Daftar Gaji UMR Jember Semua Wilayah Terbaru 2020

Gaji UMR Jember – Kabupaten Jember merupakan wilayah kabupaten yang berada di wilayah jawa lebih tepatnya berada di Provinsi Jawa Timur, yang beribu kota dan kantor pusat pemerintahannya terletak di kota Jember. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso yaitu pada bagian utara, untuk di sebelah timur sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangi , Samudera Hindia menjadi batas di sebelah selatan, dan pada bagian barat sendiri berbatasan langsung dengan Kabupaten Lumajang. Ada 31 kecamatan yang ada di dalamnya menjadi bagian penting dalam kabupaten yang satu ini dan Kabupaten Jember terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Dahulunya Jember sempat memiliki kota administratif, tetapi sejak tahun duaribuan yaitu tepatnya tahun 2001 istilah kota administratif tersebut telah dihapus dan di tinggalkan, sehingga kota administratif Jember kembali menjadi satu bagian yaitu Kabupaten Jember. Hari jadi Kabupaten Jember ini juga mudah diperingati. Karena hari jadi kabupaten yang satu ini tepat pada setiap tanggal 1 Januari atau bertepatan dengan tahun baru, jika anda sedang merayakan pergantian tahun atau tahun baru maka ingatlah juga kabupaten Jember ini. Kabupaten yang selalu dirayakan dengan megah dengan pesta luar biasa di wilayah manapun hehe. Kabupaten yang memiliki luas 3.293,34 Km2 dengan ketinggian antara 0 – 3.330 mdpl dan Iklim di daerah Kabupaten Jember ini adalah tropis dengan kisaran suhu antara 23 – 32 derajat celcius.

Pada bagian selatan wilayah Kabupaten Jember adalah dataran rendah dengan titik terluarnya adalah Pulau Nusa Baron, pada kawasan ini terdapat Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan langsung dengan wilayah administratif Kabupaten Banyuwangi. Pada bagian barat laut berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo yaitu berupa pegunungan, lebih tepatnya bagian dari Pegunungan Iyang. Pada bagian timur sendiri merupakan bagian dari rangkaian Dataran Tinggi Ijen.

Nah itu lah sedikit informasi tentang kabupaten Jember, namun yang akan kami bahas di artikel ini bukan tentang apa yang ada di Kabupaten yang satu ini, tetapi gaji UMR. Apa si itu UMR dan UMK??? UMR sendiri adalah singkatan dari Upah Minimum Regional, Upah Minimum Regional yang ditetapkan oleh gubernur provinsi setempat sebagai jaring pengaman dengan cakupan satu wilayah yaitu provinsi. Dahulu, UMR banyak menjadi acuan dalam penetapan nominal gaji kepada pegawai, karyawan, buruh atau pekerja sehingga istilah ini banyak dikenal di kalangan masyarakat kita ini. Namun dengan peraturan kementrian ketenagakerjaan yang baru dibuat ini, istilah yang satu ini sudah tidak digunakan lagi dan digantikan oleh istilah UMP dan UMK.

Daftar Gaji UMR Jember Semua Wilayah Terbaru

Daftar-Gaji-UMR-Jember-Semua-Wilayah-Terbaru

Pasti ada banyak dari anda bertanya-tanya tentunya tadi sudah ada istilah UMR sekarang ada lagi UMP dan UMK, Apakah anda sudah mengetahuinya tentang UMP dan UMK??? UMP sendiri merupakan singkatan dari Upah Minimum Provinsi, Upah Minimum Provinsi adalah yang menggantikan UMR itu tadi. Cakupan wilayahnya adalah seluruh wilayah dalam satu provinsi baik kabupaten dan kota yang masih masuk dalam wilayah provinsi tersebut. Sedangkan untuk UMK adalah Upah Minimum Kota atau Kabupaten yang mencakup satu wilayah kota atau kabupaten itu sendiri dan penetapannya sendiri dipengaruhi oleh otonomi daerah dan UMP dimana kota / kabupaten tersebut berada.

Gaji UMR Jember

Gaji-UMR-Jember

Nah pastinya anda bertanya tanya juga tentang berapa si gaji UMR Kabupaten Jember ini. Tentunya gaji UMR di wilayah yang satu ini berbeda dengan wilayah di Jawa Timur lainnya, seperti gaji UMR Pasuruan beda dengan gaji Tuban jelas berbeda. Karena gaji UMR itu setiap daerahnya berbeda beda di seluruh Republik Indonesia ini. Mari simak terus daftar gaji UMR wilayah ini agar anda dapat mengetahuinya.

No.TahunUMK (Upah Minimum Kabupaten/ Kota)
1.2019Rp 2.170.917,80
2.2018Rp 1.916.983.99
3.2017Rp 1.763.392,50
4.2016Rp 1.629.000
5.2015Rp 1.460.500
6.2014Rp 1.270.000
7.2013Rp 1.091.950
8.2012Rp 920.000
9.2011Rp 875.000
10.2010Rp 830.000

Itulah daftar gaji UMR atau UMK di kabupaten Jember dari tahun ke tahun. Semoga informasi satu ini dapat bermanfaat bagi anda yang memerlukannya. Biasanya bagi anda yang ingin merantau atau bekerja di luar daerah asal anda ketahui terlebih dahulu gaji UMR nya kepada yang sudah berpengalaman atau yang sudah pernah bekerja di wilayah tersebut. Jika gaji UMR di daerah tersebut lebih kecil dari gaji UMR di daerah sendiri lebih baik pikirkan kembali apakah harus berangkat atau tidak, dan selalu bicarakan atau meminta saran dari keluarga apakah diberi izin berangkat atau tidak oleh pihak keluarga.