100 Contoh Soal Psikotes BUMN PLN dan Jawabannya PDF 2022

Contoh Soal Psikotes BUMN PLN – Melamar kerja di perusahaan BUMN seperti PLN, tidak hanya sekedar mengirim surat lamaran dan memenuhi persyaratan administrasi, namun masih ada tahapan seleksi yang harus dilewati. Salah satunya adalah seleksi tes psikotes akademik BUMN.

PLN merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kerap kali membuka lowongan kerja untuk anak bangsa yang berprestasi. Banyak yang tertarik bekerja di PLN, mengingat gaji pegawai PLN terbilang cukup tinggi apalagi ini adalah perusahaan milik negara dan punya nama yang besar.

Namun, untuk menjadi pegawai PLN, kalian harus melewati berbagai seleksi, dimana seleksi terpenting yang harus kalian lalu adalah psikotes. Dalam psikotes nantinya kalian akan diminta untuk menjawab semua soal yang disajikan, terkait tes akademik, GAT PLN dan Tes Kemampuan Dasar (TKD).

Agar mendapatkan hasil yang maksimal sehingga bisa diterima kerja di PLN, maka kalian harus bisa menyelesaikan psikotes BUMN dengan nilai yang tinggi. Itulah sebabnya kami akan membagikan pada kalian bocoran contoh soal psikotes BUMN PLN, yang dapat kalian simak pada ulasan di bawah ini.

Contoh Soal Psikotes BUMN PLN

Contoh Soal Psikotes BUMN PLN

Contoh soal psikotes BUMN PLN sebenarnya tidak jauh berbeda dengan contoh soal psikotes PT KAI, dimana tes ini lebih dikenal dengan GAT (General Aptitude Test). Berikut ini beberapa contoh soal psikotes / GAT BUMN PLN.

1. Tes Pengetahuan Umum

Pada test ini kalian akan disajikan 20 soal untuk menguji pengetahuan umum / general. Bagian ini terasa lebih mudah, jika kalian memiliki pengalaman yang banyak tentang sesuatu. Berikut beberapa contoh soal tes satu ini.

  • Berapa garis tengah uang Rp. 50,- ?
  • Berapa jarak Jakarta – Surabaya ?

2. Tes Kesamaan Kata

Tes ini menuntut kalian untuk mengenal 5 kata, kemudian tentukan 1 kata yang berlainan atau tidak sama dengan ke-4 kata lainnya. Tes kesamaan kata biasanya terdiri dari 20 butir soal dan berikut contoh soal psikotes ini.

Contoh Soal !

a. biola b. seruling c. clarinet d. terompet e. saxophone

Jawaban :

a. biola = karena biola alat musik yang digesek, sedangkan yang lain ditiup.

3. Tes Hubungan Kata

Pada tes ini ditentukan tiga kata. Antara kata pertama dan kata kedua terdapat suatu hubungan tertentu. Antara kata ketiga dan salah satu kata di antara kelima kata pilihan, harus pula terdapat hubungan yang sama.

Contoh soal !

HUTAN : POHON = TEMBOK :

a. batu bata b. rumah c. semen d. putih e. dinding

Jawabannya :

Hubungan antara hutan dan pohon adalah bahwa hutan terdiri atas pohon-pohon, maka hubungan antara tembok dan salah satu kata pilihan adalah bahwa tembok terdiri atas batu bata. Jawaban yang benar adalah : batu bata . Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban. batu bata.

4. Tes Pengertian Kata

Ditentukan dua kata. Carilah satu perkataan yang meliputi pengertian kedua kata tadi. Tulislah perkataan itu pada kotak yang telah disediakan.

Contoh Soal !

Ayam itik =

Jawab:

Kata unggas dapat meliputi pengertian kedua kata tersebut. Oleh karena itu pada isian yang telah disediakan tulis kata unggas.

5. Tes Aritmatika

Pada tes ini anda diminta untuk mengerjakan soal hitungan dan bentuk cerita. Baca dengan seksama dan pahami maksud dari soal yang ada.

Contoh Soal !

Dengan naik sepeda, Raul dapat menempuh 20 km dalam waktu 1 jam. Berapa km jarak yang dapat ia tempuh dalam waktu 4 jam ?

Jawabannya

Jawabannya adalah : 80

6. Tes Deret Angka

Pada test berikut akan diberikan deret angka. Setiap deret tersusun menurut suatu pola tertentu dan dapat dilanjutkan menurut pola tersebut. Carilah angka berikutnya untuk setiap deret, dan tulis jawaban saudara pada kotak yang telah disediakan.

Contoh soal !

2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, … ?

Pembahasan

Pada deret ini angka berikutnya selalu didapat jika angka di depannya ditambah dengan 2. Jawabannya adalah : 16.

7. Tes Potongan Gambar

Pada bagian ini, setiap soal memperlihatkan sesuatu bentuk tertentu yang terpotong menjadi beberapa bagian. Carilah diantara bentuk-bentuk yang terdapat dalam pilihan (a, b, c, d, e), suatu bentuk yang dapat dibangun dengan cara menyusun potongan-potongan yang terdapat dalam soal.

Contoh soal !

Contoh Soal Tes Potongan Gambar

8. Tes Kemampuan Ruang

Terdapat sebuah kubus dengan tanda yang terlihat pada ketiga sisi nya. Kubus tersebut dapat diputar, dapat digulingkan atau dapat diputar dan digulingkan dalam pikiran saudara. Carilah 1 (satu) dari 5 (lima) pilihan kubus yang memiliki tanda yang sama dengan kubus yang terdapat pada soal.

Contoh Soal !

Contoh Soal Tes Kemampuan Ruang

Jawaban

Contoh 1 memperlihatkan kubus A dengan kedudukan yang berbeda. Mendapatkannya adalah dengan cara menggulingkan lebih dahulu kubus itu ke kiri satu kali kemudian diputar ke kiri satu kali, sehingga sisi kubus yang bertanda dua segi empat hitam terletak di depan seperti kubus A.

Contoh 2 adalah kubus E. Cara mendapatkannya dengan digulingkan ke kiri satu kali dan diputar ke kiri satu kali, sehingga sisi kubus yang bertanda garis silang terletak di depan seperti kubus E
Contoh 3 adalah kubus B.
Contoh 4 adalah kubus C
Contoh 5 adalah kubus D

9. Tes Menghafal Cepat

Pada bagian ini Anda akan diberikan secarik kertas mengenai kata-kata yang perlu saudara hafalkan dalam waktu 3 menit. Setelah 3 menit, kertas tersebut akan diambil kembali oleh pengawas.

Contoh Soal !

BANGUNAN: Hotel, Mall, Cafe, Kost

BAGIAN TUBUH: Wajah, Jari, Pantat, Telinga

UNIVERSITAS: Unhas, ITS, Oxford, Stimik

ALAT MUSIK: Guitar, Angklung, Drum

BINATANG: Rangkong, Badak, Babi, Laba-laba

Download Soal Psikotes BUMN PLN PDF

Download Soal Psikotes BUMN PLN PDF

Selain contoh soal di atas, kalian juga masih bisa mempelajari contoh soal psikotes BUMN PLN lainnya yang lebih lengkap lagi dengan mendownload file pdf. Dimana contoh soal psikotes BUMN PLN yang akan kami sajikan berbentuk PDF yang bisa kalian download secara gratis melalui tautan berikut.

Nah, itulah informasi lengkap yang dapat pilihprofesi.com sajikan buat kalian semua mengenai contoh soal psikotes BUMN PLN dan jawabannya PDF. Sekiranya hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikel di atas bermanfaat.