√ Gaji Barista Janji Jiwa Full & Part Time 2022: Tunjangan & Fasilitas

Gaji Barista Janji Jiwa – Budaya ngopi, kini di Indonesia sudah menjadi hal umum yang dapat dengan mudah untuk dijumpai. Itu dibuktikan dengan sudah banyak hadir kedai, warung atau outlet kopi di setiap daerah.

Salah satu yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda yaitu Janji Jiwa. Di mana outlet ini menjadi satu dari sekian banyak brand kopi lokal yang memiliki banyak outlet kopi dengan sudah tersebar luas di daerah di Indonesia.

Selain penawaran menu kopi dan lainnya yang menarik, rupanya ada sisi menarik lain dari Janji Jiwa. Sisi menarik tersebut yaitu saat bisa bekerja di Janji Jiwa menjadi seorang karyawan atau pekerja di outlet kopi kenamaan ini.

Menawarkan pekerjaan yang cukup bersih dan gaji besar, menjadikan setiap Janji Jiwa membutuhkan tenaga kerja banyak sekali pendaftarnya. Terutama di bagian barista, lantas berapa untuk gaji barista di Janji Jiwa?.

Gaji Barista Janji Jiwa Full Part Time Tunjangan Fasilitas

Apa Itu Janji Jiwa ?

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai berapa gaji barista di Janji Jiwa di atas, maka Anda terlebih dahulu perlu mengetahui apa sebenarnya itu Janji Jiwa. Dengan begitu, kami akan bahas sedikit mengenai Janji Jiwa.

Janji Jiwa sendiri adalah salah satu brand kopi lokal dikenal dengan tagline “Kopi dari Hari” yang terhitung sudah mempunyai kurang lebih ribuan outlet Kopi Janji Jiwa yang tersebar di lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia.

Untuk outlet kopi Janji Jiwa yang disebut “Jilid”, pertama kali beroperasi pada 15 Mei 2018 dan berlokasi di ITC Kuningan. Seiring berkembangnya waktu, banyak dibukanya outlet / Jilid Janji Jiwa.

Apa Itu Barista?

Selain mengetahui apa itu Janji Jiwa, Anda juga perlu mengetahui apa sebenarnya barista. Mungkin bagi sebagian orang yang belum tahu bisa memahami tentang apa itu pekerjaan dengan sebutan barista.

Barista sendiri adalah orang yang bertanggung jawab dalam urusan meracik, membuat, menyiapkan serta menyajikan kopi. Kebanyakan barista bekerja di kedai kopi atau coffee shop yang menyediakan menu kekinian.

Misalnya menu utama espresso, latte, cappuccino, arabika dan banyak lainnya. Jadi bisa dikatakan barista juga yang memiliki tugas membuat dan meracik kopi yang nantinya siap disajikan pada pengunjung atau pembeli.

Gaji Barista Janji Jiwa

Gaji Barista Janji Jiwa

Nah kembali ke pertanyaan awal yaitu berapa gaji barista Janji Jiwa di atas. Kami akan berikan jawabannya secara lengkap, dengan begitu terus untuk simak pembahasan di bawah ini agar pertanyaan penghasilan atau gaji barista terjawabkan.

Membahas mengenai gaji barista atau peracik kopi Janji Jiwa sendiri ada beberapa hal yang akan mempengaruhi besaran gajinya. Di antara lain hal berpengaruh terhadap gaji barista seperti misalnya:

1. Tergantung UMK / UMR

Hal pertama yang pengaruh terhadap besaran gaji barista Janji Jiwa yaitu tergantung dengan UMK atau UMR outlet kopi Jani Jiwa berada di mana. Seperti misalnya gaji barista Janji Jiwa di Jakarta, Surabaya, Semarang, Bogor, Bekasi, Lampung, Madiun, Jogja dan lainnya jelas berbeda.

2. Status Pekerja (Barista)

Kedua dilihat dari status pekerja, jika barista merupakan pegawai tetap (full time) maka besaran gaji lebih besar dibanding yang hanya part time. Hal ini dikarenakan jam kerja antara barista full time dan part time jelas berbeda satu sama lain.

Namun secara umum dan rata-rata gaji barista Janji Jiwa yang bertugas untuk menyiapkan dan menyeduh kopi yaitu untuk pekerja tetap (full time) sebesar Rp 2.500.000 – Rp. 3.500.000 per bulan. Sedangkan untuk barista Janji Jiwa part time bisa terima gaji sekitar Rp 1.500.000 perbulannya.

Gaji Karyawan Janji Jiwa Lainnya

POSISIGAJI/BULAN
Akunting part timeRp 1.070.000
FinanceRp 2.200.000 – Rp3.200.000
Kasir Full TimeRp 2.300.000
Kasir Part TimeRp 1.300.000
Legal ManagerRp 10.000.000 – Rp 13.000.000
Manager OutletRp 4.000.000 – Rp 5.500.000
QC StaffRp 3.304.000
Staff MarketingRp 2.562.000 – Rp 6.149.000
Waiters Part TimeRp 1.400.000

Melihat gaji barista Janji Jiwa di atas, bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan gaji barista Starbuck dengan menawarkan gaji sebesar Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000 tergantung dengan status kerjanya apakah itu full time atau part time.

Tunjangan & Fasilitas Barista Janji Jiwa

Lantas apa ada tunjangan dan fasilitas sebagai pekerja berposisi menjadi barista di outlet kopi Janji Jiwa? Menjawab pertanyaan tersebut, pasti saja Janji Jiwa memberikan sebuah tunjangan dan fasilitas kepada baristanya.

Tunjangan

  • BPJS Kesehatan.
  • BPJS Ketenagakerjaan.
  • Tunjangan Hari Raya (THR).

Fasilitas

  • Makan pagi.
  • Makan siang.
  • dan ketentuan setiap outlet.

Namun dengan catatan tunjangan dan fasilitas yang diberikan outlet Janji Jiawa akan berbeda. Hal itu melihat dari masing-masing outlet Janji dari ukuran outletnya, jenis pekerjaan (full time atau part time), kota penempatan beserta dan tugasnya.

Bonus Barista Janji Jiwa

Mengenai bonus barista di Janji Jiwa sendiri tergantung dari kebijakan pihak outlet. Namun untuk tetap bisa mendapatkan bonus, maka barista bisa melakukan lembur jika tenaga dan waktu masih cukup.

Mungkin bagi para barista part time yang ingin banyak memiliki bonus, tentu saja bisa sering lembur. Namun dengan catatan tidak mengganggu atau merubah jadwal dengan barista lainnya agar tidak berbenturan.

Akhir Kata

Mungkin seperti itulah pembahasan terkait gaji barista atau peracik kopi Janji Jiwa baik itu full time dan part time yang dapat pilihprofesi.com sajikan. Bagi Anda yang berminat menjadi barista dan ingin mengetahui informasi gaji didapatkan, adanya informasi gaji barista di atas semoga bisa bermanfaat.

Sumber Gambar : OLX.co.id & kabartangsel.com