks

Setelah tahu sedikit tentang perusahaan Starbucks, maka mari kembali ke pembahasan utama yaitu mengenai gaji seorang barista. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa itu barista, barista sendiri adalah sebutan seorang yang memiliki pekerjaan membuat dan menyajikan kopi pada pelanggan.

Starbucks yang mempunyai ketentuan untuk jam kerja pegawainya termasuk barista baik yang full time maupun part time. Ini sama seperti KARYAWAN KFC atau lainnya yang diberlakukan ketentuan sistem full time dan part time.

Dengan begitu, tentu besaran gaji atau uang diberikan juga akan berbeda, untuk barista part time punya ketentuan untuk bekerja minimal 4 hari kerja dalam satu minggu dengan aturan minimal 4 jam kerja per hari.

Sedangkan untuk barista fulltime yaitu seharinya bekerja selama 9 jam. Lalu mengenai gaji sendiri, memang belum ada informasi secara pasti mengenai besaran gaji didapat oleh barista tersebut. Namun, menurut para pelaku (barista) dan beberapa sumber menyebutkan gaji sudah UMR atau UMK di daerah tempat kerja.

Menurut informasi yang beredar, gaji part time jika bekerja jadi barista di Starbucks yaitu berkisar Rp 150 – Rp 200 ribu per sembilan jam. Dengan begitu, jumlahnya bisa dihitung sendiri jika Anda bekerja (part time) selama 4 jam setiap harinya.

Syarat & Ketentuan Menjadi Barista Starbucks

Syarat Ketentuan Menjadi Barista Starbucks

Jika sudah tahu mengenai besaran gaji atau penghasilan sebulan dari seorang barista di atas, pastinya banyak yang penasaran juga seputar syarat dan ketentuan apa saja yang diperlukan saat ingin daftar menjadi barista kopi tersebut. Untuk syarat dan ketentuannya seperti berikut:

Syarat Umum

  • Pria/Wanita.
  • Usia 18 – 24 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK Sederajat (Untuk D3/S1 Diutamakan Jurusan Perhotelan, Pariwisata serta Ilmu Sosial).
  • Lulusan baru dipersilakan melamar.
  • Pelamar memiliki gairah dengan energi dan antusiasme tingkat tinggi.
  • Keahlian interpersonal kuat dengan kepribadian ramah serta sikap layanan pelanggan.
  • Kemampuan bekerja dengan tim yang positif dan dinamis.
  • Siap bekerja di jam kerja dan fleksibel baik pagi, sore, akhir pekan serta hari libur.
  • Di utamakan memiliki pengalaman minimal 1 tahun dibidang industri F&B, Perhotelan dan Retail.

Syarat Barista Purna Waktu (Full Time)

  • Fresh graduate: Mahasiswa baru menyelesaikan pendidikan di Universitas jurusan Pariwisata dan Perhotelan atau jurusan lainnya.
  • Mempunyai pengalaman kerja di perhotelan maupun berhubungan di bidang kuliner.
  • Siap dan bersedia bekerja dalam sistem shift (akhir pekan dan hari libur).

Syarat Barista Paruh Waktu (Part Time)

  • Mahasiswa, setidaknya tahun kedua. Lebih diutamakan untuk jurusan perhotelan dan pariwisata.
  • Siap dan bersedia untuk bekerja di akhir pekan dan hari libur.

Keuntungan Menjadi Barista Starbucks

Keuntungan Menjadi Barista Starbucks

Selain mendapatkan gaji di atas, lalu apa saja keuntungan lain yang bisa didapat oleh seorang barista? Untuk hal itu ada beberapa keuntungan dapat diterima dan didapatkan oleh barista Starbucks. seperti misalnya:

  • Jam kerja mulai dari empat jam
  • Jadwal fleksibel agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah
  • Minum kopi gratis
  • Mendapatkan pengalaman dan ketrampilan skill
  • Bertemu dengan orang baru
  • Mendapat gelar coffee master
  • dan keuntungan lainnya

Kiranya seperti itulah informasi tentang gaji pelayanan kopi di Starbucks yang dapat pilihprofesi.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi gaji di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan. Bagi yang berminat, bisa daftarkan diri di Starbucks-Starbucks terdekat jika sedang membutuhkan barista tambahan.